Diet dan Nutrisi

Kebiasaan Sehat untuk Menambah Berat Badan bagi Mereka yang Underweight

April 17, 2020 | Santi Andriani | dr. Wawan Harimawan
feature image

 Ditulis oleh: Dita Safitri

Sama halnya dengan overweight atau obesitas, underweight juga menjadi representasi penting bagi kesehatan seseorang. Sehingga informasi mengenai cara menambah berat badan dengan cepat banyak dicari untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut.

Mereka yang memiliki berat badan di bawah normal atau underweight mungkin saja tidak mendapat nutrisi yang cukup, memiliki masalah dengan metabolisme, atau mengalami kendala kesehatan lainnya.

Karenanya, kebiasan yang sehat, apakah itu terkait pola makan atau aktivitas fisik wajib menjadi perhatian penting untuk membantu menambah berat badan.

Baca Juga: Menghilangkan Kebiasaan Tidur Ngorok dengan Cara Alami, Ini 7 Langkahnya

Apakah kamu termasuk yang underweight?

Untuk mengetahui apakah kamu termasuk underweight atau tidak, bisa dilakukan dengan pengukuran BMI (Body Mass Indeks/Indeks Massa Tubuh).

Proses pengukuran ini dilakukan dengan menggunakan variabel berat badan, tinggi, dan usia. Jika hasil pengukuran kurang dari 18,5, artinya kamu memang kekurangan berat badan.

Kebiasan sehat untuk menambah berat badan

Ada beberapa cara menambah berat badan dengan cepat yang bisa dicoba oleh orang-orang yang underweight. Berikut beberapa di antaranya.

1. Konsumsi kalori lebih dari yang dibutuhkan tubuh

Untuk menambah berat badan kamu harus makan lebih dari yang dibutuhkan. Sumber foto: https://www.shutterstock.com/

Salah satu kunci untuk menambah berat badan adalah menciptakan kelebihan atau surplus kalori dalam tubuh. Artinya, kamu harus makan lebih dari yang dibutuhkan.

Jika ingin menambah berat badan perlahan, tambahkan 300-500 kalori dari yang dibutuhkan tubuh. Untuk menaikkan berat badan dengan cepat, tambahkan 700-1.000 kalori lebih banyak dari yang seharusnya.

2. Makan lebih sering

Makan lebih sering membantu tubuh mendapatkan kalori lebih banyak. Sumber foto: https://www.shutterstock.com/

Merasa cepat kenyang atau cepat bosan pada satu jenis makanan tertentu kerap menjadi alasan kenapa seseorang mengalami underweight. Kamu bisa menyiasatinya dengan mengganti pola makan dari 3 porsi normal sehari, dengan 5 porsi lebih kecil dalam sehari.

Ini dapat membantu tubuh mendapatkan kalori yang lebih banyak.

3. Minum minuman yang berkalori

Minuman ini akan memberikan asupan kalori yang tidak dimiliki minuman lain. Sumber foto:https://id.tastemade.com/

Dibanding minuman bersoda, kopi dan teh, cobalah ganti minuman kamu dengan susu, jus atau smoothies dari sayur dan buah segar. Minuman ini akan memberikan asupan kalori sekaligus nutrisi yang tidak dimiliki oleh minuman lain.

4. Jauhi junk food

Junk food mengandung kalori kosong. Sumber foto: https://wholefully.com/

Junk food memang jadi salah satu makanan penyebab kegemukan. Tapi menggunakannya sebagai opsi santapan agar berat badan bertambah adalah langkah yang salah. Junk food mengandung kalori ‘kosong’ dengan tambahan gula, garam dan lemak jahat yang buruk bagi kesehatan. 

Ganti asupan dengan makanan bergizi seperti buah, produk dairy (berbahan susu), daging dan kacang-kacangan. Ini bisa menaikkan berat badan kamu dengan cara yang lebih menyehatkan.

5. Konsumsi keju

Keju membantu menambah berat badan. Sumber foto: https://www.thejakartapost.com/

Salah satu pilihan produk dairy yang enak, kaya kalori, vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh adalah keju. Keju bisa disajikan bersama roti, sandwich, kentang, telur dan aneka makanan lain.

Namun kamu perlu memerhatikan kandungan lemak jenuh di dalam keju yang jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih, bisa berbahaya bagi kesehatan.

6.Konsumsi banyak protein

Diet tinggi protein membantu mengubah ekstra kalori jadi otot. Sumber foto: https://www.bonappetit.com/

Salah satu komponen penting dalam makanan untuk menambah berat badan secara cepat dan sehat adalah konsumsi protein.

Beberapa studi membuktikan bahwa diet tinggi protein yang dilakukan bisa membantu mengubah ekstra kalori jadi otot, bukan lemak.

Perlu diingat bahwa kalori bisa menekan rasa lapar yang akan membuat selera makan berkurang. Untuk menambah bobot, konsumsilah 1,5-2,2 gram protein per kilogram berat badan.

Baca Juga: 5 Mitos tentang Keguguran Ini Harus Dibantah, Bikin Bumil Resah

7. Olahraga

Olahraga bisa membuat lapar dan menstimulasi selera makan. Sumber Foto:https://www.telegraph.co.uk/

Berapapun berat badan kamu, olahraga adalah rutinitas yang tidak boleh ditinggalkan. Bagi kamu yang ingin menaikkan berat badan, olahraga seperti latihan kekuatan bisa membantu menambah bobot dengan otot yang terbentuk. Berolahraga juga bisa membuat lapar dan menstimulasi selera makan.

Langsung tanyakan informasi terkait kondisi kesehatan Anda sekarang di Good Doctor, dokter terpercaya kami akan menjawab semua pertanyaan Anda 24/7. 

Reference

 

Mayo Clinic (2017) diakses 9 Oktober 2019. Nutrition and Healthy Eating

Webmd (2018) diakses 9 Oktober 2019. Safe Ways to Gain Weight

Healthline (2018) diakses 9 Oktober 2019. How to Gain Weight Fast and Safely

    register-docotr