Info Sehat

Ini Fakta yang Sebenarnya di Balik Dugaan Bahaya Radiasi HP bagi Kesehatan

June 24, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Bahaya radiasi HP sempat menjadi hal yang banyak dikhawatirkan. Kamu mungkin pernah merasa khawatir bahwa radiasi HP akan menyebabkan kanker atau bahaya kesehatan lainnya dalam jangka panjang. 

Namun apakah benar radiasi HP berbahaya bagi kesehatan manusia? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Perkembangan Bayi 10 Bulan: Mulai Belajar Merangkak dan Berdiri Sendiri

Apa itu radiasi HP? 

Ponsel atau HP memancarkan radiasi Radio Frequency (RF) tingkat rendah. Radiasi yang dipancarkan HP merupakan suatu bentuk radiasi elektromagnetik yang dapat diserap oleh jaringan tubuh saat berdekatan dengan alat tersebut. 

Jumlah radiasi RF yang dapat dipaparkan kepada pengguna HP tergantung pada banyak faktor. Mulai dari teknologi dari HP yang digunakan, jarak antara HP dan pengguna, tingkat serta jenis penggunaan HP. 

Kaitan bahaya radiasi HP dengan kesehatan

Pada 2011, International Agency for Research on Cancer (IARC) menyatakan bahwa radiasi HP kemungkinan bersifat karsinogenik, yang artinya mungkin saja memunculkan risiko karsinogenesis. Karsinogenesis merupakan proses pembentukan kanker.

Namun, selanjutnya American Cancer Society (ACS) menyatakan bahwa pernyataan klasifikasi dari IARC tersebut ternyata tidak didukung bukti yang cukup kuat. Untuk mengklaim radiasi HP sebagai penyebab kanker, perlu ada penelitian lebih lanjut.

Hingga saat ini, data ilmiah tentang paparan radiasi RF  tidak menunjukkan bukti pasti terhadap efek secara biologis yang merugikan pada manusia. Satu-satunya efek biologis dari radiasi RF dari pada manusia adalah rasa panas, yang termasuk efek dari radiasi HP. 

Layaknya microwave yang digunakan untuk memanaskan makanan, paparan RF  dari penggunaan HP dapat menyebabkan kamu merasa kepanasan. Tepatnya beberapa area tubuh yang dekat atau menempel dengan HP saat digunakan. Seperti kepala, telinga tau tangan. 

Namun, seberapa tinggi kenaikan suhu tubuh akibat penggunaan HP pun belum dapat diteliti secara jelas. Memang berbagai efek kesehatan akibat penggunaan HP banyak dilaporkan. 

Salah satu yang menjadi perhatian adalah efek neurologis atau gangguan saraf pada anak muda, karena otak adalah organ utama yang terpapar. Namun, penelitian mengenai hal tersebut belum menghasilkan temuan yang konsisten. Sehingga belum bisa dipastikan. 

Risiko kesehatan paling konsisten yang terkait dengan penggunaan HP yang paling jelas adalah gangguan mengemudi serta kecelakaan lalu lintas.  Penelitian telah menunjukkan peningkatan risiko kecelakaan lalu lintas akibat penggunaan HP. 

Setidaknya risiko kecelakaan 3-4 kali lebih besar ketika HP digunakan saat mengemudi. Baik secara langsung atau dengan menggunakan peralatan handsfree. 

Risiko radiasi HP pada anak

Meski belum ditemukan bahaya radiasi HP secara sepenuhnya. Sebagian peneliti mencurigai efek paparan radiasi HP akan berisiko lebih tinggi pada anak-anak. 

Hal tersebut disebabkan oleh sistem saraf pada anak-anak masih dalam masa perkembangan. Sehingga anak-anak lebih rentan terhadap faktor-faktor yang dapat menyebabkan kanker.

Kepala anak-anak lebih kecil daripada orang dewasa. Akibatnya adalah proporsi paparan yang lebih besar atau penyerapan radiasi yang lebih tinggi. Demikian juga pada janin yang dianggap lebih rentan terhadap paparan radiasi, terutama pada bagian otak.

Namun sejauh ini, data dari penelitian pada anak-anak dengan kanker tidak mendukung teori tersebut. 

Analisis ini pertama kali diterbitkan oleh CEFALO, penelitian pertama yang melihat secara spesifik dampak potensial dari medan elektromagnetik ponsel (EMF) pada risiko kanker otak pada masa kanak-kanak.

Penelitian ini melibatkan anak-anak berusia 7 hingga 19 tahun yang didiagnosa tumor otak antara 2004-2008. Para peneliti tidak menemukan hubungan antara penggunaan ponsel dan risiko tumor otak.

Baca juga: Kacamata Anti-Radiasi Komputer, Apakah Perlu dan Bermanfaat?

Lalu bagaimana cara mengurangi bahaya radiasi HP? 

Selain belum adanya penelitian yang mendukung terkait hal ini. Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat secara resmi menyatakan bahwa tidak ada hubungan antara paparan radiasi dari penggunaan HP dengan masalah kesehatan. 

Meski begitu, penting bagi kamu untuk tetap meminimalisir penggunaan HP agar risiko paparan radiasi semakin sedikit.  Berikut ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi paparan radiasi HP

  • Kurangi penggunaan HP
  • Gunakan HP untuk melakukan telepon singkat, lebih baik gunakan telepon rumah bila kamu perlu menelepon dalam durasi yang lebih lama 
  • Pakailah alat tambahan seperti hands-free atau speaker. Alat-alat ini dapat membuat HP dengan kepalamu tidak terlalu dekat
  • Hindari menyimpan HP di bagian dekat tubuh, seperti dalam saku baju atau celana
  • Hindari tidur dengan menyimpan HP di sebelah kepalamu. Hal ini juga berlaku untuk perangkat elektronik lainnya
  • Aktifkan mode pesawat saat HP tidak digunakan 

Nah itu dia fakta soal bahaya radiasi HP yang perlu kamu ketahui. Yuk mulai sekarang batasi penggunaan HP terutama pada anak-anak. 

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar informasi kesehatan lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    register-docotr