Covid-19

Penelitian Terbaru: Obat Inhaler Budesonide Dapat Kurangi Keparahan COVID-19 Hingga 90 Persen!

February 20, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Tak hanya melalui vaksinasi, keparahan gejala COVID-19 juga dilakukan dengan berbagai cara lain. Dalam mencari cara lain untuk mengurangi gejala terkait COVID-19, pengobatan potensial baru telah muncul. 

Salah satunya adalah dengan menggunakan inhaler budesonide, yakni obat untuk asma atau penyakit paru. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kegunaan obat inhaler ini yuk simak penjelasan berikut.

Baca juga: Penyintas COVID-19 Bisa Divaksin, Ini Dia Persyaratannya!

Benarkah obat inhaler budesonide bisa kurangi keparahan COVID-19?

Dilansir Times of India, secara tradisional inhaler digunakan untuk mengobati asma dan penyakit paru obstruktif kronik atau PPOK.

Menurut sebuah studi baru yang dilakukan oleh NHIR Oxford Biomedical Research Center atau BRC, obat budesonide ditemukan dapat mengurangi risiko penyakit COVID-19 yang parah hingga 90 persen.

Dalam penelitian tersebut, diketahui sebanyak 146 orang diamati. Separuh di antaranya diberi obat inhaler budesonide dua kali sehari dengan dosis sebesar 800 mikrogram. Sementara, separuh lainnya dengan perawatan seperti biasanya selama 28 hari. 

Orang yang menggunakan inhaler tidak hanya 90 persen lebih kecil kemungkinannya untuk membutuhkan perawatan segera. Namun, pengguna inhaler ini juga dilaporkan memiliki resolusi demam yang lebih cepat, gejala dan gejala persisten yang lebih sedikit setelah 28 hari.

Para ahli mengatakan jika gejala persisten setelah penyakit awal COVID-19 telah muncul sebagai masalah jangka panjang. Penggunaan obat inhaler budesonide ini dapat membantu mencegah gejala COVID-19 jangka panjang tersebut.

Penelitian ini terinspirasi dari beberapa pasien asma kronis yang dirawat di rumah sakit selama bulan-bulan awal pandemi COVID-19. Setelah penelitian tersebut, para ahli menemukan jika penggunaan obat inhaler kortikosteroid mampu mencegah efek pernapasan yang lebih serius.

Baca juga: Suntik Vaksin COVID-19 Baiknya di Lengan Kanan atau Kiri? Berikut Penjelasannya

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Berita Terkait
register-docotr