Kulit & Perawatan Tubuh

Pakai Sheet Mask Setiap Hari, Boleh atau Tidak?

February 1, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Pakai sheet mask setiap hari terkadang disarankan, terutama jika memiliki jenis kulit wajah yang kering. Namun, penggunaan sheet mask tetap bergantung pada kebutuhan kulit dan jenis masker yang digunakan, sehingga perlu dibatasi. 

Sheet mask merupakan bagian rutin dari perawatan kulit wajah, baik pada pria maupun wanita. Nah, untuk mengetahui apakah boleh pakai sheet mask setiap hari yuk simak penjelasan lebih lengkapnya berikut.

Baca juga: Bintik-bintik Putih di Wajah: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Apa itu sheet mask?

Dilansir Healthline, beberapa masker paling baik digunakan seminggu sekali, sementara yang lain bisa lebih sering hingga 3 kali seminggu. Sheet mask sendiri merupakan masker lembaran tipis yang terbuat dari katun atau kain rendaman serum. 

Serum tersebut adalah cairan atau hidrogel yang diperkaya nutrisi dan dikemas secara individual dengan manfaat berbeda sesuai kandungan di dalamnya. Hidrogel menjadi salah satu bahan terbaru yang digunakan untuk membuat sheet mask

Sheet mask juga bisa terbuat dari kertas tebal namun fleksibel, selulosa atau bermacam-macam kain, seperti mikro atau kapas, serta bubur kelapa. Masker lembaran yang dirancang untuk kulit kering juga terbuat dari bahan, seperti serat sintetis.

Bolehkah pakai sheet mask setiap hari?

Jika ingin pakai sheet mask setiap hari, kamu harus tahu jenis kulit wajah dan kandungan yang ada dalam produk masker. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari masalah kesehatan di masa depan, termasuk iritasi.

Iritasi dapat terjadi ketika wajah mendapatkan perawatan dari bahan yang tidak tepat. Masalah peradangan atau iritasi ini lebih sering terjadi pada wajah berminyak atau berjerawat karena tingkat kelembapan kulit menjadi sangat tinggi.

Masker lembaran atau sheet mask memang menjadi salah satu produk perawatan kulit yang paling mudah digunakan.

Namun, pastikan untuk tidak menggunakannya secara berlebihan yakni aplikasikan cukup 20 sampai 30 menit saja. Ingat juga untuk cukup memakainya 2 hingga 3 kali dalam seminggu, sesuai dengan jenis kulit wajah. 

Hal termudah untuk mengetahui anjuran pemakaian adalah membaca petunjuk pada kemasan. Kebanyakan masker wajah harus digunakan sekali seminggu saja. Namun beberapa jenis kulit mungkin bisa mendapatkan manfaat jika lebih sering digunakan.

Apa kata ahli tentang pemakaian sheet mask setiap hari?

Sebelum pakai sheet mask setiap hari, pastikan untuk mengetahui jenis kulit dan kandungan dalam masker.

Pakar kesehatan kulit Elizabeth Tanzi mengatakan bahwa bukan menjadi masalah menggunakan sheet mask setiap hari, selama tidak mengandung asam glikolat.

Pakai sheet mask setiap hari yang diformulasikan dengan asam pengelupas, seperti glikolat terlalu kuat untuk kulit sehingga dapat menyebabkan iritasi.

Debra Jamilan, seorang dokter kulit di New York City juga memperingatkan untuk seseorang yang rentan berjerawat tidak boleh menggunakan sheet mask setiap hari.

Debra mengatakan jika terkadang sheet mask bisa memperparah jerawat karena bersifat oklusif dan berisiko mengakibatkan penyumbatan pori-pori. Pakai sheet mask setiap hari dapat menyebabkan bakteri tumbuh dengan mudah di kulit.

Sebagai gantinya, Debra merekomendasikan untuk menggunakan sheet mask bagi kulit berjerawat sebanyak sekali dalam seminggu. Sementara, untuk kulit tidak berjerawat masker lembar yang digunakan setiap hari dapat membantu meningkatkan hidrasi.

Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan sheet mask

Jika kamu tidak melihat hasil yang signifikan dari penggunaan masker wajah atau sheet mask, coba tingkatkan pemakaiannya. Ketika penggunaan sheet mask bisa menyebabkan iritasi parah, muncul jerawat, dan reaksi alergi, segera hentikan pemakaian.

Konsultasikan segera bersama dokter ahli atau penyedia layanan kesehatan saat masalah kulit tidak bisa diobati sendiri.

Dalam beberapa kasus, peradangan dan iritasi bisa hilang tanpa pengobatan. Namun, dokter mungkin akan meresepkan obat topikal atau oral untuk mengatasi iritasi yang terjadi.

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Kulit Kombinasi: Mudah Berjerawat dan Kering di Waktu Bersamaan

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Urbancompany.com (2020), diakses 27 Januari 2021. All About Sheet Masks: What They Are, How to Use Them and More
  2. Allure.com (2020), diakses 27 Januari 2021. Why Using a Sheet Mask Every Day Is Just What Your Skin Needs Right Now
  3. Healthline (2020), diakses 27 Januari 2021. This Is How Often You Should Use a Face Mask in Your Skin Care Routine
  4. Women’s Health (2018), diakses 27 Januari 2021. Literally Everything You Need To Know About Sheet Masks
    Berita Terkait
    register-docotr