Info Sehat

Badan Sehat saat Bekerja? Bisa, Ini 7 Tipsnya

April 17, 2020 | dr. Ghifara Huda | dr. Ghifara Huda
no-image

Pekerjaan yang menumpuk dan kebutuhan hidup yang makin hari makin meningkat kadang menyita perhatian kita. Lalu pertanyaan yang kerap muncul masihkan bisa badan sehat saat bekerja?

Bekerja hingga larut malam mungkin sudah menjadi bagian dari keseharian. Tanpa sadar kebiasaan ini malah membuat kondisi tubuh menjadi sangat lelah dan akhirnya jatuh sakit.

Baca Juga: 7 Makanan Manis yang Aman untuk Diabetes, Masih Boleh Cokelat hingga Popcorn Loh!

Pekerja rentan stres hingga depresi

Padahal pekerjaan yang menumpuk jika tidak didukung dengan fisik dan mental yang sehat akan menurunkan produktivitas. Bukan hanya jatuh sakit, kecacatan dan kelumpuhan mungkin saja bisa terjadi.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris oleh Labour Force Survey tahun 2017/2018 terdapat 595.000 pekerja yang menderita stres, depresi bahkan gejala kecemasan.

Bisakah badan sehat saat bekerja?

Tentu jawabannya adalah bisa. Untuk menghindari gejala stres, depresi hingga kecemasan, kamu sebagai pekerja juga harus tetap menjaga kondisi fisik dan juga mental. 

Coba lakukanlah 7 tips mudah agar badan sehat saat bekerja berikut ini.

1. Olahraga

Meski sibuk bekerja harus tetap memperhatikan kesehatan tubuh, salah satunya dengan berolahraga.

Kegiatan ini sangat penting jika kamu ingin meningkatkan daya tahan tubuh. Olahraga rutin bisa membuat kamu terhindar dari berbagai macam penyakit.

Jadi, sempatkan berolahraga secara teratur setidaknya 10 menit setiap hari sebelum berangkat kerja. Kebiasaan ini bisa menjaga kondisi tubuh dan tubuh akan terasa lebih segar.

Jika kamu benar-benar tidak memiliki waktu. Cobalah untuk melakukan olahraga ringan di kantor. Misalnya jalan ringan setelah makan siang yang bertujuan untuk membakar kalori.

2. Makan makanan yang sehat dan teratur

Buah Penambah Darah
Konsumsi makanan yang sehat untuk menjaga kesehatan tubuh saat bekerja. Foto: https://www.shutterstock.com/

Makanan yang bergizi dalam jumlah yang seimbang adalah langkah tepat untuk menjaga badan tetap sehat saat bekerja.

Asupan nutrisi yang tepat akan membuat kondisi kamu tetap prima dalam menjalani pekerjaan seharian. Sebagai contoh, jangan lupakan sarapan sebelum bekerja dan makan siang.

3. Posisi tubuh yang benar saat bekerja

posisi duduk di kantor saat bekerja juga turut mempengaruhi kondisi kesehatan. Foto:https://www.verywellfit.com/

Hal yang satu ini mungkin tidak pernah terpikirkan. Nyatanya posisi tubuh saat bekerja sama pentingnya dengan makanan bernutrisi.

Coba perhatikan kembali posisi duduk dan posisi berdiri saat kamu bekerja. Duduk terlalu membungkuk di depan komputer berjam-jam lamanya bisa menyebabkan syaraf terjepit yang bisa membuat kecacatan ataupun lumpuh.

4. Minum cukup air putih

Minum air yang cukup untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama bekerja di kantor. Foto: https://www.cnbc.com/

Minum 8 sampai 10 gelas air putih sehari dapat menjaga tubuh kamu terhindar dari dehidrasi serta menjaga ginjal tetap sehat. Selain air putih, kamu dapat juga mengonsumsi buah yang mengandung banyak air seperti semangka, melon, jeruk, dan anggur.

5. Rekreasi

Sesekali rekreasi atau sekadar berkumpul bersama teman untuk menghilangkan penat setelah bekerja. Foto: https://www.shutterstock.com/

Luangkan waktu kamu untuk berlibur guna  menghilangkan stres setelah bekerja. Rekreasi terbukti mampu membuat produktivitas kamu meningkat karena bebas psikis dan rasa bosan akan hilang.

Rekreasi ini bisa menjadi solusi jika kamu mengalami rasa jenuh bekerja.

6. Menggunakan hand sanitizer

Menjaga badan sehat saat bekerja dengan menggunakan hand sanitizer untuk menjaga tangan tetap bersih. Foto:https://www.shutterstock.com/

Keyboard, mouse, meja, dan alat kantor lainnya adalah tempat di mana kuman hidup. Bukan hanya kuman, virus juga bisa bertahan hidup di tempat-tempat seperti yang sudah disebutkan.

Gunakanlah hand sanitizer untuk menghindari berbagai penyakit.

Baca Juga: Hand Sanitizer atau Sabun, Mana Paling Efektif Membunuh Virus Corona?

7. Mengenali batas kemampuan diri

Hal yang paling penting adalah mengetahui kapan kamu harus berhenti sejenak dari pekerjaan. Untuk menghindari stres akibat kerja, mengetahui kemampuan diri untuk bekerja lembur akan membuat kamu tidak mengalami kelelahan yang berlebihan.

Langsung tanyakan informasi terkait kondisi kesehatan kamu sekarang di Good Doctor, dokter terpercaya kami akan menjawab semua pertanyaan kamu 24/7. 

Reference

Health and Safety Executive UK.  Work Related Stress, Depression and Anxiety in Great Britain. Diakses pada 17 Oktober 2019.

WebMD.10 Tips to Improve Your Health at Work. Diakses pada 17 Oktober 2019.

Entrepreneur. 9 Ways Employee Can Stay Healthy. Diakses pada 17 Oktober 2019.

CIO. 10 Tips for Being Healthier and More Productive at Work. Diakses pada 18 Oktober 2019.

    Berita Terkait
    register-docotr