Info Sehat

Daftar Obat Pengencer Dahak yang Alami dan yang Dijual di Apotek

June 7, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Mengalami batuk dan dahak di waktu yang bersamaan adalah kondisi yang membuat tidak nyaman. Untuk mengatasi hal ini tentu kamu tidak bisa pakai obat batuk biasa, melainkan harus juga obat pengencer dahak.

Dahak sendiri sebetulnya dihasilkan oleh membran lendir untuk kebutuhan sistem pernapasan kamu. Membran ini berada di mulut, hidung, tenggorokan, sinus dan paru-paru.

Penyebab munculnya dahak

Dahak adalah benda kental dan lengket yang menggantung di belakang tenggorokan saat kamu sakit. Tapi ternyata, lendir itu selalu ada dalam keadaan sehat sekalipun.

Membran mucus memproduksi dahak untuk melindungi dan mendukung sistem pernapasan kamu. Membran ini melapisi mulut, hidung, tenggorokan, sinus, dan paru-paru.

Kenapa dahak menjadi kental?

Lendir bersifat lengket sehingga dapat menjebak debu, alergen, dan virus. Saat tubuh sehat, lendir berbentuk tipis dan kurang terlihat.

Namun saat kamu sakit atau terkena terlalu banyak partikel, dahak bisa menjadi kental dan menjadi lebih terasa karena menjebak banyak zat asing ini.

Jadi dahak itu sendiri sebenarnya adalah bagian yang sehat dari sistem pernapasan. Akan tetapi jika dahak mulai kental dan membuat tidak nyaman, kamu mungkin ingin mencari cara untuk mengencerkannya atau mengeluarkannya dari tubuh.

Gejala dahak perlu obat pengencer

Gejala dahak bermasalah dapat menyertai gejala lain, yang bervariasi tergantung pada penyakit, kelainan atau kondisi yang mendasarinya.

Penyakit menular, seperti pilek, flu, radang tenggorokan , dan sinusitis, dapat menyebabkan gejala lain yang muncul bersamaan dengan gejala berdahak, di antaranya:

  • Batuk
  • Kelelahan
  • Demam, yang biasanya disertai menggigil dan berkeringat
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Mual dan kehilangan nafsu makan
  • Hidung berair atau tersumbat, seringkali dengan keluarnya cairan berwarna hijau atau kuning
  • Bersin
  • Pembengkakan, kelenjar getah bening di leher
  • Gejala tenggorokan, seperti sakit tenggorokan, tenggorokan kering, amandel membesar, dan bercak putih pada amandel dan tenggorokan
  • Mata berair

Obat pengencer dahak

Dahak berfungsi untuk menangkap debu alergen dan virus yang masuk melalui saluran pernapasan. Ketika kamu sakit atau terlalu banyak terpapar partikel itu, maka dahak menjadi tebal dan mengganggu.

Untuk mengatasinya, ada beberapa obat pengencer dahak yang bisa kamu andalkan, baik alami atau pun yang dijual di apotek.

Obat pengencer dahak alami

Beberapa bahan ini bisa kamu andalkan untuk mengencerkan dahak yang mengganggu dan menyumbat saluran pernapasan kamu:

1. Minuman hangat

Minuman hangat ternyata merupakan obat pengencer dahak alami. Dengan menjaga tingkat hidrasi tubuh, maka dahak akan mudah dikeluarkan lewat batuk.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Rhinology menyebut minuman panas dapat melegakan mampet di saluran pernapasan beserta dengan gejalanya seperti bersin-bersin, batuk yang mengganggu, dan sakit tenggorokan.

Beberapa minuman hangat yang bisa menghasilkan kelegaan ini antara lain kuah kaldu, teh hijau atau hitam tanpa kafein, teh herbal dan air hangat.

2. Air garam

Berkumur dengan campuran air hangat dan garam dapat menyingkirkan dahak dan lendir dari belakang tenggorokan dan melegakan saluran pernapasan kamu.

Cobalah tambahkan satu sendok teh garam ke segelas air hangat, lalu aduk hingga garam tersebut larut.

Berkumurlah dengan ramuan tersebut dan biarkan dia menggantung di belakang tenggorokan sebentar. Ulangi beberapa kali sehari selama dibutuhkan.

3. Madu

Madu merupakan obat alami yang mengandung antivirus dan antibakteri. Produk alam ini pun bisa dipakai sebagai obat pengencer dahak. 

Sebuah penelitian pada 2007 menguji khasiat madu soba terhadap infeksi saluran pernapasan bagian atas pada anak-anak. 

Hasilnya, para orangtua melaporkan bahwa madu lebih mampu meringankan gejala yang dialami anak-anak mereka dibandingkan pengobatan biasa.

Kamu bisa mengonsumsi 1 sendok makan madu setiap 3-4 jam sekali hingga dahak yang mengganjal saluran pernapasan menjadi hilang. 

4. Makanan dan herbal

Beberapa makanan dan herbal bisa dijadikan obat pengencer dahak karena khasiat mereka terhadap kesehatan saluran pernapasan. Beberapa di antaranya adalah lemon, jahe dan bawang putih.

Bahkan beberapa makanan yang mengandung capsaicin, seperti cabai disebut dalam penelitian dalam British Journal of Pharmacology mampu mengencerkan dahak. 

Selain itu, penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Evidence-based Complementary & Alternative Medicine menyebut beberapa makanan berikut bisa mencegah dan mengobati penyakit pernapasan:

  • Akar manis
  • Ginseng
  • Buah berry
  • Echinacea
  • Pomegranate
  • Teh jambu kelutuk
  • Oral zinc

5. Minyak ekaliptus

Menggunakan minyak ekaliptus juga bisa mengencerkan dahak, lho. Minyak ini juga bisa meredakan batuk yang mengganggu.

Kamu bisa menghirup aromanya atau menggunakan beberapa balsem yang mengandung minyak ini.

Obat pengencer dahak kimiawi

Dilansir Healthline, berikut ini adalah obat pengencer dahak alami yang bisa kamu dapatkan dengan atau tanpa resep dokter:

Obat pengencer dahak di apotek tanpa resep

Ada beberapa obat pengencer dahak tanpa resep dokter yang bisa kamu beli di apotek atau toko obat. Salah satunya nama obat pengencer dahak adalah dekongestan.

Obat ini bekerja dengan cara menurunkan pembengkakan di hidung dan membuka saluran udara yang tersumbat. Dekongestan hadir dalam bentuk tablet atau kapsul, cairan atau sirup serta bubuk yang mengandung rasa tertent.

Ada juga obat isap dekongestan yang bisa kamu temukan di pasaran. Selain itu, ada juga produk lain seperti guaifenesin atau yang dikenal dengan sebutan expectorant yang membantu kamu mengencerkan dahak. 

Obat pengencer dahak di apotik dengan resep

Kalau dahak yang timbul di tenggorokan kamu disebabkan oleh penyakit tertentu, maka dokter akan memberikan resep obat untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

Salah satu penyakit penyebab adalah penyakit paru-paru kronis seperti cystic fibrosis.Obat untuk mengatasi penyakit ini antara lain adalah Dornase-Alfa.

Demikianlah berbagai obat pengencer dahak yang bisa kamu andalkan ketika kamu terganggu akan penyakit ini. Selalu jaga kondisi kesehatan kamu, ya!

Cara mengatasi dahak susah keluar tanpa obat

Selain mengonsumsi obat pengencer, kamu juga bisa mengatasi dahak yang susah keluar dengan beberapa trik.

Berikut beberapa cara mengatasi dahak yang susah keluar tanpa obat:

1. Pasang humidifier

Tahukah kamu, udara yang kering dapat mengiritasi hidung dan tenggorokan yang berujung produksi dahak meningkat.

Maka dari itu, kamu harus memastikan udara di ruangan kamu berada tetap lembab. Caranya, kamu bisa memasang humidifier.

2. Kompres hangat

Untuk membantu mengeluarkan dahak yang susah keluar tanpa obat, kamu dapat menggunakan waslap atau handuk bersih yang sudah direndam dengan air hangat.

Menghirup melalui kain lembab adalah cara cepat untuk mengembalikan kelembapan ke hidung dan tenggorokan. Panas akan membantu menghilangkan rasa sakit dan tekanan.

Menaruh waslap hangat di wajah dapat menenangkan sakit kepala akibat sinus yang berdenyut.

3. Posisikan kepala dengan baik

Berbaring dalam posisi kepala sejajar dengan tubuh dapat meningkatkan ketidaknyamanan. Sebab posisi ini dapat membuat dahak terasa seolah-olah terkumpul di bagian belakang tenggorokan.

Nah, saat kamu mengalami masalah dengan dahak, kamu sebaiknya tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dari badan.

4. Jangan ditahan!

Baik saat kamu batuk, atau merasa dahak naik dari paru-paru ke tenggorokan, maka jangan ditahan.

Batuk adalah cara tubuh menjaga sekresi keluar dari paru-paru dan tenggorokan. Jadi jangan ditahan ya, meludahkannya lebih sehat daripada menelannya.

Saat kamu ingin mengeluarkan dahak atau lendir dari tenggorokan atau sinus, jangan terlalu keras ya. Melakukannya terlalu keras dapat melukai sinus, menyebabkan rasa sakit, tekanan, dan kemungkinan infeksi.

5. Semprotan hidung saline

Melakukan irigasi pada saluran hidung dengan semprotan garam atau saline dapat membersihkan lendir dan alergen dari hidung dan sinus.

Carilah semprotan steril yang hanya mengandung natrium klorida, dan pastikan untuk menggunakan air steril atau suling saat mengairi.

6. Hindari makanan pemicu dahak

Meningkatnya produksi dahak juga bisa disebabkan oleh apa yang kamu konsumsi lho. Jadi pastikan kamu menghindari makanan penyebab refluks asam yang dapat sebabkan dahak.

Orang yang rentan terhadap heartburn harus menghindari makanan pemicu dan bertanya kepada dokter tentang manajemen yang tepat.

Ada baiknya kamu mengonsumsi banyak buah karena penelitian menyebut diet kaya serat dari buah, dan mungkin kedelai, dapat menyebabkan lebih sedikit masalah pernapasan yang terkait dengan dahak.

7. Hindari rokok, kafein, dan alkohol

Merokok dan paparan asap rokok dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak dahak dan lendir dan memperparah kondisi kamu.

Selain itu kamu juga perlu menghindari kafein serta alkohol karena kedua zat tersebut menyebabkan dehidrasi jika dikonsumsi secara berlebihan.

Ketika lendir dan dahak menjadi masalah, minumlah banyak minuman hangat yang tidak mengandung kafein.

Komplikasi dahak jika tidak diberi obat

Gejala dahak dapat disebabkan oleh proses infeksi yang dapat diobati dengan mudah. Namun, beberapa penyebab yang mendasari gejala dahak dapat menyebabkan komplikasi serius.

Berikut beberapa kemungkinan komplikasi apabila kamu tidak segera mengobati dahak dengan obat pengencer:

  • Anafilaksis
  • Tonsilitis kronis
  • Dehidrasi
  • Sulit tidur
  • Metastasis (penyebaran kanker )
  • Kerusakan organ
  • Edema paru
  • Infeksi dan kerusakan paru-paru yang berulang
  • Henti pernapasan dan gagal jantung
  • Sepsis (infeksi darah) dan syok septik
  • Penyebaran kanker

Kapan harus menghubungi dokter?

Umumnya, dahak yang kental adalah kondisi yang umum terjadi. Namun, dahak kental yang terjadi secara terus menerus bisa jadi tanda kondisi medis tertentu.

Berikut beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan dahak mengental:

  • Refluks asam
  • Alergi
  • Asma
  • Cystic fibrosis, meskipun kondisi ini biasanya didiagnosis sejak dini
  • Bronkitis kronis
  • Penyakit paru-paru lainnya

Kamu disarankan segera menghubungi dokter apabila dahak yang mengental terjadi selama lebih dari 1 bulan. Apalagi jika kamu mengembangkan beberapa gejala berbahaya berikut ini:

  • Warna kebiruan pada bibir, kuku, dan mungkin kulit
  • Nyeri dada, rasa sesak, atau tertekan
  • Batuk berdarah atau merah muda, dahak bernoda darah
  • Batuk mengeluarkan banyak lendir atau dahak berbusa
  • Penurunan tingkat kesadaran atau perubahan kewaspadaan termasuk kebingungan atau disorientasi
  • Kesulitan berbicara
  • Detak jantung cepat
  • Masalah pernapasan atau pernapasan termasuk tersedak, terengah-engah, sesak napas, tidak bernapas, stridor (pernapasan bernada tinggi), atau mengi
  • Sakit parah saat menelan, ketidakmampuan menelan, atau meneteskan air liur
  • Pembengkakan tiba-tiba pada lidah, bibir, mulut atau wajah, atau gatal – gatal di wajah atau leher

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

register-docotr