Puasa

8 Manfaat Puasa yang Tidak Diduga untuk Kecantikan

April 22, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Bulan Ramadhan sudah ada di depan mata, sebagian besar masyarakat di dunia khususnya umat muslim akan menjalani ibadah puasa. 

Berbagai penelitian sudah membuktikan bahwa puasa dapat memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Termasuk kecantikan.

Jika dijalankan dengan baik dan rutin, puasa mampu meningkatkan kecantikanmu secara alami lho. Penasaran? Simak selengkapnya.

Manfaat Puasa Bagi Kecantikan 

Berikut adalah beberapa manfaat dari puasa bagi kecantikan: 

1. Membantu detoksifikasi alami 

Sebelum menjalani puasa, tubuh telah menyimpan berbagai racun yang ditimbun pada lemak. Racun ini berasal dari makanan sehari-hari yang mengandung zat aditif. 

Selama puasa, meski tidak ada asupan makanan tetapi tubuh tetap butuh energi agar proses metabolisme pada tubuh berjalan lancar. Untuk itu tubuh harus mencari sumber energi alternatif. 

Nah, kondisi tersebut biasanya akan memicu otak kita untuk mengalihkan lemak menjadi sumber energi alternatif. Sehingga timbunan lemak akan dibakar untuk menyediakan energi pada tubuh. 

Dengan begitu racun-racun yang disimpan dalam lemak pun dapat hilang. Proses detoksifikasi ini tentunya juga berpengaruh pada kulit. Kulit bisa terlihat lebih sehat dan cerah alami. 

2. Menurunkan berat badan 

Kabar baik untukmu yang ingin menjaga penampilan badan, karena puasa juga efektif untuk menurunkan berat badan. Saat puasa, tubuh akan membakar lemak sebagai sumber energi cadangan. 

Menurut penulis buku Eat Stop Eat, Brad Pilon setidaknya puasa setiap hari mampu mengurangi berat badan pada manusia sebesar 0,5 kilogram. 

Menurunkan berat badan dengan puasa juga dianggap tidak membahayakan karena yang hilang dari tubuhmu adalah lemak dan racun yang tidak baik untuk tubuh. 

3. Memicu regenerasi sel 

Saat berpuasa, tubuhmu akan meregenerasi sel-sel pada tubuh, termasuk sel kulit. Regenerasi sel ini dapat menghilangkan sel kulit mati dan menggantinya dengan yang baru.

Tentunya penampilan kulitmu akan menjadi lebih cerah bercahaya bahkan kenyal berkat adanya regenerasi sel.

4. Membuat bola mata lebih bersih

Proses detoksifikasi racun dan kotoran saat puasa terjadi di berbagai bagian tubuh. Tidak terkecuali bola mata lho.

Selama menjalani puasa, penglihatanmu dapat menjadi lebih tajam karena kotoran di dalam bola mata akan dikeluarkan secara alami oleh tubuh. Selain itu bagian putih pada bola mata pun dapat terlihat lebih berkilau. 

5. Meredakan peradangan kulit 

Salah satu masalah yang sering terjadi pada kulit wajah adalah peradangan atau inflamasi. Inilah yang biasanya menjadi penyebab kulit wajah terlihat berjerawat atau kemerahan. 

Saat menjalani puasa, kadar gula pada tubuh akan menurun sehingga kondisi ini dapat meredakan peradangan atau jerawat pada kulit.

Berbeda saat tidak menjalani puasa, kadar gula pada tubuh cenderung lebih tinggi. Kondisi inilah yang biasanya memicu kulit menjadi lebih mudah berjerawat. 

Selain terhindar dari peradangan dan jerawat, kulitmu juga akan tampak lebih bercahaya karena kamu lebih menjaga asupan makanan pada tubuhmu. 

6. Menyehatkan kuku dan rambut 

Kalau kamu memiliki masalah dengan kuku dan rambut yang kusam, saat puasa kamu bisa terlepas dari masalah ini lho. 

Puasa yang rutin dilakukan setiap hari mampu memicu kuku dan rambutmu tumbuh lebih sehat dan kuat. Hal ini dikarenakan regenerasi sel juga terjadi pada bagian kuku dan rambut. 

7. Mempercepat penyembuhan luka pada kulit 

Berpuasa juga memiliki manfaat lain yakni mempercepat penyembuhan luka pada kulit. Tubuhmu akan berkonsentrasi untuk mempercepat pembelahan sel baru serta memperkuat imun pada bagian yang luka. Sehingga sel-sel kulit yang sudah mati dan tua pada luka dapat tergantikan dengan yang baru. 

8. Mencegah penuaan 

Agar tetap cantik, salah satu hal yang selalu dijaga adalah terhindar dari penuaan. Ternyata puasa juga dapat mengurangi resiko penuaan pada dirimu lho.

Aktifnya proses regenerasi sel pada kulit dan bagian tubuh yang lain, akan membuat kulitmu tampak muda dan terhindar dari kulit kusam serta kerutan. 

Nah banyak sekali bukan manfaat puasa bagi kecantikan. Selain tubuh menjadi lebih sehat, kamu juga akan mendapat penampilan yang lebih cantik dari sebelumnya.

Jadi bagaimana, sudahkah kamu siap menjalani puasa di tahun ini? 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    register-docotr