Diet dan Nutrisi

Mengenal Diet Mediterania untuk Diabetes, Stop Konsumsi Daging Merah!

April 23, 2020 | Santi Andriani | dr. Wawan Harimawan
no-image

Ditulis oleh : dr. Wawan Harimawan

Menjaga diet atau pola makan sejatinya harus diterapkan semua orang, tentunya pola makan yang sehat. Termasuk mereka yang menderita diabetes pun harus menjaga pola makan yang sehat. Diet seperti apa yang cocok untuk penderita diabetes?

Diabetes adalah penyakit kronis yang disebabkan karena pankreas tidak menghasilkan insulin yang cukup, atau tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang dihasilkan secara efektif. 

Insulin sendiri adalah hormon yang mengatur gula darah di dalam tubuh kita. Data World Health Organization (WHO) menunjukkan bahwa terdapat 422 juta orang dewasa yang hidup dengan diabetes tahun 2014, hampir empat kali lipat dibanding tahun 1980. 

Jika tidak ditangani dengan baik, diabetes dapat menyebabkan gangguan pada jantung, ginjal, bahkan mata dan saraf.

Baca Juga: 5 Olahraga Saat Puasa yang Bisa Dilakukan #DiRumahAja

Penanganan diabetes yang terutama adalah perbaikan pola hidup 

diet mediterania untuk diabetes
Diet atau pola makan yang tepat untuk penderita diabetes. Foto: https://www.shutterstock.com/

Perubahan pola hidup seperti direkomendasikan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) meliputi pengaturan asupan makanan dan latihan fisik. 

Pengaturan asupan makanan meliputi jam, jumlah dan jenis makanan. Sumber makanan yang dianjurkan adalah makanan yang tidak tinggi kalori atau gula simpel, atau makanan berpengawet atau makanan olahan/processed food.

Diet mediterania untuk diabetes

Diet mediterania untuk diabetes
Diet mediterania untuk diabetes. Foto: https://www.healthline.com/

Salah satu pola makan yang saat ini mulai direkomendasikan bagi para penderita diabetes adalah diet mediterania. 

Sebuah studi oleh American Diabetes Association (ADA) menunjukkan diet mediterania mampu memperbaiki gula darah puasa pada pasien diabetes. Bahkan dalam studi lain, diet mediterania memberikan hasil penurunan gula darah yang lebih baik dibandingkan diet rendah lemak saja.

Menu diet mediterania untuk diabetes

Diet mediterania untuk diabetes
Pola makan untuk penderita diabetes dalam diet mediterania. Foto: https://www.healthline.com/

Pola makan yang menyerupai pola makan orang-orang yang tinggal di pesisir mediterania ini memiliki karakteristik tinggi, yakni:

1. Mencakup produk makanan kaya nutrisi 

Seperti sayuran, buah, kacang-kacangan, sumber lemak dan protein yang berasal dari ikan dan minyak zaitun yang kaya dengan omega3 dan rendah lemak trans / lemak jahat.

2. Konsumsi daging merah dan produk makanan olahan juga dikurangi  

Pola makan ala mediterania ini dapat dicoba bagi kamu yang menderita diabetes dan sedang mencari pola makan yang cocok. Hal ini dapat dimulai dengan mengganti sumber pangan dengan makanan yang bergizi tinggi, mengurangi asupan daging merah, dan mengganti sumber lemak dari minyak trans dengan minyak ikan maupun suplemen omega 

Baca Juga: Suami Istri HIV, Bisakah Tak Tularkan ke Anak?

Konsultasikan kondisi kesehatan kamu di Good Doctor. Yuk, lakukan konsultasi online dengan dokter terpercaya!

Reference

World Health Organization. (‎2016)‎. Global report on diabetes. World Health Organization. 

Idrus Alwi, Simon Salim, Rudy Hidayat, Juferdy Kurniawan, Dicky L Tahapary. Penatalaksanaan di Bidang Ilmu Penyakit Dalam Panduan Praktik Klinis. Jakarta: InternaPublishing, 2015.

Gretchen Benson, Raquel Franzini Pereira, Jackie L. Boucher. “Rationale for the Use of a Mediterranean Diet in Diabetes Management.” Diabetes Spectrum (2011): 36-40.

    Berita Terkait
    register-docotr