Info Sehat

Daftar Obat Pengencer Dahak yang Alami dan yang Dijual di Apotek

January 5, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Mengalami batuk dan dahak di waktu yang bersamaan adalah kondisi yang membuat tidak nyaman. Untuk mengatasi hal ini tentu kamu tidak bisa pakai obat batuk biasa, melainkan harus juga obat pengencer dahak.

Dahak sendiri sebetulnya dihasilkan oleh membran lendir untuk kebutuhan sistem pernapasan kamu. Membran ini berada di mulut, hidung, tenggorokan, sinus dan paru-paru.

Obat pengencer dahak

Dahak berfungsi untuk menangkap debu alergen dan virus yang masuk melalui saluran pernapasan. Ketika kamu sakit atau terlalu banyak terpapar partikel itu, maka dahak menjadi tebal dan mengganggu.

Untuk mengatasinya, ada beberapa obat pengencer dahak yang bisa kamu andalkan, baik alami atau pun yang dijual di apotek.

Obat pengencer dahak alami

Beberapa bahan ini bisa kamu andalkan untuk mengencerkan dahak yang mengganggu dan menyumbat saluran pernapasan kamu:

1. Minuman hangat

Minuman hangat ternyata merupakan obat pengencer dahak alami. Dengan menjaga tingkat hidrasi tubuh, maka dahak akan mudah dikeluarkan lewat batuk.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Rhinology menyebut minuman panas dapat melegakan mampet di saluran pernapasan beserta dengan gejalanya seperti bersin-bersin, batuk yang mengganggu, dan sakit tenggorokan.

Beberapa minuman hangat yang bisa menghasilkan kelegaan ini antara lain kuah kaldu, teh hijau atau hitam tanpa kafein, teh herbal dan air hangat.

2. Air garam

Berkumur dengan campuran air hangat dan garam dapat menyingkirkan dahak dan lendir dari belakang tenggorokan dan melegakan saluran pernapasan kamu.

Cobalah tambahkan satu sendok teh garam ke segelas air hangat, lalu aduk hingga garam tersebut larut.

Berkumurlah dengan ramuan tersebut dan biarkan dia menggantung di belakang tenggorokan sebentar. Ulangi beberapa kali sehari selama dibutuhkan.

3. Madu

Madu merupakan obat alami yang mengandung antivirus dan antibakteri. Produk alam ini pun bisa dipakai sebagai obat pengencer dahak. 

Sebuah penelitian pada 2007 menguji khasiat madu soba terhadap infeksi saluran pernapasan bagian atas pada anak-anak. 

Hasilnya, para orangtua melaporkan bahwa madu lebih mampu meringankan gejala yang dialami anak-anak mereka dibandingkan pengobatan biasa.

Kamu bisa mengonsumsi 1 sendok makan madu setiap 3-4 jam sekali hingga dahak yang mengganjal saluran pernapasan menjadi hilang. 

4. Makanan dan herbal

Beberapa makanan dan herbal bisa dijadikan obat pengencer dahak karena khasiat mereka terhadap kesehatan saluran pernapasan. Beberapa di antaranya adalah lemon, jahe dan bawang putih.

Bahkan beberapa makanan yang mengandung capsaicin, seperti cabai disebut dalam penelitian dalam British Journal of Pharmacology mampu mengencerkan dahak. 

Selain itu, penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Evidence-based Complementary & Alternative Medicine menyebut beberapa makanan berikut bisa mencegah dan mengobati penyakit pernapasan:

  • Akar manis
  • Ginseng
  • Buah berry
  • Echinacea
  • Pomegranate
  • Teh jambu kelutuk
  • Oral zinc

5. Minyak ekaliptus

Menggunakan minyak ekaliptus juga bisa mengencerkan dahak, lho. Minyak ini juga bisa meredakan batuk yang mengganggu.

Kamu bisa menghirup aromanya atau menggunakan beberapa balsem yang mengandung minyak ini.

Obat pengencer dahak kimiawi

Dilansir Healthline, berikut ini adalah obat pengencer dahak alami yang bisa kamu dapatkan dengan atau tanpa resep dokter:

Pengencer dahak tanpa resep dokter

Ada beberapa obat pengencer dahak tanpa resep dokter yang bisa kamu beli di apotek atau toko obat. Salah satunya adalah dekongestan. Obat ini bekerja dengan cara menurunkan pembengkakan di hidung dan membuka saluran udara yang tersumbat.

Dekongestan hadir dalam bentuk tablet atau kapsul, cairan atau sirup serta bubuk yang mengandung rasa tertent. Ada juga obat isap dekongestan yang bisa kamu temukan di pasaran.

Selain itu, ada juga produk lain seperti guaifenesin atau yang dikenal dengan sebutan expectorant yang membantu kamu mengencerkan dahak. 

Pengencer dahak dengan resep dokter

Kalau dahak yang timbul di tenggorokan kamu disebabkan oleh penyakit tertentu, maka dokter akan memberikan resep obat untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Salah satu penyakit penyebab adalah penyakit paru-paru kronis seperti cystic fibrosis.

Obat untuk mengatasi penyakit ini antara lain adalah Dornase-Alfa.

Demikianlah berbagai obat pengencer dahak yang bisa kamu andalkan ketika kamu terganggu akan penyakit ini. Selalu jaga kondisi kesehatan kamu, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Berita Terkait
register-docotr