Olahraga

Stretching Bisa Bantu Menurunkan Tekanan Darah? Ini Dia Penjelasannya!

January 20, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan stretching atau peregangan secara teratur. Peregangan tidak hanya membantu meningkatkan kelenturan tubuh, namun juga merupakan faktor penting kebugaran.

Salah satu fungsi penting melakukan stretching secara rutin, yakni membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

Nah, untuk mengetahui kaitan antara stretching dan penurunan tekanan darah tinggi, yuk simak penjelasan lebih lanjutnya berikut!

Baca juga: Mengenal Proses Autofagi, Mekanisme ‘Pembersihan’ Tubuh yang Terjadi saat Puasa

Benarkah stretching bisa menurunkan tekanan darah?

Dikutip dari jurnal oleh University of Saskatchewan, Kanada, tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan faktor risiko utama untuk penyakit kardiovaskular.

Temuan lain yang diterbitkan pada 2020 di Journal of Physical Activity and Health juga menunjukkan bahwa stretching atau peregangan harus menjadi bagian dari rencana perawatan hipertensi. 

Seorang profesor kinesiologi University of Saskatchewan bernama Dr. Phil Chilibeck, PhD mengatakan bahwa peregangan otot juga dapat meregangkan semua pembuluh darah, termasuk arteri.

Perlu diketahui, jika kamu mengurangi kekakuan di arteri maka resistensi terhadap aliran darah akan berkurang.

Penelitian tentang manfaat stretching untuk hipertensi

Chilibeck dan rekannya secara acak menugaskan 40 pria dan wanita yang berusia rata-rata 61 tahun ke dalam dua kelompok. Masa studi ini dilakukan selama sekitar 8 pekan.

Satu kelompok melakukan peregangan rutin seluruh tubuh selama 30 menit sehari, lima hari seminggu, sementara kelompok lainnya berjalan cepat dengan frekuensi yang sama.

Semua peserta yang mengikuti penelitian ini memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi tahap satu pada awal penelitian.

Sebelum dan sesudah penelitian, Chilibeck beserta rekannya mengukur tekanan darah partisipan saat duduk, berbaring, dan lebih dari 24 jam menggunakan monitor portable. Cara ini dilakukan untuk pengukuran tekanan darah yang akurat.

Hasil dan kesimpulan penelitian

Ditemukan bahwa peregangan membuat penurunan tekanan darah yang lebih besar di ketiga jenis pengukuran. Namun, para pejalan kaki berhasil menghilangkan lebih banyak lemak tubuh di pinggang dalam studi 8 pekan tersebut.

Chilibeck menambahkan bahwa orang yang berjalan untuk mengurangi tekanan darah tinggi harus tetap melakukannya dan menambahkan beberapa sesi peregangan.

Manfaat lain dari peregangan rutin terhadap kesehatan

Peregangan atau stretching diketahui memiliki segudang manfaat untuk tubuh, seperti memperbaiki postur, mengurangi stres, dan mengatasi nyeri. Selain itu, stretching juga memiliki manfaat lain yang beragam, antara lain:

Meningkatkan fleksibilitas otot

Peregangan teratur dapat membantu meningkatkan kelenturan yang sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Peningkatan fleksibilitas tidak hanya dapat membantu kamu dalam melakukan aktivitas sehari-hari dengan mudah, namun juga menunda berkurangnya mobilitas yang disebabkan oleh penuaan.

Meningkatkan jangkauan gerak

Mampu menggerakkan sendi dapat memberi tubuh lebih banyak kebebasan bergerak. Peregangan secara teratur dapat membantu meningkatkan rentang gerak. Satu studi menemukan bahwa peregangan statis dan dinamis efektif untuk meningkatkan rentang gerak.

Mencegah sakit punggung

Otot yang kencang dapat menyebabkan penurunan rentang gerak. Jika hal ini terjadi, maka berisiko meningkatkan kemungkinan terjadinya ketegangan otot di punggung. Dengan melakukan peregangan, maka dapat membantu menyembuhkan keluhan cedera punggung.

Mampu menenangkan pikiran

Berpartisipasi dalam program peregangan teratur tidak hanya membantu meningkatkan kelenturan, namun juga mampu membantu menenangkan pikiran.

Saat kamu melakukan peregangan, cobalah untuk fokus pada latihan kesadaran dan meditasi untuk membuat pikiran istirahat secara mental.

Mengurangi sakit kepala

Sakit kepala tegang dan stres bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain pola makan yang tepat, hidrasi cukup, dan banyak istirahat, melakukan peregangan juga dapat mengurangi ketegangan yang dirasakan akibat sakit kepala.

Baca juga: Diabetes Sebabkan Keringat Berlebihan? Ini Penjelasan Medis dan Cara Mengatasinya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
register-docotr