Info Sehat

Cara Menghubungkan Asuransi Kantor ke GoodDoctor, Mudah Cuma 4 Langkah!

June 28, 2022 | Santi Andriani
feature image

Memiliki asuransi kesehatan menjadi kebutuhan penting untuk mendapatkan proteksi kesehatan hingga meringankan biaya perawatan saat sakit. Umumnya, perusahaan menyediakan fasilitas asuransi kesehatan untuk para karyawannya. Untuk memudahkan penggunanya, sudah tahukah kamu cara menghubungkan asuransi kantor ke GoodDoctor?

Pentingnya memiliki asuransi rawat jalan

Pada asuransi rawat jalan, biaya pengobatan rawat jalan akibat penyakit yang tidak memerlukan perawatan dengan menginap di rumah sakit, akan ditanggung oleh asuransi. Biasanya, asuransi rawat jalan ini merupakan tambahan dari manfaat asuransi rawat inap yang sudah dimiliki peserta.


Asuransi rawat jalan biasanya akan menanggung biaya konsultasi ke dokter, medical check-up, perawatan gigi, dan perawatan lainnya yang tidak membutuhkan rawat inap.

Baca Juga: Penting! Ini Perbedaan Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan!

Begini cara menghubungkan asuransi kantor ke GoodDoctor

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi GoodDoctor untuk rawat jalan online dan cashless. Berikut tahapan cara menghubungkan asuransi kantor ke GoodDoctor:

Langkah pertama

  • Unduh dan masuk ke aplikasi Good Doctor. Lalu klik “Benefit Auransi dan Perusahaan”

Langkah kedua

  • Klik “Hubungkan”

Langkah ketiga

  • Lalu klik logo asuransi yang kamu miliki

Langkah keempat

Masukkan “ID Kepesertaan” dan lengkapi data, lalu klik “Validasi”.

Sumber: GoodDoctor

Mulai chat dengan dokter

Setelah tahapan cara menghubungkan asuransi kantor ke GoodDoctor kamu berhasil, kamu dapat mulai melakukan konsultasi dengan dokter terkait mengenai masalah kesehatan maupun membeli obat menggunakan jaminan asuransi kantor.

Ini tahapannya:

  1. Kembali ke halaman awal dan klik “Konsultasi Dokter”
  2. Kemudian pilih “Priority Doctor/Dokter Prioritas”
  3. Setelah selesai, transaksi akan secara otomatis memotong benefit rawat jalan asuransi kamu
  4. Jika kamu mendapatkan rekomendasi obat dari dokter, klik “Checkout”. Kemudian obat akan diantar langsung oleh Grab.
sumber: GoodDoctor

Manfaat asuransi rawat jalan

Ada beberapa manfaat asuransi rawat jalan yang bisa kamu gunakan:

Memberikan perlindungan kesehatan
Asuransi rawat jalan akan memudahkan kamu mendapat berbagai tindakan pengobatan tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan untuk beberapa hal seperti membeli obat, rehabilitasi hingga konsultasi ke dokter. Namun pastikan rumah sakit yang kamu kunjungi telah bekerja sama dengan asuransimu.

Meringankan biaya rawat jalan
Kondisi finansial memengaruhi kemampuan seseorang untuk mendapatkan layanan kesehatan yang baik. Jika memiliki asuransi rawat jalan, kamu tidak perlu khawatir saat mengalami sakit di waktu yang tidak terduga. Ini karena pihak asuransi akan membiayai perawatanmu, sehingga akan meringankan beban biaya yang harus dikeluarkan.

Lebih efisien dari segi waktu dan cara pembayaran
Memiliki asuransi kesehatan juga akan membuat pengobatan rawat jalan menjadi lebih efisien. Hanya dengan menunjukkan kartu asuransi, maka pihak rumah sakit dapat segera melakukan penanganan yang diperlukan tanpa perlu menanyakan biaya administrasi pada pasien terlebih dahulu. Selain itu, cara pembayaran menggunakan asuransi juga lebih mudah karena pihak rumah sakit langsung melimpahkan beban pembayaran kepada pihak asuransi.

Pasien merasa aman dan nyaman

Dengan menggunakan asuransi kesehatan, pasien mendapatkan rasa aman dan nyaman saat berobat rawat jalan. Ini karena kamu tidak perlu lagi memikirkan biaya berobat apabila sewaktu-waktu mengalami sakit.

Baca Juga: Tenang dan Nyamannya Pengobatan Rawat Jalan karena Di-cover Asuransi

Tips memilih asuransi kesehatan yang tepat

Untuk memilih asuransi kesehatan, kamu harus cermat dan memahami secara detail agar asuransi yang kamu miliki memberikan manfaat sesuai dengan yang dibutuhkan.

Inilah beberapa tips memilih asuransi kesehatan:

Beli asuransi kesehatan saat sehat

Sebaiknya belilah asuransi kesehatan saat kamu dalam kondisi yang sehat. Ini akan memberikan manfaat perlindungan kesehatan di saat sakit. Biasanya perusahaan asuransi tidak akan menyetujui permohonan apabila kamu membuat asuransi dalam kondisi sedang sakit.

Pilih asuransi kesehatan murni

Pilihlah asuransi kesehatan murni, yaitu asuransi yang berdiri sendiri dan bukan asuransi tambahan dari asuransi jiwa. Premi dan manfaat asuransi kesehatan murni akan fokus pada asuransi kesehatan sehingga tidak dibagi dengan premi asuransi jiwa. Sehingga, asuransi murni akan memberikan fasilitas yang maksimal.

Pahami keseluruhan produk

Pahami seluruh produk asuransi kesehatan sebelum membelinya. Kamu perlu membaca dengan teliti dan memahami seluruh manfaat asuransi yang ditawarkan.

Beberapa manfaat yang umum ditawarkan oleh produk asuransi kesehatan, seperti fasilitas rawat inap, perawatan gigi, rawat jalan, hingga operasi atau pembedahan.

Tak hanya konsultasi kesehatan, melalui Aplikasi Good Doctor kamu juga bisa lakukan Lab Test serta Medical Check Up di beberapa rumah sakit dan labotarium yang telah bekerja sama dengan kami.

Sudah punya asuransi kesehatan dari perusahaan tempatmu bekerja? Ayo, manfaatkan layanannya dengan menghubungkan benefit asuransi milikmu ke aplikasi Good Doctor! Klik link ini, ya.

Reference
  1. Industry.co.id (2022) diakses 17 Juni 2022. Mengetahui Manfaat Asuransi Rawat Jalan Serta Rekomendasi Terbaiknya
  2. Cermati.com (2021) diakses pada 17 Juni Maret 2022. 5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan
    register-docotr