Penyakit Jantung

Jangan Panik! Ini Lho Perbedaan Gejala Sakit Jantung dan GERD

February 20, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Nyeri dada bisa menjadi tanda serangan jantung. Namun, bisa juga ini menjadi gejala penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD). Ingin tahu lebih lanjut perbedaan sakit jantung dan GERD? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Jangan Disepelekan, Komplikasi Akibat GERD Bisa Berakibat Fatal!

Mengapa perbedaan sakit jantung dan GERD sulit dikenali?

GERD dan masalah gastrointestinal lainnya seperti maag, kejang otot di kerongkongan, serangan kandung empedu, dan pankreatitis dapat menyebabkan nyeri dada, maupun gejala lain yang menyerupai serangan jantung.

Dalam sebuah studi sebagaimana dikutip dari Health, disebutkan bahwa 22 sampai 66 persen pasien dengan nyeri dada nonkardiak, juga mengalami GERD akibat refluks asam kronis dari lambung ke kerongkongan.

Kemiripan gejala antara keduanya disebabkan oleh ketidakmampuan saraf di perut dan jantung memberi sinyal yang jelas mengenai asal rasa sakit kepada otak.

Perbedaan gejala sakit jantung dan GERD

GERD dapat menyebabkan sensasi terbakar yang menyakitkan di bagian tengah dada. Sensasi ini terkadang bisa terasa mirip dengan nyeri dada yang dialami orang saat serangan jantung atau angina.

Penting untuk mengetahui masing-masing gejala dari kedua penyakit ini untuk membantu kamu melihat perbedaan di antara keduanya:

Gejala-gejala GERD

Dilansir dari Medicalnewstoday, refluks asam terjadi ketika asam dari lambung bocor ke kerongkongan. Gejalanya yang paling umum adalah mulas, dan sensasi terbakar yang menyakitkan di tengah dada tepat di belakang tulang dada.

Seseorang yang mengalami hal ini lebih dari dua kali dalam seminggu selama beberapa minggu, kemungkinan besar menderita GERD. Gejalanya dapat meliputi:

  1. Rasa asam atau tidak enak di mulut
  2. Bau mulut
  3. Kerusakan gigi
  4. Kesulitan menelan
  5. Mual dan muntah
  6. Suara parau

Gejala serangan jantung

Serangan jantung terjadi ketika suplai darah ke otot jantung terhambat sepenuhnya. Jika penderitanya tidak segera mendapat perawatan, sebagian dari otot jantungnya bisa mati.

Gejala umum serangan jantung adalah nyeri atau ketidaknyamanan yang biasanya terjadi di bagian tengah atau kiri dada.

Nyeri ini bisa datang dan pergi, dan tingkat keparahannya bisa berkisar dari ringan hingga parah. Terkadang juga terasa seperti mulas atau gangguan pencernaan.

Gejala serangan jantung lain mungkin termasuk:

  1. Tekanan intens atau sesak di tengah dada
  2. Perasaan berat atau lemah di salah satu atau kedua lengan
  3. Nyeri, mati rasa, atau kesemutan di lengan, leher, rahang, bibir, atau perut
  4. Kesulitan bernapas atau sesak napas
  5. Mual dan muntah
  6. Pusing
  7. Kelelahan
  8. Keluar keringat dingin

Baca juga: Benarkah Sering Menguap Bisa Jadi Tanda Serangan Jantung?

Bagaimana menemukan perbedaan serangan jantung dan GERD?

Cara paling mudah menemukan perbedaan sakit jantung dan GERD adalah melihat kaitan antara gejala yang muncul dengan pemicunya.

Jika masalahnya terkait dengan jantung, kamu mungkin akan merasakan sesak, terbakar, atau tertekan di dada yang diperburuk oleh olahraga atau stres emosional yang parah.

Ini dapat menyebar ke punggung, leher, rahang, atau lengan, dan sering dikaitkan dengan berkeringat, pusing, mual, kesulitan bernapas, atau denyut nadi tidak teratur.

Gejala tersebut juga lebih mungkin terkait dengan jantung jika kamu memiliki faktor risiko termasuk diabetes, merokok, obesitas, kolesterol tinggi, atau riwayat penyakit jantung dalam keluarga.

Sementara itu, jika masalahnya terkait dengan sistem pencernaan, seperti GERD, seringkali rasa sakit yang muncul lebih tajam dan dipicu oleh makan makanan berlemak atau pedas. Perubahan posisi seperti berbaring atau membungkuk juga bisa memperburuk gejala ini.

Apa yang harus dilakukan jika mengalami nyeri dada dan tidak yakin apa penyebabnya?

Jika kamu mengalami nyeri dada terus-menerus dan tidak yakin itu diakibatkan GERD atau serangan jantung, hubungi layanan kesehatan darurat dengan segera.

Kamu juga disarankan untuk menghubungi dokter jika mengalami episode nyeri dada yang tidak dapat dijelaskan dan terus berlangsung dalam beberapa jam.

Cek kesehatan lambungmu di Klinik Maag bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

 

Heartburn or heart attack: When to worry https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/heartburn/in-depth/heartburn-gerd/art-20046483 diakses pada 15 Februari 2021

Heartburn or Heart Attack: How to Tell the Difference, According to Experts https://www.health.com/condition/gerd/heartburn-or-heart-attack-how-to-tell-the-difference diakses pada 15 Februari 2021

Is this chest pain from GERD or a heart attack? https://www.medicalnewstoday.com/articles/325019#summary diakses pada 15 Februari 2021

    register-docotr