Kulit & Perawatan Tubuh

Say Goodbye pada Bekas Luka, Begini Cara Menghilangkannya!

January 23, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Memiliki bekas luka terkadang menjadi sesuatu yang sangat menyebalkan, terutama jika bekas luka tersebut berada pada bagian tubuh yang tidak dapat ditutupi oleh pakaian. Ini bisa membuatmu memikirkan cara menghilangkan bekas luka yang tepat.

Hal tersebut tentu saja dapat mengganggu pikiran sekaligus penampilan. Namun kamu tidak perlu khawatir, bekas luka tentunya dapat dihilangkan!

Apa penyebab timbulnya bekas luka?

Bekas luka merupakan bagian alami dalam proses penyembuhan luka pada tubuh. Biasanya, hal ini terjadi akibat proses biologis penyembuhan luka di kulit dan jaringan lain.

Penyebab utamanya bisa akibat kecelakaan, penyakit tertentu, kondisi kulit seperti jerawat, atau bahkan operasi. Bekas luka terbentuk ketika dermis (bagian kulit yang lebih dalam) rusak.

Hal ini menyebabkan tubuh membentuk serat kolagen baru (protein yang terbentuk secara alami di dalam tubuh) untuk memperbaiki kerusakan, sehingga hal tersebut seringkali menghasilkan bekas luka. Tak jarang bekas luka menghitam dan mengganggu penampilanmu.

Baca juga: Bekas Luka Bakar Bikin Tidak Percaya Diri, Tangani dengan 3 Bahan Alami Ini

Jenis-jenis bekas luka

Seperti dilansir Medical News Today, terdapat beberapa jenis bekas luka. Di antaranya adalah:

  1. Keloid: Bekas luka keloid umumnya tumbuh lebih besar dibandingkan luka itu sendiri. Bekas luka ini biasanya menonjol, berwarna gelap dan dapat terus tumbuh setelah luka sembuh.
  2. Hipertrofik: Sama seperti keloid, bekas luka ini juga menonjol dan berwarna merah. Tetapi, hipertrofik hanya muncul di lokasi terjadinya luka.
  3. Atrofi: Bekas luka ini biasanya muncul berbentuk seperti lubang. Hal ini terjadi sebagai akibat dari kerusakan pada kolagen kulit.
  4. Kontraktur: Bekas luka ini dapat menyebabkan kulit menjadi mengencang atau tertarik. Biasanya bekas luka ini disebabkan oleh bekas luka bakar.

Bagaimana cara menghilangkan bekas luka?

Jika kamu memiliki bekas luka kamu tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan bekas luka lho.

Umumnya, bekas luka hitam dapat dihilangkan tetapi membutuhkan waktu yang lama dan tergantung tingkat keparahan. Agar bekas luka menghitam cepat memudar, berikut cara yang dapat kamu lakukan.

1. Melakukan eksfoliasi

Banyak krim, salep bekas luka dan serum yang dijual bebas yang mengandung exfoliant . Zat tersebut dirancang untuk mengangkat lapisan luar kulit mati, sehingga dapat memudarkan bekas luka.

Tak hanya itu saja, exfoliant juga berguna untuk memudarkan garis-garis halus dan menghilangkan bekas luka serta tanda yang gelap pada kulit.

Krim eksfoliasi yang mengandung asam glikolat dan asam salisilat mandelik juga dapat digunakan untuk menyamarkan bekas luka.

2. Menggunakan lembaran silikon dan gel

Cara lain untuk menghilangkan bekas luka adalah menggunakan lembar silikon atau gel.

Sejumlah penelitian selama 20 tahun terakhir telah mengonfirmasi bahwa menggunakan lembaran silikon atau gel secara bertahap dapat memperbaiki bekas luka.

Baca juga: Berbagai Cara Menghilangkan Bekas Cara Baik Secara Alami Maupun Klinis

Cara menghilangkan bekas luka berdasarkan penyebabnya

Menghilangkan bekas luka di kaki atau bagian tubuh lainnya memiliki tingkat kesulitan sesuai dengan penyebabnya. Cara menghilangkan bekas luka di kaki biasanya membutuhkan proses penyembuhan yang cukup lama.

Bekas luka menghitam di tubuh bisa hilang dengan menggunakan beberapa obat-obatan dari dokter. Nah, untuk mengetahui cara menghilangkan bekas luka menghitam berikut penjelasannya.

Cara menghilangkan bekas luka bakar

Menghilangkan bekas luka bakar akibat menyentuh sesuatu yang terlalu panas, bahan kimia tertentu, atau bahkan listrik bisa dengan menerapkan gel silikon.

Pilihan pengobatan untuk menghilangkan bekas luka bakar, antara lain obat bekas luka berupa suntikan steroid, perawatan laser, serta operasi pengangkatan jaringan parut.

Meski perawatan ini dapat membantu menghilangkan bekas luka di kaki, penyembuhannya akan membutuhkan waktu lama. Karena itu, sebaiknya menghindari penggunaan krim dengan vitamin A atau E karena bisa membuat luka lebih terlihat.

Tips menghilangkan luka bekas operasi

Tips menghilangkan luka bekas operasi harus diterapkan dengan benar untuk membantu meminimalkan atau mencegah jaringan parut.

Perawatan terbaik untuk menghilangkan luka bekas operasi adalah cukup mendapatkan istirahat, hindari paparan sinar matahari, dan kurangi stres pada sayatan luka.

Menghilangkan luka bekas operasi bisa juga dilakukan menggunakan balutan luka silikon, obat bekas luka resep dokter, dan suntikan steroid. Berbagai tips menghilangkan bekas luka ini harus dikonsultasikan dengan dokter.

Metode menghilangkan bekas luka gatal

Metode menghilangkan bekas luka gatal perlu juga dilakukan karena jika dibiarkan bisa menyebabkan jaringan parut keloid.

Nah, cara menghilangkan bekas luka gatal akibat gigitan nyamuk, seperti eksfoliasi area bekas luka, gunakan scrub pengelupas kulit, dan menggunakan krim atau salep bekas luka.

Selain itu, kamu juga bisa memijat area bekas luka akibat gigitan nyamuk untuk meningkatkan aliran darah. Peningkatan sirkulasi dapat mendorong produksi kolagen dan mencegah munculnya bekas luka lebih parah.

Bahan alami untuk penghilang bekas luka

Selain menghilangkan bekas luka dengan cara suntik steroid, menggunakan salep bekas luka atau obat resep dokter yang diberikan khusus, kamu juga dapat menghilangkan bekas luka secara alami dengan mudah.

Bahan alami biasanya lebih aman dan efektif menghilangkan bekas luka hitam sehingga banyak direkomendasikan. Nah, untuk lebih jelasnya berikut cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan bahan alami seperti dirangkum dari Style Craze.

1. Lidah buaya

  • Gunakan gel lidah buaya yang baru diekstrak atau kamu juga dapat menggunakan gel lidah buaya yang dapat dibeli di toko.
  • Pijat pada area bekas luka.
  • Diamkan dan jangan dibilas.
  • Lakukan cara ini 2-3 kali sehari.

2. Madu untuk penghilang bekas luka

  • Campurkan madu dan baking soda.
  • Oleskan campuran tersebut pada bekas luka, kemudian pijat lembut selama 3-5 menit.
  • Letakan handuk hangat di area bekas luka tersebut, kemudian diamkan handuk hingga dingin.
  • Lakukan cara ini 2 kali sehari.

3. Lemon untuk obat bekas luka

  • Bersihkan kulit di sekitar area bekas luka.
  • Celupkan kapas pada perasan lemon dan oleskan pada area bekas luka.
  • Diamkan selama 10 menit dan kemudian bilas.
  • Setelah mengaplikasikan jus lemon, gunakanlah sunscreen jika kamu ingin keluar rumah.
  • Lakukan cara ini 2-3 kali sehari.

4. Bawang

  • Parut bawang atau kamu juga dapat membuat jus bawang.
  • Oleskan langsung pada bekas luka dan diamkan hingga mengering.
  • Kemudian bilas setelah 15 menit.
  • Ulangi cara ini sebanyak 3-4 kali sehari.

5. Minyak kelapa sebagai penghilang bekas luka alami

  • Panaskan minyak kelapa dengan menggosokannya di antara telapak tangan.
  • Oleskan pada area bekas luka dan diamkan selama satu malam.
  • Ulangi cara ini setiap malam sebelum tidur.

Nah, sudah tahu bukan bagaimana cara menghilangkan bekas luka di wajah? Untuk menghilangkan bekas luka secara alami memang susah-susah gampang dan memerlukan kesabaran. Asalkan rajin dan telaten dilakukan, luka bisa hilang dan kulit bisa kembali seperti semula. 

Mencegah munculnya bekas luka pada kulit

Banyak kondisi yang bisa menyebabkan bekas luka, seperti yang sudah disebutkan di atas. Bekas luka bisa muncul akibat operasi, luka sayat, bekas luka bakar hingga luka ringan pun bisa meninggalkan bekas pada kulit. 

Meski penjelasan di atas sudah membahas berbagai jenis penghilang bekas luka, namun adakah cara yang bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya bekas luka? 

Dilansir Healthline, berikut beberapa cara yang bisa meminimalkan hingga mencegah timbulnya bekas luka, baik itu bekas luka bakar, goresan, jerawat atau luka bekas operasi. 

  • Menghindari cedera. Menggunakan peralatan dengan memerhatikan keselamatan harus selalu diutamakan. Jika memiliki pekerjaan berisiko selalu kenakan pengaman fisik, seperti pelindung kepala, bantalan lutut dan siku. 
  • Obati luka segera. Selalu obati dengan pertolongan pertama untuk mencegah jaringan parut. Jika tergolong serius dan memerlukan jahitan, segera cari bantuan medis. 
  • Jaga kebersihan luka. Selama penyembuhan luka jaga kebersihan dengan rutin menghilangkan tumpukan kotoran dengan air dan sabun yang dapat digunakan untuk merawat luka. 
  • Tutup luka. Luka terbuka termasuk luka bakar dapat dibalut untuk mencegahnya dari infeksi atau luka berulang. 
  • Rutin mengganti perban. Jika kamu membalut luka dengan perban, pastikan rutin menggantinya setiap hari untuk menjaga kebersihannya. 
  • Biarkan mengering. Jika luka mengering, jangan digaruk atau disentuh untuk menghindari iritasi, perdarahan dan menghindari masuknya bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. 
  • Ikuti panduan dokter. Jika kamu baru saja melakukan operasi, selalu ikuti panduan dokter dalam merawat lukamu agar bekas jahitan bisa sembuh tanpa meninggalkan bekas luka yang mengganggu. 

Itu tadi beberapa informasi untuk kamu yang sedang berusaha mencari cara menghilangkan bekas luka. Kamu juga dapat berkonsultasi pada dokter lho, jika kamu sedang mencoba menghilangkan bekas luka di kulit.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Medical News Today (2017). Diakses pada 13 Mei 2020. How Can Home Remedies Get Rid of My Old Scar?

Style Crazy (2019). Diakses pada 13 Mei 2020. How to Get Rid of Old Scars 

Webmd (2020). Diakses pada 13 Mei 2020. Scars and Your

Medical News Today (2018), diakses 24 September 2020. How to get rid of burn scars

Verywellhealth.com (2020), diakses 24 September 2020. How to Prevent or Minimize Surgery Scars

Healthline (2020), diakses 24 September 2020. How to Treat Mosquito Bites to Prevent Scarring

    Berita Terkait
    register-docotr