Info Sehat

Bisa Sebabkan Kerusakan Permanen, Ini Bahaya Pakai Behel Murah!

February 1, 2021 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Saat ini pemakaian behel sedang menjadi tren baru di kalangan remaja. Demi mendapatkan behel, banyak remaja yang justru memilih yang palsu karena harganya cenderung lebih murah. Namun kamu perlu berhati-hati, berikut ini bahaya pakai behel murah. 

Apa itu behel palsu? 

Melansir penjelasan dari My Health, behel palsu adalah peralatan ortodontik cekat yang dipasang pada gigi. Mereka terlihat serupa, namun tidak berfungsi sebagaimana aslinya.

Perlu kamu ketahui bahwa behel palsu tidak dipasang oleh dokter, dan harganya pun jauh lebih murah dari yang aslinya. Alasan mengapa behel palsu atau tiruan lebih murah, karena hanya aksesori untuk gigi.

Jadi, jika kamu mengira bahwa behel palsu benar-benar bisa meluruskan gigi, kamu sangat salah.

Bahaya pakai behel murah dan palsu

Menurut penjelasan dari Dentaly, behel tiruan memiliki lebih banyak kerugian daripada keuntungan. Hal tersebut karena, memakai behel murah dan palsu sangat berbahaya dengan efek yang berpotensi tidak dapat diubah:

Keracunan dari bahan behel tiruan

Behel yang murah dan palsu untuk gigi, biasanya dibuat dari bahan murah yang bisa beracun. Bahan-bahan ini termasuk karet murah dan logam yang mengandung timah, menyebabkan keracunan dan bahkan kematian dalam beberapa kasus.

Tersedak bahan yang tersangkut di tenggorokan

Saat remaja membuat behel sendiri, bahan dari kawat gigi dapat terlepas dan berakhir di tenggorokan saat tidur, yang pada dasarnya menyebabkan tersedak. Hal itu pun sangat berisiko dan bisa menyebabkan kematian. 

Peradangan dan infeksi

Perlu kamu ketahui bahwa behel yang asli sekalipun dapat menyebabkan beberapa masalah mulut seperti peradangan dan infeksi pada tahap awal pemakaian. Jadi, risikonya bahkan lebih besar jika kamu menggunakan behel murah. 

Dalam beberapa kasus, infeksinya bisa semakin parah dan bahkan mungkin memerlukan pembedahan untuk menghentikan penyebarannya.

Kerusakan dan perubahan warna gigi

Memakai behel yang asli pun memang dapat mengganggu cara pasien mengunyah makanan.

Secara khusus, ruang kecil di sekitar gigi yang diciptakan oleh kawat gigi menyediakan tempat bagi partikel makanan untuk terperangkap dan dengan demikian menyebabkan deposit plak dan bakteri.

Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada permukaan email gigi, menyebabkan perubahan warna pada gigi atau munculnya bercak putih yang dikenal dengan istilah dekalsifikasi. Selain itu, dalam beberapa kasus juga dapat menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Apalagi dengan behel murah yang menggunakan bahan-bahan palsu ditempelkan ke gigi menggunakan perekat murah. Hal ini menyebabkan kerusakan parah pada enamel gigi. Perekat juga dapat menembus gigi lebih dalam dan menyebabkan perubahan warna seiring waktu.

Pergeseran gigi

Behel murah juga dapat menyebabkan gigi bergeser dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya. Jika kamu memakai behel murah, bisa berakhir dengan gigi yang lebih bengkok daripada sebelumnya lho. 

Apakah behel murah dan palsu berbahaya?

Bahaya pakai behel murah, bisa menimbulkan cukup banyak kekhawatiran dalam masalah kesehatan. Bahayanya nyata dan bahkan dapat memengaruhi kesehatan jika dipakai terus-menerus. 

Tidak ada tren mode yang sebanding dengan risikonya jika memiliki efek negatif pada kesejahteraanmu. Terlebih lagi, behel dengan harga yang cenderung murah ini bahkan telah menyebabkan kematian di beberapa negara. 

Di mana behel palsu ini bisa didapatkan?

Behel murah dan palsu bisa dibeli secara online. Namun beberapa dari mereka juga langsung datang ke tempat-tempat ilegal seperti salon untuk mendapatkan behel dengan harga yang lebih murah.

Kamu juga perlu waspada, apakah alat-alat yang digunakan apakah sudah steril seperti di dokter? 

Berapa lama behel palsu dipakai di mulut?

Biasanya behel palsu dipakai hanya dalam waktu 3-5 bulan. Hal itu karena, lem yang menempel pada kawat gigi palsu tidak bisa lagi menempel dengan baik. 

Baca juga: Hati-Hati, Bukannya Rapi Behel Lepas Pasang Malah Bikin Gigi Berantakan!

Hal apa saja yang harus diketahui untuk pemasangan behel yang baik dan benar? 

Demi terhindar dari pemakaian behel palsu, sangat disarankan kamu langsung datang ke dokter gigi. Sebelum menjalankan pemasangan behel, biasanya dokter akan memeriksa kondisi gigi dan melakukan foto rontgen gigi guna mengetahui struktur gigi yang kamu miliki. 

Jika seluruh proses pemeriksaan telah dilakukan, dokter menentukan jenis behel yang akan digunakan oleh pasien berdasarkan pemeriksaan gigi sebelumnya. Biasanya, jenis kawat gigi yang disarankan adalah kawat gigi permanen (fixed braces).

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Shinagawa.ph (2016) diakses pada 26 Januari 2021. Risk of Wearing Cheap and Fake Braces
  2. Dentaly.org (2021) diakses pada 26 Januari 2021. Fake Braces for Teeth: What Are They and Why Are They Dangerous?
  3. Myhealth.gov.my (2015) diakses pada 26 Januari 2021. Fake Braces
  4. News-medical.net (2019) diakses pada 26 Januari 2021. Risks of Dental Braces 
    register-docotr