Puasa

Menu Diet Keto saat Puasa yang Perlu Kamu Tahu

May 9, 2020 | Muhammad Hanif S.
no-image

Puasa dan diet keto memiliki satu persamaan, yaitu mampu membantu menurunkan berat badan. Tapi, amankah menerapkan diet keto saat sedang berpuasa? Serta, apa saja menu diet keto saat puasa?

Baca Juga: Tidak Boleh Puasa Demi Kesehatan, Siapa yang Termasuk Kategori Ini?

Tips memulai diet keto terbaik saat puasa

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengawali diet keto saat. Salah satu yang terpenting adalah membulatkan tekad. Pilihlah tanggal dan waktu yang tepat untuk memulainya. Misalnya, pada hari ketiga puasa.

Kemudian, pilih makanan rendah karbohidrat. Bila perlu, buat rencana jangka panjang tentang apa saja yang akan dikonsumsi. Kamu bisa membuat piramida katogenik. Tujuannya, memudahkan untuk menentukan makanan yang tepat untuk meal dan camilan.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan minuman elektrolit. Sebab, tubuh lebih rentan terserang flu saat pertama kali menjalani diet yang satu ini. Imbangi dengan olahraga ringan rutin, misalnya 15 menit sebelum berbuka.

Tapi sebelum menjalaninya, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan. Sediakan pula indikator untuk diet, seperti pengukur berat badan dan tekanan gula darah saat puasa.

Baca juga: Buka Puasa dengan Makanan Pedas, Apa Efeknya?

Menu diet keto saat puasa  yang direkomendasikan

Memilih menu diet keto saat puasa yang tepat menjadi sebuah keharusan. Tetapi, tidak sedikit yang belum mengetahui menu terbaik itu. Berikut beberapa menu diet keto yang bisa kamu jajal:

  • Menu daging terbaik, di antaranya daging merah, sosis, daging ayam, dan steak. Alternatif lainnya, bisa dengan daging kalkun jika tersedia. Imbangi dengan konsumsi telur.
  • Beberapa jenis ikan yang memiliki nutrisi baik, seperti tuna, salmon, sarden, dan mackarel.
  • Sayuran hijau. Tapi, jangan terlalu banyak mengonsumsi menu yang satu ini, ya. Padukan dengan yang lain agar asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh lebih optimal.
  • Keju pun sebenarnya baik untuk menu diet keto saat puasa. Meski, ada baiknya kamu memilih yang bukan olahan alias keju asli.
  • Sedangkan untuk cokelat, pilih dark chocolate. Kemudian, padukan dengan yoghurt dan susu jenis full fat.
  • Buah terbaik untuk menu diet keto adalah stroberi dan alpukat.

Kombinasikan menu diet keto

Kombinasikan menu diet keto.
Kombinasikan menu diet keto. Sumber gambar: shutterstock.

Untuk menu diet keto saat puasa, kamu bisa mengombinasikan beberapa makanan. Pastikan asupan nutrisi seperti protein, karbohidrat, dan zat lainnya terpenuhi.

Sebisa mungkin, perbanyak menu yang memiliki kandungan lemak baik. Yang pasti, jangan terlalu banyak menggunakan makanan dengan karbohidrat tinggi.

  • Menu berbuka puasa : Sup buntut atau sup daging sapi, ayam satu potong yang digoreng dengan minyak rendah lemak. Imbangi dengan wortel yang telah dipanggang sebelumnya.
  • Menu takjil untuk berbuka terbaik adalah air putih atau air mineral. Kamu juga bisa menambahkan segelas teh tawar hangat. Alternatif lainnya, bisa dengan semangkuk cincau dan santan.
  • Menu untuk sahur sebaiknya makanan kaya protein. Beberapa di antaranya adalah telur ceplok atau telur mata sapi. Jika memungkinkan, tambahkan ikan panggang. Keju krim maupun shirataki noodles juga cukup baik untuk menu sahur.
Apa saja menu yang harus dihindari?

Agar diet keto dapat berjalan dengan baik, penting untuk menghindari makanan tertentu, seperti makanan yang terlalu banyak mengandung gula. Misalnya, es krim, minuman bersoda, permen, dan jus buah. Semua buah kecuali stroberi dan alpukat memiliki kandungan gula yang tinggi.

Tidak hanya itu, kamu sebaiknya tidak menggunakan biji-bijian dalam menu diet keto-mu, seperti bahan dari gandum, sereal, nasi, dan pasta.

Untuk kacang-kacangan, diet keto-mu akan lebih sempurna tanpa kacang polong, buncis, kacang merah, dan jenis kacang-kacangan lainnya. Ini juga berlaku untuk umbi-umbian seperti kentang, wortel, dan ubi jalar.

Penyedap rasa pada menu diet keto sebaiknya tidak digunakan. Katakan selamat tinggal pada saus barbeku, kecap, salad dengan gula tambahan, margarin, minyak sayur, minyak jagung, serta mayones.

Baca Juga: Waspadai, 4 Penyakit Ini Incar Pekerja Kantoran

Perhatikan fisikmu
Persiapkan diri sebelum diet keto.
Persiapkan diri sebelum diet keto. Sumber gambar: shutterstock.

Meski terlihat sederhana, nyatanya diet keto tak semudah yang dibayangkan, terutama jika dijalankan di bulan Ramadan. Kamu harus memperhatikan kondisi fisikmu terlebih dulu. Jangan sampai, diet yang dilakukan justru membuat kesehatanmu menurun.

Walaupun bisa membantumu dalam menurunkan berat badan, diet keto bisa membawa dampak buruk jika dilakukan secara tidak tepat. Kamu akan merasakan lelah yang berlebih, lemas karena kurang cairan, sampai kram pada otot. Jadi, kapan kamu akan memulai diet keto?

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline (2018), diakses 22 April 2020 Intermittent Fasting and Keto: Should You Combine the Two?
  2. Medical News Today (2019), diakses 22 April 2020 Keto diet: 1-week meal plan and tips
  3. Perfect Keto (2019), diakses 22 April 2020, Keto Diet Tips: 18 Essential Tips for Success on the Ketogenic Diet.
    Berita Terkait
    register-docotr