Kulit & Perawatan Tubuh

7 Manfaat Serum Vitamin C untuk Kecantikan Wajah

May 23, 2020 | Fitri Chaeroni | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Serum vitamin C kini sangat populer menjadi produk yang wajib dimiliki dalam rangkaian perawatan wajah. Mengapa demikian?

Alasannya, serum vitamin C ini bisa bikin wajah kamu cerah merona dan mencegah penuaan dini. Apalagi sekarang mudah menemukan berbagai produk skin care yang mengandung vitamin C.

Sebenarnya apa itu vitamin C dan bagaimana ia bisa memberikan manfaat pada kulit kita? Mari simak ulasannya di bawah ini!

Apa itu vitamin C?

manfaat serum vitamin c
Vitamin C. Sumber Foto : https://www.newyou.com/

Dilansir dari Allure, Patricia Wexler seorang dermatologis menyebut bahwa vitamin C merupakan antioksidan kuat yang bisa menetralkan berbagai radikal bebas pada kulit.

Dengan sifat antioksidannya, vitamin C mampu membantu proses regenerasi kulit alami kamu dan membantu tubuh memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Jadi dengan mengonsumsi makanan yang tinggi vitamin C, tubuh kamu akan terlindung dari berbagai radikal bebas. Begitu pula dengan penggunaan vitamin C berupa serum bisa membantu kulit wajah dari kerusakan seperti akibat paparan sinar UV dan polusi udara.

Selain mampu memerangi radikal bebas, kekuatan antioksidan dalam vitamin C juga bisa membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

Apakah serum vitamin C aman untuk semua jenis kulit?

Vitamin C termasuk kandungan yang aman untuk digunakan dalam jangka panjang tanpa khawatir risiko efek samping yang membahayakan.

Namun, untuk kamu yang memiliki tipe kulit sensitif sebaiknya lebih berhati-hati sebelum menggunakan serum ini karena bisa menyebabkan reaksi alergi dan kemerahan.

Jika ingin mencoba serum ini, ada baiknya untuk memulai dengan konsentrasi yang rendah terlebih dahulu. Jika timbul gejala yang tidak nyaman dalam jangka panjang, hentikan pemakaian.

Manfaat serum vitamin C

Mengonsumsi makanan tinggi vitamin C tidak menjamin nutrisinya akan langsung diserap oleh sel-sel kulit. 

Menggunakan serum vitamin C dan produk topikal lainnya bisa membantu kamu mendapatkan manfaat dari vitamin C. Berikut beberapa manfaat serum vitamin C pada kulit.

1. Melindungi dari paparan sinar UV

Vitamin C bersifat antioksidan yang kuat. Artinya, serum vitamin C mampu memerangi radikal bebas penyebab inflamasi.

Dilansir dari Medical News Today, manfaat dari antioksidan vitamin C di antaranya:

  • Mengurangi kematian sel prematur.
  • Menekan pelepasan senyawa sitokin yang menyebabkan inflamasi.
  • Mengurangi kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet (UV).

Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya setelah penggunaan serum ini. Sebab, serum ini akan berkurang efektivitasnya saat terpapar sinar matahari.

2. Mencegah munculnya tanda penuaan dini

Vitamin C tidak bisa mencegah munculnya keriput yang disebabkan oleh pertambahan usia. Namun, vitamin C mampu mencegah tanda penuaan dini akibat paparan sinar matahari.

Selain itu, vitamin C bisa bantu mengurangi munculnya kerutan dini dengan merangsang pertumbuhan kolagen. Sebab, kolagen termasuk protein yang berperan dalam elastisitas kulit kita.

3. Serum vitamin C membantu meratakan warna kulit

Paparan sinar matahari dan perubahan hormon bisa menimbulkan warna kulit yang tidak merata pada wajah. Manfaat serum salah satunya untuk mengatasi problem ini.

Berdasarkan penelitian Linus Pauling Institute at Oregon State University, vitamin C mampu mengurangi produksi melanin.

Melanin adalah pigmen yang menyebabkan area hiperpigmentasi terlihat lebih gelap. Dengan produksi melanin yang ditekan, maka area hiperpigmentasi ini bisa semakin diratakan dengan area sekitarnya.

4. Memudarkan bintik hitam atau dark spot

Hiperpigmentasi tidak hanya terbatas pada warna kulit yang tidak merata, tapi juga bintik-bintik hitam akibat bekas jerawat.

Jadi jika kamu memiliki masalah dengan bintik hitam coba gunakan serum ini secara rutin. Selain memudarkan dark spot dan memberikan efek mencerahkan, kulit juga menjadi lebih kencang.

5. Menjaga kelembapan kulit

Dilansir dari Healthline, salah satu nutrisi yang terkandung di dalam vitamin C yakni magnesium ascorbyl phosphate memiliki efek untuk melembapkan kulit.

Kandungan tersebut mampu mengurangi kandungan air dalam kulit dan mempertahankan kelembapan dengan lebih baik.

6. Memudarkan mata panda

Menggunakan serum ini juga bisa membantu menghaluskan garis-garis lipatan, memberi kelembapan, sekaligus memudarkan.

Caranya gunakan dengan cara menepuk-nepuknya secara lembut di area mata panda kamu.

7. Mengencangkan kulit wajah

Vitamin C mampu merangsang produksi kolagen yang berfungsi menjaga elastisitas dan kekencangan kulit.

Jika kadar kolagen rendah, kulit akan mengendur dan kehilangan elastisitasnya. Dengan rangsangan produksi kolagen ini, kamu akan mendapat efek mengencangkan wajah.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Allure. Diakses pada 20 Mei 2020. Everything You Need to Know About Vitamin C, the Holy Grail of Skin-Care Ingredients.

Healthline. Diakses pada 20 Mei 2020. 11 Reasons to Add Vitamin C Serum to Your Skin Care Routine.

Medical News Today. Diakses pada 20 Mei 2020. Top 3 benefits of vitamin C serum.

Huffington Post. Diakses pada 20 Mei 2020. What The Heck Does Vitamin C Serum Do For Your Skin, Anyway?.

Everyday Health. Diakses pada 20 Mei 2020. Vitamin C Serums 101: Best Products, Benefits, Side Effects, and More.

 

    Berita Terkait
    register-docotr