Kulit & Perawatan Tubuh

Cara Pakai Tamanu Oil, Bisa untuk Masker hingga Pelembap Wajah

February 28, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Cara pakai tamanu oil memang harus sesuai agar tidak mengakibatkan efek samping berbahaya untuk kulit. Perlu diketahui, tamanu oil adalah perawatan yang telah lama digunakan untuk meningkatkan kesehatan rambut dan kulit.

Minyak yang diekstrak dari biji pohon laurelwood atau Calophyllum inophyllum ini dapat mengatasi berbagai kondisi kulit wajah, termasuk jerawat. Nah, untuk mengetahui cara pakai tamanu oil dengan tepat yuk simak penjelasan lebih lanjutnya berikut.

Baca juga: Pakai Sheet Mask Setiap Hari, Boleh atau Tidak?

Mengenal tamanu oil

Dilansir dari Healthline, tamanu oil dan bagian lain dari pohon kacang tamanu telah digunakan secara medis selama ratusan tahun.

Tamanu oil biasanya dijadikan sebagai pengobatan alami oleh budaya Asia, Afrika, dan Kepulauan Pasifik tertentu. Saat ini, kamu sudah bisa menemukan tentang kegunaan tamanu oil untuk kulit.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa minyak tamanu dapat mencegah pertumbuhan tumor pada pasien kanker, mengobati vaginitis, dan mengurangi gejala pada penderita HIV. 

Apa manfaat dari tamanu oil?

Manfaat tamanu oil lainnya, yakni sebagai berikut:

Perawatan jerawat

Sebuah studi pada 2015 menemukan bahwa minyak tamanu memiliki aktivitas antibakteri dan penyembuhan luka yang tinggi terhadap strain bakteri penyebab jerawat.

Bersama dengan kemampuannya untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, tamanu oil juga dapat membantu mengobati jerawat yang meradang.

Perawatan bekas jerawat

Sejumlah penelitian biologis telah menunjukkan bahwa minyak tamanu memiliki khasiat dalam penyembuhan luka dan regenerasi kulit. Minyak tamanu juga kaya akan antioksidan yang telah terbukti bermanfaat dalam perawatan jaringan parut, bekas jerawat.

Bagaimana cara pakai tamanu oil untuk kecantikan?

Tamanu oil merupakan minyak serbaguna yang bahkan sudah banyak digunakan untuk meningkatkan kesehatan kulit wajah. Seorang ahli kimia kosmetik Ron Robinson, mengatakan tamanu oil dapat digunakan dalam perawatan kulit sebagai masker, pelembap, dan bahkan perawatan noda.

Cara pakai tamanu oil sebagai masker

Cara pakai tamanu oil sebagai masker cukup mudah, yakni dengan mencampurkan dengan bahan dasar pelembap lain seperti madu Manuka atau lidah buaya. Oleskan masker ini, diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

Sebagai pelembap

Selain masker, tamanu oil juga bisa dijadikan sebagai pelembap dengan mencampurkan beberapa tetes minyak ke dalam krim. Cara pakai tamanu oil sebagai pelembap adalah dengan mengaplikasikan campuran minyak tamanu dengan krim kamu dan pijat secara perlahan ke kulit.

Cara pakai tamanu oil yakni sebagai perawatan noda wajah

Cara pakai tamanu oil selanjutnya adalah dengan mengoleskan minyak pada area yang bermasalah, seperti jerawat.

Namun, karena tidak semua produk tamanu oil dibuat dengan cara yang sama maka disarankan untuk mengikuti petunjuk khusus tentang bagaimana dan berapa dosis pemakaiannya.

Jika kamu khawatir tentang kemungkinan reaksi, uji sedikit pada lengan atau gunakan lebih jarang dan tingkatkan jika tidak muncul masalah.

Perlu diketahui pula, tidak ada cukup bukti ilmiah untuk memastikan dosis minyak tamanu yang efektif dan aman. Dosis yang tepat untuk kamu mungkin tergantung pada kondisi yang ingin dirawat, usia, jenis jelamin, dan kesehatan secara menyeluruh. 

Adakah efek samping penggunaan tamanu oil?

Biasanya, label produk tamanu oil memperingatkan agar minyak tidak tertelan atau terkena mata. Minyak tamanu juga tidak disarankan untuk digunakan pada luka yang terbuka.

Karena itu, jika kamu memiliki luka yang besar maka pastikan untuk mencari pengobatan dari dokter. Minyak tamanu hanya dianggap sebagai suplemen kesehatan sehingga tidak diatur oleh U.S Food and Drug Administration (FDA)

Perlu diketahui bahwa kontak dengan minyak tamanu dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Hal ini dikarenakan minyak tamanu diperas dari kacang pohon laurelwood sehingga penderita alergi harus menghindari penggunaannya.

Apabila kamu mengalami gatal, kemerahan, iritasi, atau efek merugikan lain saat menggunakan tamanu oil, segera hentikan pemakaian. Konsultasikan bersama dokter untuk menghindari efek samping berbahaya lainnya.

Baca juga: Rambut Tumbuh ke Dalam: Penyebab dan Cara Tepat untuk Mengatasinya

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Very Well Health (2020), diakses 22 Februari 2021. The Health Benefits of Tamanu Oil
  2. Healthline (2019), diakses 22 Februari 2021. Everything You Need to Know About Tamanu Oil
  3. Byrdie.com (2020), diakses 22 Februari 2021. Here’s What Dermatologists Think About Using Tamanu Oil for Your Skin
  4. Mindbodygreen.com (2020), diakses 22 Februari 2021. This Lesser-Known Oil Is The Ultimate Ingredient For Acne-Prone Skin
    register-docotr