Olahraga

Jangan Dilewatkan! Ini 7 Manfaat Jalan Sehat untuk Tubuh

January 30, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Meningkatkan kesehatan tubuh bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satu cara yang paling mudah adalah dengan melakukan jalan sehat. Lantas, apa saja manfaat jalan sehat?

Jalan sehat bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh saja, ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan mental, lho! Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Stretching Bisa Bantu Menurunkan Tekanan Darah? Ini Dia Penjelasannya!

Ragam manfaat jalan sehat

Jalan sehat menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan, termasuk mencegah penyakit tertentu. Untuk melakukan olahraga yang satu ini, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Di sisi lain, jalan sehat juga mudah disesuaikan dengan rutinitas harian.

Nah, berikut ini adalah berbagai manfaat jalan sehat untuk kesehatan.  

1. Membakar kalori

Manfaat pertama dari jalan sehat adalah dapat membantu untuk membakar kalori, yang mana dapat berkontribusi terhadap penurunan berat badan.

Proses pembakaran kalori ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, temasuk kecepatan berjalan, jarak dan jalur yang ditempuh, serta berat badan.

Melina B.Jampolis M.D, seorang dokter sekaligus penulis buku “The Doctor on Demand Diet” mengatakan bahwa “jalan kaki secara teratur dapat membantu meningkatkan respons tubuh terhadap insulin, yang dapat membantu mengurangi lemak di perut”.

Sebagai tambahan, jalan kaki secara teratur juga dapat meningkatkan metabolisme dengan cara membakar kalori secara ekstra.

2. Menjaga kesehatan jantung

Melakukan jalan sehat setidaknya 30 menit sehari selama seminggu dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner sebesar 19 persen. Bejalan kaki dapat menurunkan faktor risiko penyakit jantung, seperti kolesterol tinggi, tekanan darah, diabetes, dan obesitas.

Mengutip Prevention, para peneliti dari University of Boulder Colorado dan University of Tennessee menemukan bahwa berjalan kaki secara teratur dapat menurunkan tekanan darah sebanyak 11 poin serta menurunkan risiko stroke sebesar 20-40 persen.

Pada studi lain yang diterbitkan dalam The New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa orang-orang yang berjalan kaki secara teratur memiliki risiko untuk mengembangkan penyakit jantung lebih rendah, yakni sekitar 30 persen.

3.Mengontrol gula darah dalam tubuh

Selanjutnya, jalan sehat dapat membantu mengontrol gula darah.

Dalam satu penelitian menemukan bahwa berjalan kaki selama 15 menit sebanyak tiga kali dalam sehari, setelah sarapan, makan siang, dan makan malam dapat menurunkan kadar gula darah lebih banyak dibandingkan dengan berjalan kaki selama 45 menit di siang hari.

Meskipun demikian, diperlukan lebih banyak penelitian untuk melihat manfaat jalan sehat terhadap gula darah.

4. Meringankan gejala nyeri sendi

Tahukah kamu bahwa manfaat lain dari jalan sehat adalah dapat melindungi persendian? Ya, jalan sehat dapat melindungi persendian, termasuk sendi lutut dan pinggul dengan cara memperkuat otot yang menopang persendian.

Jalan sehat juga dapat membantu mengurangi gejala tidak nyaman pada penderita radang sendi (arthritis). Selain itu, jalan sehat sekitar 5 hingga 6 mil selama seminggu juga dapat membantu mencegah radang sendi.

Baca juga: Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh: Konsumsi Air Putih hingga Berolahraga

5. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat jalan sehat selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah dapat meningkatkan sistem imun serta menurunkan risiko terkena pilek dan flu, yang merupakan keluhan umum.

Satu studi yang dilakukan terhadap 1.000 orang dewasa menunjukkan bahwa mereka yang berjalan dengan kecepatan sedang selama 30-45 menit sehari dapat membantu menurunkan risiko sakit sebanyak 43 persen serta menurunkan infeksi saluran pernapasan bagian atas.

6. Meningkatkan suasana hati

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh saja, manfaat jalan sehat pun baik untuk kesehatan mental. Dr. Jampolis mengatakan, penelitian telah menunjukkan bahwa berjalan kaki secara teratur benar-benar dapat mengubah sistem saraf.

Satu studi menemukan bahwa berjalan kaki telah terbukti dapat membantu menurunkan kecemasan, depresi, serta suasana hati yang buruk.

7. Meningkatkan kreatifitas

Tak terduga, manfaat jalan sehat ternyata juga bisa membuatmu berpikir menjadi lebih kreatif, lho!

Pada satu studi, peneliti melaporkan bahwa orang-orang lebih baik dalam memikirkan ide-ide baru saat berjalan, terutama berjalan di luar ruangan. Jalan sehat merupakan cara sederhana untuk meningkatkan kreativitas serta aktifitas fisik secara bersamaan.

Tips melakukan jalan sehat

Manfaat berjalan sehat memang sangat beragam. Nah, berikut ini adalah berbagai tips yang melakukan jalan sehat agar kamu bisa memperoleh manfaat maksimal.

  • Penuhi asupan cairan sebelum dan sesudah melakukan jalan sehat agar tubuh tetap tehidrasi dengan baik
  • Jangan lupa lakukan pemanasan atau peregangan terlebih dahulu. Mulailah secara perlahan dan jangan langsung melakukan jalan sehat setelah makan besar
  • Kenakanlah pakaian dan sepatu yang nyaman
  • Mulailah dengan melakukan jalan sehat selama 20 menit terlebih dahulu, dan tingkatkan frekuensi jalan sehat secara bertahap. Cobalah untuk melakukan jalan sehat setidaknya tiga kali dalam seminggu
  • Gunakan teknik yang baik. Berdiri tegak dan berjalan dengan kecepatan stabil
  • Setelah melakukan jalan sehat, jangan lupa lakukan pendinginan.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai manfaat jalan sehat, banyak sekali bukan? Agar kesehatan tubuh tetap terjaga, jangan lupa juga dibarengi dengan konsumsi makanan bergizi dan menerapkan gaya hidup sehat, ya!

Punya pertanyaan lain seputar kesehatan? Silakan chat kami melalui Aplikasi Good Doctor. Mitra dokter kami siap membantumu dengan akses layanan 24/7. Jangan ragu untuk berkonsultasi, ya!

Reference

Better Health Channel. Diakses pada 20 Januari 2021. Walking tips 

Harvard Health Publishing (2010). Diakses pada 20 Januari 2021. Walking: Your steps to health 

Healthline (2018). Diakses pada 20 Januari 2021. What Are the Benefits of Walking? 

Prevention (2020). Diakses pada 20 Januari 2021. 11 Biggest Benefits of Walking to Improve Your Health, According to Doctors 

E. Manson, JoAnn M.D, Dr.P.H., Philip Greenland (2002). Walking Compared with Vigorous Exercise for the Prevention of Cardiovascular Events in Women. The New England Journal of Medicine (diakses pada 20 Januari 2021)

DiPietro, Loretta, Andrei Gribok (2013). Three 15-min Bouts of Moderate Postmeal Walking Significantly Improves 24-h Glycemic Control in Older People at Risk for Impaired Glucose Tolerance. American Diabetes Association (diakses pada 20 Januari 2021)

Nieman, David C, Dru A Henson (2010). Upper respiratory tract infection is reduced in physically fit and active adults. BMJ (diakses pada 20 Januari 2021)

Sharma, Ashish, M.D, Vishal Madaan, M.D (2006). Exercise for Mental Health. NCBI (diakses pada 20 Januari 2021)

M, Oppezzo, dan Schwartz, D. L (2014). Give your ideas some legs: The positive effect of walking on creative thinking. American Psychological Association (diakses pada 20 Januari 2021)

 

    Berita Terkait
    register-docotr