Info Sehat

7 Obat Sinusitis: Rumahan hingga Apotek

December 26, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Sinusitis adalah gangguan kesehatan yang umum terjadi. Meski begitu, seringkali penderitanya kebingungan mengatasinya, karena tidak menemukan obat sinusitis yang efektif.

Apa kamu juga mengalami hal yang sama? Jika iya, maka tak ada salahnya mencari tahu beberapa rekomendasi obat sinusitis berikut ini.

Apa itu sinusitis?

Sinus adalah rongga kecil di tengkorak yang biasanya berisi udara. Tugasnya adalah membuat lendir, yang membantu menjaga saluran hidung bersih dari alergen dan polutan.

Sinusitis sendiri adalah peradangan jaringan yang melapisi rongga tersebut. Dalam beberapa kasus, pembengkakan ini menghalangi sinus, memerangkap lendir dan udara di dalamnya, sehingga menyebabkan rasa sakit.

Baca juga: Cabut Bulu Hidung Sembarangan Bisa Berbahaya, Apa Saja Risikonya?

Obat sinusitis

Secara umum infeksi sinus dapat membaik dengan sendirinya. Namun kamu juga bisa membantu mempercepat proses penyembuhannya, dengan humidifikasi, pembersih hidung, dekongestan, antibiotik, maupun cara pengobatan lainnya.

Obat sinusitis rumahan

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk membantu meredakan gejala infeksi sinusitis, menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah.

1. Minum banyak air

Untuk membantu mengeluarkan virus dari sistem yang ada di dalam tubuh, pastikan kamu telah cukup terhidrasi. Jadi usahakan untuk minum setidaknya 0,2 liter air setiap 2 jam.

2. Makan makanan bersenyawa antibakteri

Untuk melawan virus, tambahkan makanan antibakteri seperti bawang putih, jahe, dan bawang bombai ke dalam masakan yang kamu buat.

Kamu juga bisa mencoba minum teh jahe dan menambahkan madu mentah, agar semakin mengoptimalkan kemampuan antibakteri dan antijamur yang ada di dalamnya.

3. Jaga suhu ruangan agar tetap lembap

Menjaga sinus tetap terhidrasi juga dapat membantu meredakan rasa sakit yang kamu alami. Cobalah untuk tidur menggunakan humidifier di dalam kamar, untuk membantu meredakan hidung tersumbat di malam hari.

Pada siang hari dan sebelum tidur, gunakan semprotan hidung yang mengandung cairan saline seperti air garam, untuk membantu memecah hidung tersumbat.

4. Mandi air panas secara teratur dan hirup udara lembap

Caranya mudah, kamu hanya perlu mengisi mangkuk dengan air mendidih dan bersandar di atasnya selama 10 menit. Tutupi kepala dan mangkuk dengan handuk tebal, serta jangan lupa atur jarak hidung sekitar 25 cm di atas air.

5. Bersihkan sinus dengan minyak

Minyak kayu putih juga dapat membantu membuka sinus dan menghilangkan lendir. Satu studi telah menemukan bahwa bahan utama dalam minyak kayu putih, cineole, bisa membantu penderita sinusitis akut pulih lebih cepat.

Untuk meringankan infeksi sinus atau saluran pernapasan bagian atas, gunakan minyak kayu putih secara eksternal di pelipis atau dada. Kamu juga bisa mengirupnya melalui diffuser saat minyak ditambahkan ke air mendidih.

Baca juga: Obat Alergi Chlorphenamine Maleate: Kenali Cara Kerja, Dosis, hingga Efek Sampingnya

Obat-obatan medis

Jika setelah melakukan pengobatan rumahan di atas kamu tidak kunjung merasa lebih baik, cobalah untuk membeli beberapa obat-obatan over the counter (OTC) sebagai berikut.

1. Obat sinusitis yang dijual bebas

Obat seperti pseudoephedrine (sudafed), diketahui dapat meredakan gejala sinusitis dengan cara mempersempit pembuluh darah.

Namun jika kamu memiliki tekanan darah tinggi, konsultasikan dengan dokter atau apoteker sebelum memutuskan mengonsumsi obat ini, ya. Biasanya penderita tekanan darah tinggi akan diberikan obat sinusitis khusus yang disebut Coricidin HBP.

Adapun untuk mengurangi nyeri yang disebabkan oleh penumpukan tekanan di saluran hidung, kamu bisa mengonsumsi obat-obatan seperti aspirin, acetaminophen (Tylenol), dan ibuprofen (Advil, Motrin).

2. Obat antibiotik untuk sinusitis

Pemberian resep antibiotik umumnya tidak akan dilakukan kecuali kamu menderita sinusitis kronis, atau jika infeksi sinus yang terjadi telah terbukti disebabkan oleh bakteri.

Ini karena penggunaan obat antibiotik tidak akan membantu infeksi sinus yang disebabkan oleh virus atau iritasi udara.

Pemberian obat antibiotik untuk sinusitis biasanya terdiri dari amoxicillin (Amoxil) yang diresepkan untuk infeksi sinus akut. Selain itu amoxicillin-clavulanate (Augmentin) juga dapat diberikan untuk infeksi sinus akibat bakteri.

Bergantung pada jenisnya, obat antibiotik untuk sinusitis dapat diminum dari 3 hingga 28 hari. Penting untuk minum antibiotik sesuai dengan jangka waktu yang disarankan oleh dokter, agar proses pemulihan bisa berjalan dengan optimal.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Sinusitis, https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK470383/#:~:text=Ten%20to%2014%20days%20of,a%20higher%20rate%20of%20resistance. Diakses pada 14 Desember 2020

9 Ways to Get Rid of a Sinus Infection, Plus Tips for Prevention, https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-sinus-infection#antibiotics Diakses pada 14 Desember 2020

Sinusitis Treatments and Home Remedies, https://www.webmd.com/allergies/sinusitis Diakses pada 14 Desember 2020

 

 

    Berita Terkait
    register-docotr