Kehamilan

Bolehkah Ibu Hamil Makan Kolang-kaling? Berikut Penjelasannya!

June 15, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Kolang-kaling sering diolah menjadi makanan atau minuman yang menyegarkan. Tak hanya nikmat, ada banyak manfaat untuk kesehatan dengan rutin mengonsumsinya. Namun, bagaimana jika sedang hamil? Bolehkah ibu hamil makan kolang-kaling?

Sebagian wanita hamil memilih untuk menghindari makanan yang satu ini karena khawatir bisa memberikan efek tertentu pada janin. Bagaimana faktanya? Yuk, temukan jawabannya dengan ulasan berikut ini!

Sekilas tentang kolang-kaling

Kolang-kaling adalah biji buah yang berasal dari pohon aren atau pohon palem. Buah yang juga dikenal dengan sugar palm atau ice apple ini mempunyai ukuran rata-rata 5 cm, yang masing-masing berisi 2-3 biji kolang-kaling.

Pohonnya sendiri sangat mudah dijumpai di wilayah tropis seperti Indonesia, punya tinggi rata-rata 12 sampai 20 meter, dengan lebar diameter sekitar 30 hingga 60 cm.

Kandungan dan nilai gizi kolang-kaling

Kebanyakan buah yang berasal dari pohon palem tidak mengandung lemak atau kolesterol, sehingga cocok dan sangat sehat untuk dikonsumsi segala usia. Untuk kolang-kaling sendiri, ada banyak nutrisi yang dimiliki.

Kolang-kaling seberat 100 gram mempunyai 24 kalori, 115 gram karbohidrat, dan kalsium yang kadarnya setara dengan 27 persen dari total kebutuhan harian. Bukan cuma itu, kolang-kaling juga memiliki serat, protein, folat, kalsium, dan zat besi.

Untuk urusan vitamin, kolang-kaling mengandung sekitar 12 jenis vitamin yang berbeda, di antaranya adalah vitamin A, B7, B9, dan E.

Bolehkah ibu hamil makan kolang-kaling?

Ibu hamil memang tidak boleh mengonsumsi sembarang makanan. Beberapa orang memasukkan kolang-kaling sebagai salah satu daftarnya. Tapi faktanya, ibu hamil tetap diperbolehkan makan kolang-kaling, kok.

Dikutip dari Firstcry Parenting, kolang-kaling masih cukup aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Bahkan, makanan itu disebut-sebut dapat meringankan beberapa masalah yang terjadi pada kehamilan. Namun, ada baiknya tetap minta saran dari dokter untuk rekomendasi terbaik.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini 6 Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Manfaat kolang-kaling untuk ibu hamil

Beberapa kalangan justru merekomendasikan ibu hamil untuk mengonsumsi kolang-kaling. Sebab, makanan ini bisa membantu mengatasi berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit dan asam lambung.

Seperti diketahui, masalah pencernaan merupakan salah satu kondisi yang kerap dialami oleh ibu hamil. Ini juga berlaku untuk gejala morning sickness seperti mual dan muntah yang sering terjadi pada usia kehamilan trimester pertama.

Tak hanya itu, kolang-kaling juga diketahui dapat meningkatkan kualitas air susu ibu (ASI) jika sudah waktunya menyusui, serta bertindak sebagai penambah energi. Adanya mineral dan garam pada kolang-kaling bisa membantu mengatur keseimbangan kadar glukosa agar tubuh tetap bugar.

Hingga saat ini, belum ada laporan yang menyebutkan bahwa kolang-kaling bisa menimbulkan efek samping. Sebaliknya, makanan tersebut justru bermanfaat karena berbagai kandungan gizinya, baik untuk ibu hamil dan janin di dalam kandungan.

Khasiat kolang-kaling lainnya

Bukan hanya untuk ibu hamil, kolang-kaling juga baik dikonsumsi oleh semua kalangan. Berikut beberapa khasiat yang bisa didapat dari rutin mengonsumsi kolang-kaling:

  • Diet sehat: Kolang-kaling mempunyai kadar air hingga 93 persen dan gelatin yang dapat memberi rasa kenyang. Hal tersebut dapat membantu mengendalikan nafsu makan
  • Meringankan gejala arthritis: Dikutip dari Health Benefits Times, mengonsumsi 100 gram kolang-kaling per hari dapat membantu meredakan gejala dan menyembuhkan radang sendi
  • Pencegahan osteoporosis: Seiring bertambahnya usia, kekuatan dan kepadatan tulang bisa menurun. Rutin mengonsumsi kolang-kaling adalah langkah pencegahan yang bisa dilakukan. Sebab, makanan itu mempunyai kalsium yang baik untuk kesehatan tulang

Hal yang harus diperhatikan

Meski aman, Moms harus memerhatikan bagaimana cara mengonsumsi kolang-kaling yang tepat. Perlu diketahui, buah yang berasal dari pohon kelapa atau palem memiliki umur simpan yang pendek, sehingga harus cepat-cepat dikonsumsi.

Namun, tetap batasi jumlah konsumsinya, ya. Ini agar Moms tetap bisa mendapatkan gizi yang seimbang dari makanan lain.

Nah, itulah ulasan lengkap tentang boleh atau tidaknya ibu hamil makan kolang-kaling. Agar tetap mendapat nutrisi seimbang, konsumsi juga makanan tinggi gizi lainnya, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Health Benefits Times, diakses 7 Juni 2021, Know about the Sugar Palm.
  2. Firstcry Parenting, diakses 7 Juni 2021, Ice Apple During Pregnancy – Benefits & How to Include It in Your Diet.
  3. Baby Center, diakses 7 Juni 2021, What are the health benefits of ice apple (nongu) in pregnancy?

    register-docotr