Info Sehat

Bukan Cepat Kaya, Keseringan Lembur Cuma Bikin Berat Badan Meningkat

April 25, 2020 | Santi Andriani | dr.Iqbal Adi Anugra
feature image

Apakah kamu sering menghabiskan ekstra waktu untuk bekerja? Sering lembur atau pekerjaan memiliki shift malam? Jika ya, mungkin ini jadi salah satu alasan kenapa berat badanmu meningkat pesat, awas bahaya sering lembur tengah mengintai.

Lembur seringkali dipilih selain untuk menyelesaikan tugas, juga untuk mendapatkan tambahan pendapatan. Sejumlah perusahaan ada yang menerapkan uang lembur bagi karyawannya yang bersedia menambah jam kerjanya di luar jam kerja normal.

Sementara rasa lapar dan mengantuk saat harus bekerja lembur memang tak bisa dielakkan. Tentu saja kebiasaan ngemil dan makan tak teratur menjadi hal yang biasa untuk kamu.

Baca Juga: Tips Membuat MPASI dengan Bubur Susu untuk Anak 6 Bulan

Lembur punya resiko lebih besar akan kelebihan berat bedan

bahaya sering lembur
Lembur punya resiko lebih besar kenaikanberat badan. Foto: https://www.shutterstock.com/

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Univesity of Adelainde, 20% pekerja yang terbiasa lembur atau memiliki shift malam memiliki risiko kelebihan berat badan lebih banyak. Jam kerja lembur menyebabkan ketidakselarasan antara jam internal dalam bekerja dengan dunia di luar pekerjaan.

Hal inilah yang menyebabkan malapetaka untuk tubuh. Mulai dari perubahan nafsu makan, berat badan, pencernaan yang tidak baik, dan kualitas maupun kuantitas tidur yang berkurang.

Khusus untuk kamu pekerja yang memiliki waktu kerja terbagi atau shift kondisi ini bisa semakin memperburuk kondisi kesehatan hingga berat badan yang meningkat. Siklus tidur yang berubah juga berefek pada gangguan metabolisme pada tubuh.

Saat kita lembur atau shift malam, otak kita senantiasa bekerja lebih dari normal, sehingga tubuh memerlukan asupan nutrisi dan energi lebih. Hal ini membuat kita ingin memakan sesuatu seperti makanan berat ataupun camilan atau minuman manis.

Kebiasaan inilah yang juga membuat berat badan meningkat dan bisa jadi nantinya kamu akan obesitas dan terkena penyakit kronis lainnya. 

Mencegah bahaya lembur sering lembur yaitu kenaikan berat badan

Untuk mencegah hal ini terjadi selama kamu lembur atau shift malam coba 3 tips berikut ini:

1. Tubuh harus terhidrasi dengan baik

bahaya sering lembur
Saat lembur pastikan cairan tubuh terpenuhi. Foto: https://www.independent.co.uk/

Saat lembur, tubuh dan otak akan bekerja maksimal atau bahkan melebihi kapasitasnya misalnya membuat tubuh tetap terjaga. Banyak sekali yang memilih kafein untuk mencegah kantuk.

Tapi berdasarkan penelitian, terlalu banyak kafein malah akan membuat tubuh dehidrasi. Selain itu, kafein juga dapat meningkatkan level adrenalin sehingga kadar hormone kortisol dan insulin meningkat. Akibatnya rasa lapar juga akan meningkat yang artinya kamu akan mengalami kenaikan berat badan.

Daripada kafein coba ganti dengan air mineral atau jus buah segar untuk membuat tubuh tetap terjaga.

2. Makan 2-3 jam sebelum lembur

Waktu makan juga akan terganggu ketika kamu lembur dan shift malam. Jam makan yang tidak teratur akan mengganggu dan memengaruhi jam kerja tubuh. Kamu akan lebih mudah lapar, usahakan untuk makan seimbang dalam 2-3 jam sebelum lembur.

Pilih makanan yang kaya protein dan serat untuk membantu tubuh mengatasi level lapar. Konsumsi sayuran, buah, kacang-kacangan, sereal, daging ayam tanpa kulit, dan produk rendah lemak serta tinggi serat lainnya.

Selama lembur atau shift malam hindari makanan yang sulit dicerna oleh tubuh. Salah satunya makanan cepat saji seperti pizza, kentang goreng, ayam goreng, camilan asin atau gurih, dan minuman manis.

Baca Juga: Tetap Fokus saat Puasa, Coba Konsumsi 8 Makanan untuk Otak Ini

3. Jangan biasakan mengemil , awas bahaya sering lembur mengintai

bahaya sering lembur
Saat lembur stop kebiasaan mengemil. Sumber foto : Freepik

Sering ngemil saat lembur? Mindset ini harus segera diubah ya, kamu harus membiasakan diri untuk hidup sehat. Cobalah bereksperimen selama lembur atau shift malam untuk menghindari keinginan ngemil.

Berjalan-jalan di sekitar ruangan, membaca email, mengobrol, atau olahraga ringan bisa dijadikan pilihan. Tubuh akan terbiasa dengan perubahan baru ini jika kamu tetap konsisten menjalaninya.

Selain tiga tips ini untuk menjaga tubuh tetap bugar dan berat badan stabil biasakan makan teratur 3 kali sehari. Kamu bisa menambahkan asupan camilan tinggi serat tiap 2 jam sekali.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah sesibuk apapun kamu jangan pernah menunda makan dan rasa lapar.

Tanyakan masalah seputar kesehatan kepada dokter profesional di Good Doctor, yuk langsung tanya sekarang!

Reference

https://doi.org/10.1136/bmj.l2143.” What should I eat on my night shift? (2019). 08 11 2019.

https://www.mynetdiary.com/healthy-eating-tips-for-night-shift-workers.html. n.d. 08 11 2019.

https://www.webmd.com/diet/eat-this-fiber-chart. 01 06 2018.

    register-docotr