Info Sehat

Tenang dan Nyamannya Pengobatan Rawat Jalan karena Di-cover Asuransi

May 17, 2022 | Arianti Khairina | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Hingga saat ini masih banyak sekali orang yang menyepelekan asuransi kesehatan. Padahal dengan memiliki asuransi, kamu bisa mendapatkan berbagai macam fasilitas pengobatan seperti rawat jalan. Lebih lengkapnya, berikut penjelasan pentingnya memiliki asuransi rawat jalan.

Apa itu asuransi rawat jalan?

Asuransi rawat jalan adalah sebuah layanan kesehatan yang akan menanggung biaya konsultasi dokter, medical check-up, perawatan gigi, dan lainnya tanpa harus rawat inap di rumah sakit. Jadi sederhananya, asuransi kesehatan ini hanya akan memberikan fasilitas bagi kamu yang menjalankan rawat dan berobat jalan saja. 

Manfaat asuransi rawat jalan

1. Menawarkan perlindungan kesehatan untuk pasien rawat jalan

Dengan adanya asuransi rawat jalan akan memudahkan kamu melakukan berbagai tindakan pengobatan. Pasien rawat jalan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk beberapa hal seperti pembelian obat, rehabilitasi hingga konsultasi ke dokter.

Namun, penggunaan asuransi ini akan bergantung pada rumah sakit yang dipilih. Maksudnya, apakah rumah sakit yang kamu tuju sudah memiliki kerjasama atau memenuhi syarat tertentu dari perusahaan asuransi.

2. Meminimalisir beban finansial

Seperti yang kita ketahui kondisi ekonomi negara saat ini memang sangat terpengaruh akibat pandemi. Hal ini pun tentu juga berpengaruh pada sebagian kondisi finansial masing-masing keluarga. 

Namun dengan memiliki asuransi rawat jalan, kamu tidak perlu lagi khawatir apabila mengalami sakit di waktu tak terduga. Alasannya, karena pihak asuransi yang akan membiayai perawatan, sehingga dapat meringankan beban finansial.

3. Investasi masa depan

Asuransi kesehatan juga bisa menjadi salah satu investasi di masa depan. Ini bisa menjadi bagian penting dari perencanaan keuangan untuk keluarga. Sederhananya, dengan asuransi kesehatan kamu akan memiliki dana cadangan saat terjadi kondisi tidak terduga. 

Nantinya, pihak asuransi bisa mencairkan uang jaminan yang telah ditabung setiap bulan untuk berbagai kebutuhan kesehatan. 

Uang jaminan yang dimaksud adalah, biaya dengan jumlah tertentu yang harus kamu bayar setiap bulannya kepada pihak asuransi kesehatan. Berawal dari sinilah, kamu bisa sekaligus belajar untuk merencanakan keuangan dengan baik setiap bulannya. 

Perencanaan keuangan pun akan lebih aman di masa depan. Premi yang kamu tabung setiap bulan tersebut bisa sangat membantu kebutuhan kesehatan di masa depan. 

4. Waktu hingga cara pembayaran pengobatan lebih efisien

Ketika menjalani pengobatan rawat jalan, kamu akan membutuhkan asuransi kesehatan yang bisa membuat waktu lebih efisien. Selain itu juga cara pembayaran yang mudah. Hal itu penting agar memberikan pengalaman yang nyaman bagi para pasien rawat jalan. 

Hanya dengan menunjukkan kartu asuransi, maka pihak rumah sakit dapat segera melakukan penanganan tanpa perlu menanyakan biaya administrasi pada pasien. Waktu dan cara pembayarannya juga jadi lebih efisien karena, pihak rumah sakit langsung melimpahkan beban pembayaran kepada pihak asuransi.

5. Memberi rasa aman dan nyaman kepada pasien rawat jalan

Manfaat asuransi rawat jalan yang terakhir adalah juga memberikan rasa aman, tenang, dan nyaman. Penawaran yang diberikan untuk menanggung rawat jalan, tentu membuat kamu tidak khawatir akan masa depan. 

Pasalnya kamu akan memiliki perlindungan atau proteksi kesehatan yang dapat dipakai kapan saja apabila dibutuhkan. Sehingga, tidak perlu lagi mengeluarkan biaya pengobatan dalam jumlah banyak.

Tips memilih asuransi rawat jalan yang tepat

Kamu juga harus memilih layanan asuransi yang tepat agar bisa menjamin kondisimu di masa depan dan mendapatkan berbagai fasilitas kesehatan terbaik. Agar tidak salah, perhatikan tips memilih asuransi yang tepat berikut ini, yuk: 

1. Pilih asuransi yang menawarkan sistem cashless

Tips memilih asuransi yang pertama adalah pastikan layanan asuransi menggunakan sistem cashless, di mana nantinya hanya perlu menunjukkan bukti keanggotaan berupa kartu saat berobat.

Selain itu, sistem cashless pada asuransi kesehatan juga sangat membantu ketika berada pada kondisi mendesak seperti tidak membawa uang tunai atau terburu-buru. 

2. Pilih asuransi yang memiliki kerjasama dengan rumah sakit berkualitas

Selanjutnya, kamu harus baca secara rinci rumah sakit mana saja yang menjalin kerjasama dengan pihak asuransi. 

Tak hanya sekadar menjalin kerjasama dengan banyak rumah sakit, tetapi juga pastikan memiliki kualitas tinggi yang lokasinya tidak jauh dari tempat tinggal. Sehingga, kamu bisa mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik meskipun dalam keadaan darurat. 

3. Pilih kategori asuransi kesehatan murni

Perlu dipahami terlebih dahulu bahwa asuransi kesehatan murni adalah asuransi  yang berdiri sendiri dan bukan asuransi tambahan (rider). Nantinya asuransi kesehatan murni ini akan menjadi bagian dari asuransi jiwa unit link. Maka premi asuransi kesehatan yang kamu bayar akan memberikan pertanggungan yang maksimal. 

4. Menawarkan fasilitas rawat jalan baik secara online maupun offline

Perkembangan teknologi saat ini memudahkan kamu untuk menjalani pengobatan rawat jalan baik secara online maupun offline. Apalagi di masa pandemi, banyak orang lebih memilih pengobatan rawat jalan secara online untuk menghindari penularan virus. 

Oleh karena itu, memiliki asuransi kesehatan yang bisa cover seluruh pengobatan online dan offline adalah pilihan paling tepat. Ini akan membuat kamu lebih mudah menentukan pengobatan apa yang akan dijalankan. 

5. Pilih asuransi kesehatan yang sesuai kebutuhan

Setiap produk asuransi kesehatan pasti memiliki manfaat dan biaya yang berbeda-beda. Namun, asuransi yang terbaik adalah ketika kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. 

Hindari untuk memilih asuransi kesehatan yang justru mengejar manfaat tidak terlalu penting. Selain akan menghabiskan uang begitu saja, kamu juga jadi tidak bisa menikmati fasilitas kesehatan asuransi secara maksimal. 

Kamu juga bisa dapatkan produk asuransi rawat jalan yang bisa diakses secara online maupun offline ini melalui Good Doctor. Selain itu, akan ada juga tambahan pengobatan rawat inap.

Baca juga: Hasil Survei: Ini Alasan Kamu Perlu Asuransi Kesehatan

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!

Sudah punya asuransi kesehatan dari perusahaan tempatmu bekerja? Ayo, manfaatkan layanannya dengan menghubungkan benefit asuransi milikmu ke aplikasi Good Doctor! Klik link ini, ya.

Reference
  1. Industry.co.id (2022) diakses pada 16 Maret 2022. Mengetahui Manfaat Asuransi Rawat Jalan Serta Rekomendasi Terbaiknya
  2. Cermati.com (2021) diakses pada 16 Maret 2022. Manfaat dan Cara Memilih Produk Asuransi Rawat Jalan yang Tepat
  3. Qoala.app (2021) diakses pada 16 Maret 2022. 10 Alasan Pentingnya Asuransi Kesehatan untuk Kamu Miliki
  4. Dana.id (2021) diakses pada 16 Maret 2022. Empat Alasan Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan di Masa Pandemi
  5. Qoala.app (2020) diakses pada 16 Maret 2022. Asuransi Kesehatan Murni: Dari Keuntungan, Daftar, hingga Tips
    register-docotr