Kamus Penyakit

Waspadai, 4 Penyakit Ini Incar Pekerja Kantoran

April 27, 2020 | Santi Andriani | dr. Iqbal Adi Anugra
no-image

Setiap pekerja kantoran merasa bahwa mereka dalam keadaan yang prima dan tidak khawatir tentang masalah kesehatan. Namun, pada kenyataannya banyak pekerja kantoran yang bisa terkena 4 penyakit ini.

Terbiasa duduk lebih dari 8 jam atau lebih, menatap layar komputer yang terlalu lama, ataupun terlalu sibuk dengan pekerjaan hingga lupa mengonsumsi banyak air putih. Hal-hal inilah yang membuat pekerja kantoran dekat dengan 4 jenis penyakit ini.

Baca Juga: Tips Mengatur Menu Buka Puasa untuk Diet

Kenali 4 penyakit pekerja kantoran

Nah, untuk lebih jelasnya yuk simak penjelasan penyakit yang dapat menyerang pekerja kantoran berikut ini.

1. Nyeri punggung atau low back pain

penyakit pekerja kantoran
Ubah posisi duduk untuk mencegah low back pain. Foto: https://www.womenshealth

Nyeri punggung atau Low Back Pain atau biasa juga disingkat LBO ini mungkin pernah kamu alami. Seseorang biasanya akan mengalami gejala nyeri pada punggung bawah di antara sudut iga yang paling bawah hingga tulang ekor.

Gejala lain yang mungkin juga dirasakan adalah rasa tersetrum di daerah punggung, nyeri punggung yang menjalar hingga kaki, dan rasa sakit yang meningkatkan saat kamu membungkuk ke depan.

Jika kamu mengalami hal ini cobalah untuk mengubah posisi duduk, minum air putih yang cukup selama bekerja, dan biasakan untuk mengambil jeda istirahat dari duduk sesering mungkin.

2. Obesitas, penyakit pekerja kantoran

penyakit pekerja kantoran
Obesitas kerena terbiasa memilih makanan cepat saji. Foto:https://www.shutterstock.com

Pernah merasa berat badan bertambah selama bekerja? Obesitas memang mengincar kamu para pekerja. Kelebihan berat badan ini timbul karena terbiasa memilih makanan cepat saji guna mempersingkat waktu dalam bekerja.

3. Mata tegang atau eye strain

Penyakit yang satu ini mungkin sangat jarang disadari, apalagi saat kamu sedang sibuk bekerja. Eye strain atau mata tegang merupakan salah satu penyakit yang paling sering muncul.

Jika kamu mengalami seperti pandangan kabur, sakit kepala, iritasi mata hingga mata memerah, mata terasa kering, hingga nyeri atau kaku di leher, bahu ataupun di bagian belakang tubuh berarti kamu terkena eye strain.

Baca Juga: Mengecilkan Perut Buncit dalam 7 Hari? Bisa, Ini 7 Triknya

4. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

penyakit pekerja kantoran
CTS penyakit yang biasanya menyerang tangan. Foto: https://handsforliving.com

Carpal Tunnel Syndrome atau CTS adalah penyakit yang biasanya menyerang tangan. CTS menyebabkan terjepitnya saraf median yang berfungsi mengendalikan otot hari tangan dan sebagai saraf sensoris.

Gejala yang mungkin timbul di antaranya adalah rasa terbakar, rasa kesemutan atau baal, rasa nyeri terutama di ibu jari, telunjuk, jari tengah dan setengah jari manis. Penyebab timbulnya CTS adalah akibat pekerjaan tertentu yang melibatkan pengulangan gerakan yang sama pada lengan dalam waktu yang lama.

Jika kamu mulai merasakan gejala dari keempat jenis penyakit ini ada baiknya untuk segera berkonsultasi ya. Jangan tunggu keadaan semakin buruk.

Tanyakan masalah seputar kesehatan kepada dokter profesional di Good Doctor, yuk langsung tanya sekarang!

Reference

Acton, Brian. https://www.coreproducts.com/blogs/news/how-your-job-can-cause-carpal-tunnel-syndrome. 13 12 2018.

https://goodyfeed.com/9-health-problems-associated-office-workers-can/. n.d. 10 11 2019.

https://www.nhs.uk/live-well/healthy-body/back-pain-at-work/. 19 07 2019.

    Berita Terkait
    register-docotr