Kehamilan

Perut Gatal Saat Hamil: Penyebab dan Cara Tepat Mengatasinya

February 28, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Perut gatal saat hamil termasuk hal yang sangat umum terjadi. Namun demikian, kondisi ini bisa mengganggu kenyamanan ibu hamil.

Keluhan gatal pada perut bisa diatasi dengan berbagai penanganan. Nah, untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi perut gatal saat hamil, yuk simak penjelasan lebih lengkap berikut!

Baca juga: Begini Tanda Rahim Sudah Bersih atau Belum setelah Alami Keguguran

Apa penyebab perut gatal saat hamil?

Dilansir Baby Center, hormon kehamilan bisa membuat kulit menjadi lebih kering dan gatal dari biasanya. Perubahan ini juga dapat membuat ruam yang tidak berbahaya, seperti gatal-gatal di mana dikenal dengan urtikaria atau ruam jelatang.

Iritasi kulit pada wanita hamil cenderung muncul selama bulan kelima atau keenam. Kondisi ini bisa benar-benar terlihat jelas seiring berjalannya waktu. Biasanya, penyebab perut gatal saat hamil dapat berupa:

Iritasi kulit

Saat perut dan payudara membesar, kulit di sekitarnya akan ikut meregang. Karena itu, kamu mungkin melihat adanya stretch mark, kemerahan, dan gatal di area tersebut. 

Perlu diketahui, lecet dari pakaian atau gesekan kulit ke kulit juga dapat memperburuk keadaan. Tak jarang, beberapa faktor pemicu ini bisa menyebabkan munculnya ruam dan iritasi yang cukup parah di kulit. 

Eksim

Penyebab lain dari perut gatal saat hamil adalah eksim. Eksim sendiri merupakan salah satu iritasi kulit yang paling umum terjadi selama masa kehamilan. Bahkan, wanita tanpa riwayat iritasi dan peradangan dari eksim dapat mengembangkannya pada dua trimester pertama.

Gejala eksim yang mungkin bisa dirasakan, termasuk gatal, ruam, peradangan, dan munculnya sensasi seperti terbakar. Eksim yang terjadi pertama kali selama kehamilan disebut atopik erupsi atau AEP.

Bercak kulit yang meradang biasanya muncul di sekitar lutut, siku, pergelangan tangan, serta leher. Kondisi ini umumnya tidak akan memengaruhi bayi dan bisa menghilang dengan sendirinya setelah melahirkan.

Psoriasis

Selain eksim, penyebab perut gatal saat hamil adalah psoriasis. Psoriasis merupakan salah satu masalah kulit yang umumnya akan menyebabkan munculnya bercak merah tebal, gatal, dan kulit kering

Jika kamu menderita psoriasis, kondisi ini biasanya akan membaik selama kehamilan. Namun, dalam artikel yang dipublikasikan di Expert Review of Clinical Immunology menyebutkan bahwa beberapa wanita akan terus mengalami masalah kulit ini.

Bagaimana cara mengatasi perut gatal saat hamil?

Masalah perut gatal saat hamil bisa diatasi secara mandiri di rumah tanpa perlu tindakan medis yang serius. Beberapa cara tepat dan mudah untuk mengurangi rasa gatal di perut selama kehamilan, yakni sebagai berikut:

Mandi dengan oatmeal

Untuk gatal yang disebabkan oleh peregangan kulit atau lecet, eksim, serta psoriasis, maka kamu bisa mencoba mandi oatmeal hangat. Campurkan beberapa bahan, seperti gandum, soda kue, dan susu bubuk.

Kemudian masukkan ¼ cangkir campuran ini ke dalam air mandi dan berendam selama 20 menit.

Jika kamu menggunakan resep yang membutuhkan minyak esensial, tanyakan kepada dokter sebelum memasukkannya ke dalam campuran. Beberapa tidak aman untuk kehamilan sehingga kamu bisa memilih tanpa menggunakan minyak esensial.

Gunakan losion dan salep

Terdapat sejumlah losion dan salep yang dapat membantu menenangkan iritasi kulit pada ibu hamil. Salah satunya yakni cocoa butter.

Oleskan cocoa butter di pagi hari setelah mengeringkan badan seusai mandi dan di malam hari sebelum tidur. Apabila kamu menderita eksim, bicarakan dengan dokter sebelum menggunakan losion.

Banyak losion yang tidak dianjurkan selama kehamilan atau hanya dapat digunakan dalam dosis kecil. Usahakan untuk menghindari pemicu dan alergen yang dapat memperburuk kondisi kulit. 

Gunakan pakaian longgar

Untuk mencegah lecet, kenakanlah pakaian longgar dan nyaman yang terbuat dari serat alami, seperti katun. Pakaian dari serat alami dan longgar memungkinkan tubuh untuk bergerak dan kulit dapat bernapas.

Jika gatal menjadi parah dan terkonsentrasi di telapak tangan atau telapak kaki disertai dengan mual, segera hubungi dokter. Bisa jadi ini merupakan kondisi berbahaya dan memerlukan pengobatan medis.

Baca juga: Olahraga untuk Ibu Hamil: Pilihan Latihan yang Boleh dan Tak Dianjurkan

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Very Well Family (2020), diakses 22 Februari 2021. Tips for Dealing With an Itchy Belly During Pregnancy
  2. What to Expect (2020), diakses 22 Februari 2021. Itchy Belly During Pregnancy
  3. Healthline (2015), diakses 22 Februari 2021. Dealing with Itchy Skin During Pregnancy
  4. Babycentre (2020),diakses 22 Februari 2021. Itchy skin during pregnancy
    register-docotr