Kamus Penyakit

Sering Muncul, Sayangnya 9 Gejala Kanker Serviks Ini Tidak Disadari

April 17, 2020 | Santi Andriani | dr. Andrew Lienata
no-image

Ditulis oleh: Arini

Sebagai jenis kanker dengan angka kematian tertinggi kedua di Indonesia, kanker serviks perlu diwaspadai. Kanker serviks terkenal dengan sebutan pembunuh diam-diam atau silent killer. Sayangnya gejala kanker serviks sering tidak disadari.

Kasus kanker serviks biasanya diketahui setelah ada pada stadium lanjutan. Jarang sekali ditemukan kasus kanker serviks di stadium awal. Gejala kanker serviks biasanya tidak akan diketahui atau disadari karena di tahap awal tidak terasa sakit.

Baca Juga: Badan Sehat saat Bekerja? Bisa, Ini 7 Tipsnya

Sayangnya gejala kanker serviks kurang disadari

Gejala kanker serviks ini baru akan terasa atau diketahui di tahap stadium lanjutan. Walaupun kanker serviks tahap awal sulit dideteksi tidak ada salahnya waspada dengan 9 gejala kanker serviks berikut ini. 

1. Keputihan tidak normal

Keputihan yang tidak normal bisa jadi gejala kanker serviks. Foto: https://parenting.orami.co.id/

Keputihan pasti terjadi pada setiap wanita karena keputihan adalah proses yang alami. Tapi kamu harus bisa membedakan keputihan normal dan tidak normal. Keputihan normal biasanya terjadi saat kelelahan, sebelum, dan sesudah menstruasi.

Lendir keputihan normal biasanya tidak berwarna dan berbau, waktunya pun tidak akan lama. Jika keputihan dalam jangka waktu yang panjang dan warna lendir kecoklatan ataupun berdarah kamu harus waspada.

2. Terlalu sering buang air kecil

Frekuensi buang air kecil yang tiba-tiba meningkat juga jadi pertanda ada gejala kanker serviks. Terlebih jika kamu merasakan sakit saat berkemih atau buang air kecil.

3. Pendarahan pada vagina yang tidak normal

Pola makan untuk mencegah batu empedu
Waspadai pendarahan vagina sebagai gejala kanker serviks. Foto :https://www.shutterstock.com/

Jika kamu mengalami pendarahan vagina di luar tanggal menstruasi ini juga bisa jadi tanda kanker serviks. Volume pendarahan vagina ini bisa lebih banyak atau sedikit dari menstruasi. Terlebih jika kamu mengalami pendarahan saat berhubungan seksual.

4. Mudah lelah

Gejala kanker serviks sering kali tidak disadari seperti mudah lelah. Foto: https://www.shutterstock.com/

Kelelahan parah yang tiada henti menjadi sinyal ada yang tidak beres pada tubuh kamu. Jika sudah istirahat dengan cukup dan baik tapi masih merasakan kelelahan parah, ada baiknya memeriksakan diri segera.

5. Sakit punggung

Sakit punggung bisa mengindikasikan seseorang terkena kanker serviks. Foto:https://allayurveda.com/

Wanita sering merasakan sakit punggung dan pinggul. Hal ini wajar terjadi apalagi mendekati masa menstruasi. Tapi ternyata sakit punggung juga bisa mengindikasikan terkena kanker serviks.

6. Rasa mual yang hebat dan berlangsung terus menerus

Mual yang berlangsung terus menerus bisa jadi muncul karena pembengkakan leher rahim ke arah rongga perut. Saluran pencernaan dan lambung akan terganggu dan tertekan, hal inilah yang menyebabkan rasa mual. 

7. Kaki bengkak 

Kaki bengkak jadi tanda kanker serviks yang jarang diketahui. Foto:https://health.clevelandclinic.org/

Jika kanker serviks sudah masuk dalam tahapan selanjutnya, biasanya kaki juga akan terganggu. Bengkak pada kaki terjadi karena sel kanker sudah menyerang kelenjar getah bening yang ada di antara tulang panggul. Tanda kanker serviks yang satu ini jarang diketahui, jadi jika kamu merasakan hal ini artinya kamu harus cepat bertindak.

8. Berat badan menurun drastis

menambah berat badan
Gejala kanker serviks salah satunya berat badan yang menurun drastis. Foto: https://www.shutterstock.com/

Jika dalam 6 bulan berat badanmu turun 5-6% tanpa diet, ini menandakan ada yang tidak beres di tubuhmu. Sama seperti gejala atau ciri kanker lainnya berat badan yang menurun drastis jadi tanda yang paling jelas dan mudah diketahui.

Baca Juga: Agar Tak Terpapar COVID-19 saat di Tempat Umum, Apa yang Harus Dilakukan?

9. Sakit saat berhubungan seksual

Seharusnya kamu tidak merasakan sakit yang berlebihan saat berhubungan seksual. Jika kamu merasakan sakit berlebihan saat berhubungan seksual sudah saatnya memeriksakan diri. Penyebaran sel kanker di area serviks bisa menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman saat berhubungan seksual.

Langsung tanyakan informasi terkait kondisi kesehatan Anda sekarang di Good Doctor, dokter terpercaya kami akan menjawab semua pertanyaan Anda 24/7. 

Reference

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2017) diakses 23 September 2019. Cegah Kanker Serviks, Kenali Lebih Dalam Pembunuh Nomor Satu Kaum Hawa

WebMed (2017) diakses 23 September 2019. Understanding Cervical Cancer — Symptoms

NHS UK (2018) diakses 23 September 2019. Overview Cervical Cancer

    Berita Terkait
    register-docotr