Kehamilan

Begini Tanda Rahim Sudah Bersih atau Belum setelah Alami Keguguran

February 18, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Keguguran menjadi pengalaman sulit bagi wanita, terutama jika keadaan diperburuk dengan komplikasi. Penyebab keguguran bisa terjadi karena hal-hal di luar kendali dan terkadang tidak disadari.

Biasanya, keguguran terjadi sebelum 20 minggu usia kehamilan, di mana sebagian besar terjadi dalam 12 minggu pertama. Nah, bagaimana tanda rahim sudah bersih setelah keguguran? Untuk lebih jelasnya yuk simak penjelasan berikut.

Baca juga: Keguguran Tanpa Disadari: Penyebab dan Gejala yang Perlu Diketahui

Tanda ibu hamil alami keguguran

Dilansir dari Healthline, kehamilan yang diketahui berakhir dengan keguguran mencapai hingga 20 persen. Sebagian besar terjadi dalam 12 minggu pertama dan dianggap sebagai keguguran dini.

Tanda-tanda keguguran pada wanita bisa meliputi:

  • Perdarahan dari vagina yang mungkin cukup berat
  • Nyeri di perut bagian bawah yang terasa seperti kram menstruasi
  • Tanda-tanda kehamilan yang ada sudah hilang.

Wanita berusia akhir 30an atau 40an lebih cenderung mengalami keguguran daripada wanita yang lebih muda. Keguguran biasanya akan diatasi dengan prosedur dilatasi dan kuretase (D&C), yakni prosedur pembedahan oleh dokter ahli.

Bagaimana tanda rahim sudah bersih setelah keguguran?

Setelah prosedur pembersihan, tanda rahim sudah bersih akan mulai dirasakan. Beberapa tanda dan gejala rahim yang sudah bersih setelah wanita mengalami keguguran, antara lain sebagai berikut:

Perdarahan sudah berhenti

Perdarahan vagina bisa berlangsung seminggu setelah keguguran terjadi. Perlu diketahui, perdarahan sendiri merupakan hal normal karena termasuk bagian dari keguguran. Karena itu, jika perdarahan berhenti maka menandakan bahwa rahim sudah bersih.

Selama proses pembersihan rahim, kamu tidak boleh memasukkan apapun ke dalam area vagina termasuk menggunakan douche atau berhubungan seksual setidaknya selama 2 minggu atau sampai perdarahan berhenti.

Rasa nyeri hilang

Tanda rahim sudah bersih lainnya adalah rasa nyeri yang mereda atau hilang. Meskipun akan mengalami kram dan ketidaknyamanan selama atau setelah prosedur, biasanya rasa sakit akan berkurang.

Kram ringan selama beberapa hari setelah prosedur D&C akan dirasakan. Karena itu, dokter akan memberikan beberapa jenis anestesi atau pereda nyeri untuk mengurangi rasa sakit setelah keguguran terjadi.

Menstruasi kembali normal

Kehamilan pada wanita biasanya ditandai dengan berhentinya masa menstruasi. Sementara itu, jika untuk wanita yang mengalami keguguran maka perdarahan merupakan tanda awal yang sangat umum. 

Ketika menstruasi sudah kembali normal atau dalam empat hingga enam minggu, hal tersebut menjadi tanda bahwa rahim sudah bersih. Tak hanya itu, kondisi ini juga menandakan jika kamu sudah siap untuk hamil lagi.

Hilangnya bau tidak sedap pada vagina

Bau tidak sedap pada vagina merupakan gejala yang muncul ketika rahim belum bersih dari sisa jaringan janin yang keguguran. Namun, jika kamu melakukan pembersihan maka biasanya bau tidak sedap ini akan berkurang dan menghilang.

Gejala mual menghilang

Tanda rahim sudah bersih setelah keguguran adalah gejala mual yang menghilang. Perlu diketahui, setelah prosedur dilatasi dan kuretase kamu mungkin berpotensi mengalami efek samping berupa mual.

Karena itu, tanyakan segera dengan dokter jika gejala semakin memburuk dan mengganggu.

Kapan bisa melanjutkan aktivitas setelah keguguran?

Setelah keguguran, wanita bisa melanjutkan aktivitas normal segera setelah kamu merasa nyaman. Biasanya, kamu akan kembali ke rutinitas dalam beberapa minggu namun harus menghindari apapun yang memengaruhi kesehatan fisik.

Kehilangan seorang anak memang menjadi salah satu hal terburuk yang dialami seorang wanita. Akan tetapi, menjadi kuat secara fisik dan mental bisa membantu proses penyembuhan lebih cepat.

Semakin cepat kamu sembuh, maka kesempatan mendapatkan bayi juga semakin mudah. Bagi sebagian besar wanita, keguguran hanya terjadi satu kali dan indikasi kesuburan akan didapatkan di masa depan.

Baca juga: Hasil Testpack Samar, Apakah Menandakan Hamil?

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Webmd (2019), diakses 17 Februari 2021. What Is a Miscarriage?
  2. What to Expect (2020), diakses 17 Februari 2021. Postpartum Recovery After a Pregnancy Loss
  3. Healthline (2020), diakses 17 Februari 2021. Having a D&C Procedure After a Miscarriage
  4. American Pregnancy Association (2017), diakses 17 Februari 2021. D&C Procedure After a Miscarriage
  5. Mayo Clinic (2019), diakses 17 Februari 2021. Dilation and curettage (D&C)
  6. Firstcry.com (2019), diakses 17 Februari 2021. How to Heal After a Miscarriage
    register-docotr