Kulit & Perawatan Tubuh

Rambut Tumbuh ke Dalam: Penyebab dan Cara Tepat untuk Mengatasinya

February 20, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Rambut tumbuh ke dalam bisa terasa sakit dan mengganggu. Kondisi ini biasanya menyerang orang-orang dengan rambut tebal dan keriting, serta mungkin bisa menyebabkan infeksi parah jika tidak segera ditangani.

Mencegah pertumbuhan rambut ke dalam dapat dilakukan di rumah, meskipun bisa ditangani bersama dokter. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab dan cara mengatasi pertumbuhan rambut ke dalam yuk simak penjelasan berikut.

Baca juga: Pakai Sheet Mask Setiap Hari, Boleh atau Tidak?

Apa penyebab rambut tumbuh ke dalam?

Dilansir Medical News Today, pertumbuhan rambut ke dalam adalah rambut yang melengkung kembali ke dalam kulit alih-alih ke luar dari permukaan kulit. Secara medis, pertumbuhan rambut ke dalam ini dikenal sebagai pseudofolliculitis barbae.

Pertumbuhan rambut ke dalam dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, termasuk jenggot, kaki, ketiak, dada, dan daerah kemaluan. Beberapa penyebab pertumbuhan rambut ke dalam, antara lain sebagai berikut.

Penghilangan rambut yang tidak tepat

Penyebab paling umum dari rambut tumbuh ke dalam adalah teknik mencukur yang tidak tepat. Memotong rambut sangat dekat dengan kulit dapat menciptakan ujung yang sangat tajam di setiap rambut.

Sebagian besar rambut ini akan tumbuh kembali tanpa masalah apapun. Namun, beberapa rambut bisa menggulung kembali dan tumbuh ke dalam kulit. Ketika hal ini terjadi, tubuh merespons rambut sebagai pengganggu sehingga menyebabkan peradangan.

Mencukur bukan satu-satunya penyebab pertumbuhan rambut ke dalam, tetapi bisa juga karena waxing atau cabut rambut. Rambut yang dicabut akan tumbuh kembali melalui folikel sehingga mungkin tidak sampai ke permukaan kulit sebelum berbalik dan menyumbat.

Folikel tersumbat

Folikel rambut juga mungkin tersumbat oleh kulit mati dan kotoran. Jika ini terjadi, rambut di folikel bisa tersangkut atau tumbuh menyamping ke dalam kulit.

Nantinya kondisi ini berisiko dapat menyebabkan pertumbuhan rambut ke dalam. Dalam beberapa kasus, rambut juga bisa terlihat tumbuh di bawah permukaan kulit.

Gesekan oleh pakaian ketat

Penyebab lain pertumbuhan rambut ke dalam adalah gesekan oleh pakaian ketat dalam waktu lama. Gesekan akibat gerakan tubuh sepanjang hari juga bisa menggosokkan rambut ke kulit secara terus-menerus. Kondisi ini menyebabkan rambut berbalik dan mendorong kembali ke dalam folikel.

Cara mengatasi rambut tumbuh ke dalam

Jika rambut tumbuh ke dalam mengganggu atau terinfeksi, maka dokter dapat membuat sayatan kecil dengan jarum untuk melepaskannya. Tak hanya itu, dokter juga mungkin meresepkan obat-obatan seperti:

  • Steroid. Obat ini diberikan untuk membantu meredakan pembengkakan dan iritasi.
  • Retinoid atau Retin-A. Biasanya digunakan untuk mengangkat sel kulit mati dan mengurangi perubahan pada pigmen kulit.
  • Antibiotik. Obat ini bisa diminum atau dioleskan ke kulit untuk mengobati infeksi.

Pertumbuhan rambut ke dalam memang mengiritasi, namun seringkali dapat dengan mudah dirawat di rumah. Beberapa perawatan rumahan untuk membantu mengatasi pertumbuhan rambut ke dalam, yakni berupa:

Gunakan waslap hangat atau sikat gigi lembut

Pertumbuhan rambut ke dalam bisa dikeluarkan dengan menggunakan waslap hangat dan sikat gigi yang lembut. Setelah merendam waslap dalam air hangat, oleskan ke area pertumbuhan rambut ke dalam untuk menghangatkan dan mengendurkan pori-pori atau folikel.

Menggosok kain lap dengan gerakan memutar yang lembut dapat meluruskan rambut. Jika ini tidak berhasil, menggosokkan sikat gigi yang lembut dengan gerakan serupa ke area tersebut dapat membantu membuka folikel dan melepaskan rambut.

Hindari iritasi

Langkah pertama untuk merawat rambut tumbuh ke dalam adalah berhenti melakukan hal-hal yang dapat menyebabkan iritasi. Orang mungkin perlu berhenti mencukur, waxing, atau mencabut area di sekitar area pertumbuhan rambut ke dalam.

Menggaruk area yang gatal akibat pertumbuhan rambut ke dalam juga perlu dihindari. Selain itu, orang harus mengenakan pakaian longgar di area sekitar rambut untuk menghindari terjadinya gesekan.

Eksfoliasi alami

Gunakan sabun lembut untuk membersihkan area di sekitar area pertumbuhan rambut ke dalam dan mencegah infeksi.

Tak hanya itu, menggunakan eksfoliasi alami juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Pengelupasan bisa membersihkan kulit yang meradang dan iritasi di sekitar rambut.

Baca juga: Mencukur Sering Bikin Rambut Tumbuh ke Dalam? Ini Cara Mengatasinya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Cleveland Clinic (2018), diakses 15 Februari 2021. Ingrown Hair
  2. Mayo Clinic (2020), diakses 15 Februari 2021.  Ingrown hair
  3. Webmd (2020), diakses 15 Februari 2021. Ingrown Hair
  4. Medical News Today (2017), diakses 15 Februari 2021. How to deal with an ingrown hair
    register-docotr