Kulit & Perawatan Tubuh

Mengenal Concealer dan Ragam Cara Penggunaannya

May 14, 2020 | Ahmad Ridwan
feature image

Ada begitu banyak peralatan makeup wanita yang dapat membantu untuk memberikan penampilan wajah yang memukau. Satu di antaranya adalah concealer. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai apa itu concealer, Yuk simak penjelasan berikut.

Apa itu concealer?

Concealer merupakan produk kecantikan wanita yang digunakan untuk memberikan efek wajah yang tampak lebih mulus.

Ia berfungsi untuk menutupi kekurangan yang terdapat pada wajah. Misalnya, jerawat, noda hitam, bekas kemerah-merahan, dan bahkan mata panda.

Sebenarnya jika untuk sekadar menutupi kekurangan di wajah, fungsinya tidak jauh berbeda dengan BB cream atau foundation.

Akan tetapi concealer mempunyai beberapa kelebihan tersendiri yang menjadikannya lebih unggul jika dibandingkan kedua jenis produk kecantikan tersebut.

Penggunaannya pun bisa untuk segala jenis kulit. Mulai dari kulit wajah normal, berminyak, berjerawat, kering, sampai dengan kombinasi. Hanya saja, perlu pemilihan concealer yang tepat. Sebab ada beberapa macam concealer yangperlu disesuaikan dengan jenis kulit.

Macam-macam concealer

Sama halnya dengan produk kecantikan yang lain, concealer juga terdiri atas beberapa macam. Ada tiga bentuk concealer yaitu stick concealer, liquid concealer, dan cream concealer. Masing-masing memiliki kesesuaian dengan jenis kulit tertentu.

1. Stick concealer

Sesuai dengan namanya, concealer jenis ini berbentuk menyerupai stik. Biasanya area pengaplikasian stick concealer adalah bagian di sekitar bawah mata.

Cara penggunaannya sama seperti ketika menggunakan lipstik dan dapat digunakan sebelum ataupun setelah pemakaian foundation.

Kelebihan stick concealer yaitu efek yang dihasilkan nyaris menutupi dengan sempurna kekurangan pada wajah. Hanya saja teksturnya cenderung lebih berminyak, sehingga pengaplikasiannya disarankan agar tidak terlalu tebal.

Dengan kata lain stick concealer kurang cocok untuk pemilik wajah berminyak.

Pada saat pemakaian sebisa mungkin agar tidak dioleskan dengan cara menggores atau menarik, karena bisa menyebabkan kulit di bawah mata menjadi kendur.

Bagi yang bagian bawah matanya keriput, sebaiknya sebelum menggunakan concealer terlebih dahulu gunakan pelembab.

2. Liquid concealer

Bentuk fisik liquid concealer cukup mudah untuk dibedakan dengan jenis concealer lainnya. Jika diperhatikan sekilas bentuknya mirip dengan lipstik yang memiliki wadah dan tongkat untuk mengaplikasikan ke wajah.

Di antara concealer lainnya, jenis ini yang paling fleksibel untuk digunakan.

Hal itu dikarenakan bentuk zatnya yang cair, sehingga cenderung lebih mudah untuk diaplikasikan ke berbagai jenis wajah. Selain itu risiko yang ditimbulkan juga tidak terlalu tinggi. Jadi aman saja digunakan bagi pemilik wajah berjerawat.

Kelebihan dari liquid concealer adalah teksturnya yang ringan dan tidak terlalu berminyak, serta dapat menutupi kerutan pada wajah dengan baik, karena efek yang dihasilkan matte.

Akan tetapi kekurangannya disebabkan oleh tekstur cair yang menyebabkannya sedikit sulit diatur dapat dapat ‘bergerak’ ke mana-mana.

Cara penggunaan liquid concealer tidak terlalu sulit, meski pengaturannya yang kurang mudah. Kamu dapat mengaplikasikannya pada wajah dalam bentuk titik-titik sama seperti ketika menggunakan foundation.

Setelah itu kamu dapat meratakannya dengan memakai tongkat aplikator atau cukup dengan jari saja.

3. Cream  concealer

Bentuk wadah cream concealer hampir sama dengan wadah eyeshadow. Ukuran wadahnya juga tidak jauh berbeda yaitu agak kecil. Meski begitu kadang ada juga yang diletakkan di wadah compact.

Adapun tekstur dari concealer ini sesuai dengan namanya maka agak creamy dan jika disentuh terasa sangat lembut. 

Concealer jenis ini cocok digunakan untuk pemilik wajah yang kering, karena tekstur creamy-nya akan membantu untuk melembabkan kulit.

Selain itu, proses perataannya di wajah juga sangat mudah. Area yang diaplikasikan concealer pun bisa bervariasi tergantung ketebalannya mulai dari medium sampai dengan full satu wajah.

Hanya saja terkadang efek creamy yang diberikan oleh concealer jenis ini bisa membuat wajah terasa agak berat dan tebal. Kalau sudah begitu dan terlalu tebal justru dapat memberikan efek berminyak pada wajah, sehingga garis-garis wajah menjadi sangat jelas dan tegas.

Ketika memakai cream concealer, kamu dapat menggunakan spons, kuas, ataupun cukup dengan jari. Cara untuk meratakannya pun tidak sulit, karena memang tekstur creamy membuatnya mudah untuk diaplikasikan pada wajah.

Cara pemakaian concealer

Sebelum memakai concealer, kamu harus pastikan dulu bahwa wajahmu memang membutuhkan produk kecantikan ini atau tidak. Jangan sampai menggunakannya tanpa alasan yang jelas.

Dan alasan tersebut sudah pasti berkaitan dengan noda hitam pada wajah yang tampak mengganggu.

Kalau kamu juga menggunakan foundation dan efek yang dihasilkan sudah cukup untuk menutupi noda hitam pada wajah, maka concealer sudah tidak dibutuhkan lagi.

Kalaupun kamu ingin menggunakannya sebaiknya oleskan hanya pada area yang memang ada bintik atau noda hitamnya.

Konsultasikan kondisi kesehatan kamu dengan layanan Good Doctor. Dokter terpercaya kami akan menjawab setiap pertanyaan yang kamu ajukan.  

Reference

Essence. Diakses 12 Desember 2019. Back To Basics: Your Most Common Concealer Questions, Answered

Health. Diakses 12 Desember 2019. The Best Concealer for Every Skin Problem

The Trand Spotter. Diakses 12 Desember 2019. How to Apply Concealer the Right Way

    register-docotr