Skip to content Skip to footer

Mengapa Telehealth?

Telehealth merevolusi layanan kesehatan dengan memanfaatkan teknologi telekomunikasi, menawarkan aksesibilitas yang lebih besar terutama di daerah terpencil, dan kenyamanan perawatan berbasis rumah. Hal ini memangkas biaya dengan mengurangi kebutuhan infrastruktur fisik dan perjalanan, serta menurunkan risiko infeksi dalam epidemi. Telehealth juga memberikan fleksibilitas bagi penyedia layanan kesehatan, meningkatkan manajemen penyakit kronis dan perawatan pencegahan, serta meningkatkan aksesibilitas layanan kesehatan mental. Terintegrasi dengan teknologi kesehatan canggih, hal ini memungkinkan pendekatan yang lebih personal, komprehensif, dan efisien, sehingga menjadikan dirinya sebagai komponen penting dalam layanan kesehatan modern.

Manfaat Telehealth

Cerita Kami

Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) merupakan penyedia layanan kesehatan terpadu berbasis teknologi dengan visi ‘Satu Dokter untuk Setiap Keluarga di Indonesia’. Bekerja sama dengan Grab, Good Doctor menawarkan layanan telemedis terintegrasi melalui GrabHealth yang didukung oleh Good Doctor, yang bertujuan untuk memberikan akses layanan kesehatan berkualitas kepada pengguna di Indonesia.

Didukung lebih dari 6.000 dokter terdaftar dan 4.000 apotek, rumah sakit, serta laboratorium kesehatan resmi terpercaya di lebih dari 100 kota di Indonesia, Good Doctor siap memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat. Good Doctor telah menjadi mitra resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam percepatan penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia sejak Maret 2020.

Setelah sukses bermitra dengan Grab Indonesia dalam menghadirkan solusi layanan kesehatan, Good Doctor meluncurkan aplikasinya pada Maret 2021, yang menunjukkan komitmen berkelanjutannya dalam memajukan layanan kesehatan berbasis aplikasi dan membangun ekosistem digital di sektor kesehatan. Layanan Good Doctor menawarkan solusi kesehatan 24/7 yang komprehensif melalui fitur seperti Konsultasi Medis, layanan e-commerce untuk Obat dan Produk Kesehatan yang memungkinkan pembelian dan pengiriman melalui kemitraan dengan lebih dari 4.000 apotek, rumah sakit, dan laboratorium kesehatan resmi, serta Artikel Kesehatan, yang mencakup konten yang dikurasi tentang kesehatan, tips, dan gaya hidup oleh tim dokter. Sebagai platform layanan kesehatan online terkemuka, Good Doctor menampung ribuan spesialis medis di lebih dari 26 spesialisasi klinis yang berbeda, serta ribuan dokter umum.

0 +
Dokter
0 +
Farmasi
0 +
Kota

Tentang Kami

Good Doctor Technology (GDT) adalah sebuah perusahaan health-tech kolaboratif yang dibentuk oleh Ping An Healthcare and Technology (sebelumnya dikenal sebagai Ping An Good Doctor), Grab, dan Softbank; yang didirikan pada tahun 2018. Berkantor pusat di Singapura, GDT berdedikasi untuk memenuhi misi untuk memastikan ‘Satu Dokter untuk Setiap Keluarga di Asia Tenggara’. Memanfaatkan perkembangan teknologi digital, GDT berfokus untuk menjembatani jarak antara tenaga kesehatan profesional dan pasien melalui layanan telehealth, menyediakan perawatan medis virtual yang cepat dan berkualitas tinggi. Tujuan kami adalah meningkatkan aksesibilitas dokter bagi pasien dengan memanfaatkan potensi penuh teknologi kesehatan, sehingga semakin memudahkan akses layanan kesehatan bagi semua orang. Pendekatan GDT yang berbasis digital bertujuan untuk mengatasi hambatan layanan kesehatan tradisional, seperti keterbatasan waktu dan keterbatasan geografis, serta merevolusi cara layanan kesehatan diakses dan diberikan di wilayah tersebut.

Tim Kami

Investor

Investasi Grab di Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) mencerminkan ekspansi strategis perusahaan di bidang layanan kesehatan dan telemedis. Investasi tersebut meliputi:

Melalui investasi ini, Grab mendiversifikasi layanannya dan memasuki sektor telehealth yang berkembang pesat, sementara Good Doctor mendapatkan manfaat dari kecanggihan teknologi dan jangkauan pasar Grab. Kolaborasi ini mewakili langkah signifikan dalam transformasi digital layanan kesehatan di Asia Tenggara.

Tentang Grab

Grab adalah perusahaan teknologi besar di Asia Tenggara yang memberikan dampak terhadap perekonomian dan pasar saham di kawasan ini. Terdaftar di NASDAQ, perusahaan ini merupakan pemain kunci di sektor teknologi bagi investor. Sumber pendapatan Grab beragam, meliputi layanan ride-hailing, pesan-antar makanan, dan layanan keuangan digital, yang berkontribusi signifikan terhadap gig economy dan transformasi pasar digital di wilayah ini.

Investasi SoftBank di Good Doctor adalah bagian dari strategi yang lebih luas untuk mendukung perusahaan-perusahaan yang inovatif dan disruptif, terutama di sektor teknologi. Berikut cara SoftBank biasanya berinvestasi di perusahaan seperti Good Doctor:

Rekam jejak SoftBank menunjukkan fokusnya pada mendorong pertumbuhan dan inovasi di sektor teknologi perawatan kesehatan. Investasi ini sejalan dengan strategi SoftBank dalam mendukung perusahaan-perusahaan yang berpotensi mendisrupsi industri tradisional melalui teknologi.

Tentang Softbank

SoftBank Group Corp., konglomerat multinasional yang berbasis di Jepang, memainkan peran penting dalam perekonomian global dan pasar saham. Perusahaan ini terdaftar di Bursa Efek Tokyo dan terkenal dengan portofolio investasinya yang beragam, mencakup telekomunikasi, e-commerce, teknologi digital, dan beragam startup melalui SoftBank Vision Fund. Vision Fund adalah salah satu perusahaan modal ventura terbesar di dunia yang berfokus pada teknologi, menjadikan SoftBank sebagai pemberi pengaruh utama di sektor teknologi.

Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) telah menerima pendanaan Seri A terbarunya sebesar 10 juta dolar AS. MDI Ventures bergabung sebagai investor baru dan terkemuka dalam putaran ini, sementara Grab juga berpartisipasi sebagai investor kembali.

Kini menjadi startup independen, Good Doctor dipimpin oleh Danu Wicaksana dan pendiri lainnya, dengan MDI, Grab, dan SVF (Softbank Vision Fund) sebagai investor minoritas. Good Doctor siap untuk lebih meningkatkan akses layanan kesehatan di Indonesia dengan memperluas kemitraan yang sudah ada, yang telah mencakup lebih dari 55 mitra asuransi dan lebih dari 2.500 klien korporat.

Good Doctor yakin pendanaan baru ini akan mendorong pertumbuhan perusahaan dalam mewujudkan visinya untuk menyediakan satu dokter untuk setiap keluarga di Indonesia.

Tentang Telkom MDI Ventures

MDI Ventures adalah perusahaan modal ventura, anak dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, yang didirikan pada tahun 2015. Awalnya, MDI Ventures berinvestasi di startup dengan menggunakan dana tetap Telkom Indonesia. Kini, perusahaan modal ventura milik negara ini mengelola dana dari berbagai investor.

MDI Ventures menawarkan beberapa jenis pendanaan, seperti pendanaan tahap awal melalui Arise, Emerge, dan Indigo. Pendanaan tahap pertumbuhan seperti Seri A dan B dilakukan melalui MDI100, Centauri, dan TMI, sedangkan pendanaan Seri C disalurkan melalui MDI500 untuk tahap selanjutnya.

Selain itu, tiga startup portofolio MDI Ventures telah tercatat di bursa beberapa negara, yakni PT Global Sukses Solusi Tbk. (RUNS) dan Geniee di Bursa Efek Tokyo, dan Whispir di Bursa Efek Australia. Telkom Indonesia tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX: TLKM) dan memiliki pencatatan sekunder di Bursa Efek New York (NYSE: TLK).

Sign Up to Our Newsletter

Be the first to know the latest updates

[yikes-mailchimp form="1"]