Olahraga

Kamu Wajib Tahu, Ini Ragam Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga

May 28, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Kopi adalah salah satu minuman yang populer dan banyak dinikmati oleh masyarakat. Namun di samping itu, kopi juga merupakan sumber alami dari kafein dan antioksidan. Minuman yang satu ini juga bisa dinikmati kapan saja, termasuk sebelum kamu berolahraga.

Ternyata konsumsi kopi sebelum berolahraga memiliki manfaat tertentu, lho. Lantas, apa saja manfaat minum kopi sebelum olahraga? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Jangan Dilewatkan! Ini 7 Manfaat Jalan Sehat untuk Tubuh

Berbagai manfaat minum kopi sebelum olahraga

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat minum kopi sebelum olahraga yang perlu kamu ketahui.

1. Membantu membakar lemak dan meningkatkan energi

Kadar kafein yang terkandung dalam kopi dapat membantu proses pembakaran lemak pada saat kamu berolahraga. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa peningkatan oksidasi atau proses pembakaran lemak yang signifikan berkat peningkatan laju metabolisme.

Hal tersebut dapat berarti bahwa kopi dapat membantu proses pembakaran lemak secara efektif selama berolahraga maupun beberapa waktu setelah kamu berolahraga.

2. Meningkatkan konsentrasi

Manfaat meminum kopi selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah dapat membantu meningkatakn konsentrasi.

Perlu kamu ketahui, bahwa tetap fokus serta konsentrasi selama olahraga penting untuk dilakukan. Sebab, ini dapat mengurangi risiko cedera, sehingga kamu dapat memperoleh manfaat olahraga secara maksimal.

Tak hanya itu, kafein sendiri memang pada dasarnya merupakan stimulan alami yang dapat meningkatkan fungsi otak. Sebuah studi melakukan evaluasi terhadap efek kognitif kafein pada atlet.

Hasil menunjukkan bahwa para atlet yang mengonsumsi kafein sebelum latihan kebugaran intensif menunjukkan peningkatan konsentrasi dengan kemampuan untuk mempertahankan intensitas latihan tingkat tinggi. Demikian dikutip dari Very Well Fit.

3. Mengurangi nyeri otot setelah olahraga

Dikutip dari laman Times of India, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of Illinois, meminum kopi juga dapat mengurangi nyeri otot setelah kamu melakukan olahraga secara intens.

Penelitian lain terhadap 9 wanita juga menemukan bahwa minum sekitar dua cangkir kopi dapat mengurangi nyeri otot pasca latihan.

Di sisi lain, studi terhadap 9 pria juga menemukan keterkaitan yang sama. Studi menunjukkan bahwa kafein dapat secara signifikan mengurangi nyeri otot pasca latihan dan mempersingkat waktu pemulihan.

4. Meningkatkan metabolisme

Kandungan kafein dalam kopi dapat membantu meningkatkan lajut metabolisme, yakni proses kecepatan tubuh dalam menggunakan atau membakar energi.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi dikaitkan dengan peningkatan laju metabolisme yang signifikan selama mengonsumsi kafein dan bahkan berlanjut setelah 3 jam mengonsumsinya.

Baca juga: Membandingkan Komposisi Teh dan Kopi, Mana yang Lebih Sehat?

5. Meningkatkan performa atletik

Perlu kamu tahu bahwa kafein efektif dalam hal meningkatkan kinerja seseorang saat dikonsumsi dalam dosis rendah maupun sedang. Ini berarti mengonsumsi kopi sebelum berolahraga menghasilkan perbedaan yang signifikan dalam kemampuan kinerja.

Kafein sendiri telah terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap rasa lelah. Di sisi lain, kopi juga menstimulasi tubuh untuk menggunakan simpanan lemak, bukan glikogen otot selama berolahraga. Hal ini memungkinkan otot bekerja secara maksimal.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi kopi

Meminum kopi sebelum olahraga memang memiliki beberapa manfaat, namun kamu harus memerhatikan aturan yang tepat dalam meminum kopi. Sebaiknya, janganlah langsung berolahraga setelah kamu meminum kopi.

Sebaliknya, konsumsi kopi harus sekitar 45-60 menit sebelum kamu berolahraga. Ini dimaksudkan agar kafein dapat terserap ke dalam aliran darah dan mencapai efektivitas puncaknya.

Tak hanya itu, sebaiknya janganlah meminum kopi secara berlebihan, ya. Sebab, mengonsumsi kafein secara berlebihan justru dapat menyebabkan kesulitan tidur atau insomnia di malam hari.

Karena secangkir kopi rata-rata mengandung sekitar 100 mg kafein, mengonsumsi kopi sebanyak 1-2 cangkir selama 45-60 menit sebelum kamu berolahraga sudah cukup memberikanmu manfaat yang diperlukan.

Meskipun demikian, jika kamu memiliki sensitivitas terhadap kafein atau kondisi medis tertentu, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu pada dokter, sebelum memutuskan meminum kopi sebelum berolahraga.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctordi sini!

Reference

Healthline (2021). Diakses pada 27 Mei 2021. Should You Drink Coffee Before Your Workout? 

TimesofIndia (2020). Diakses pada 27 Mei 2021. 4 Reasons To Drink Coffee Before A Workout

Very Well Fit (2020). Diakses pada 27 Mei 2021. 6 Ways Coffee Can Enhance Your Athletic Performance 

Medicine and Science in Sport and Exercise (2018). Diakses pada 27 Mei 2021. Effects of p-Synephrine and Caffeine Ingestion on Substrate Oxidation during Exercise 

The American Journal of Clinical Nutrition (1980). Diakses pada 27 Mei 2021. Caffeine and coffee: their influence on metabolic rate and substrate utilization in normal weight and obese individuals 

The Journal of Pain (2006). Diakses pada 27 Mei 2021. Caffeine Attenuates Delayed-Onset Muscle Pain and Force Loss Following Eccentric Exercise 

The Journal of Strength and Conditioning Research (2013). Diakses pada 27 Mei 2021. The Effect of Caffeine Ingestion on Delayed Onset Muscle Soreness 

    register-docotr