Kulit & Perawatan Tubuh

Cara Mengatasi Kebotakan dengan 8 Perawatan Alami yang Terbukti Ampuh

April 17, 2020 | Santi Andriani | dr. Iqbal Adi Anugra
no-image

Ditulis oleh: Lita

Sama seperti bagian tubuh lainnya, rambut terkadang juga mengalami masalah mulai dari ketombe, rambut rontok, hingga kebotakan. Sejumlah perawatan alami menjadi cara mengatasi kebotakan yang ampuh.

Rambut adalah mahkota, baik pria maupun wanita, tentu ingin memiliki rambut yang indah demi menunjang penampilan mereka.  Salah satu masalah yang sangat mengkhawatirkan adalah kebotakan. 

Kebotakan dapat menyebabkan seseorang menjadi minder sehingga tidak percaya diri untuk bersosialisasi. Mungkin terdengar sepele, namun akan berbahaya jika dibiarkan. Beruntung, ada banyak cara mengatasi kebotakan. 

Baca Juga: Pemerintah Wajibkan Semua Pakai Masker, Mana yang Cocok untuk Kamu?

Cara mengatasi kebotakan dengan perawatan alami

Tidak melulu harus ke dokter, cara mengatasi kebotakan juga bisa dilakukan dengan perawatan alami di rumah. Apa saja, simak penjelasan di bawah ini.

1. Lidah buaya

Lidah buaya mengatasi kebotakan secara alami. Foto: https://www.almanac.com/

Jika kebotakan yang dialami tidak terlalu parah, maka ada baiknya  melakukan perawatan sendiri di rumah. Selain lebih aman, perawatan di rumah juga lebih murah. Lidah buaya mampu menguatkan akar rambut dan merangsang pertumbuhan rambut baru. 

Pertama, bilas rambut dengan air bersih kemudian oleskan daging kulit buaya ke kulit kepala secara merata. Kemudian biarkan selama 15 menit dan bilas kembali hingga bersih. Lakukan setidaknya dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Hindari stres         

Hidari stres untuk mencegah kebotakan bertambah parah. Foto: https://globalnews.ca/

Tahukah kamu bahwa stres dapat memicu kerontokan rambut? Hal ini dikarenakan stres mampu menekan produksi hormon penumbuh rambut sehingga rambut menjadi mudah rontok. Bahkan jika dibiarkan terlalu lama dapat berujung pada kebotakan.

3. Hindari menyisir rambut saat basah

jangan menyisir rambut saat basah, karena bisa menyebabkan rambut rontok. Foto: https://www.newwomanindia.com/

Jika rambut kamu sangat tipis dan mulai mengalami kebotakan, maka hindari segala aktivitas yang dapat memperparah kebotakan. Salah satunya adalah menghindari menyisir rambut saat basah. 

Rambut yang basah sangat mudah patah dan rontok jika disisir. Sebaiknya sisir rambut sebelum mencuci rambut sehingga rambut tidak terlalu kusut setelah keramas.

4. Memperbanyak makanan yang mengandung Biotin

Biotin adalah salah satu zat yang mampu mengatasi kebotakan. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung biotin untuk merangsang pertumbuhan rambut baru dan memperkuat akar rambut. 

Adapun beberapa makanan yang banyak mengandung biotin adalah telur, susu, kacang-kacangan, bawang merah, dan sereal.

5. Memijat kulit kepala

Hal lain yang dapat anda lakukan untuk merangsang pertumbuhan rambut baru adalah dengan memberikan stimulasi pada akar rambut. Cara menstimulasi folikel rambut adalah dengan melakukan pijatan ringan di kulit kepala.

6. Perbanyak Air Putih       

alternatif air putih untuk cairan tubuh
Perbanyak minum air putih. Foto: https://www.shutterstock.com/

Cara mengatasi kebotakan lainnya adalah dengan perbanyak minum air putih. Tubuh yang kekurangan cairan akan menyebabkan beberapa organ tubuh tidak dapat bekerja dengan baik dan salah satunya adalah akar rambut. 

Sel penumbuh rambut akan mengalami dehidrasi sehingga menciut dan berhenti menghasilkan hormon penumbuh rambut.

Konsumsi air putih secukupnya setiap hari untuk menghidrasi sel rambut. Hindari pula minuman yang mengandung kafein karena kafein justru mencegah pertumbuhan rambut yang akan memperparah kebotakan.

7. Transplantasi rambut

Cara yang satu ini sangat ampuh dan bersifat permanen. kamu akan mendapatkan rambut yang tebal dan indah sesuai dengan keinginan. Dengan memindahkan sobekan kecil dari kulit kepala yang memiliki rambut ke kulit kepala yang mengalami kebotakan, kepala akan kembali dipenuhi dengan rambut.

Namun cara ini memerlukan biaya yang sangat mahal. Selain itu, transplantasi rambut juga memiliki risiko yang dapat menyebabkan pendarahan bahkan hingga iritasi pada kulit kepala.

Baca Juga: Rambut Bayi Tidak Kunjung Lebat, Terapkan Perawatan dengan 7 Bahan Alami Ini Mom’s

8. Hentikan penggunaan obat

cara mengatasi kebotakan dengan mengurangi konsumsi obat. Foto: https://www.shutterstock.com/

Beberapa obat yang kamu konsumsi dapat memicu kerontokan rambut hingga kebotakan. Jika kamu sudah selesai dengan pengobatan tersebut, sebaiknya langsung hentikan penggunaan obat agar rambut dapat kembali tumbuh.

Namun kamu tetap bisa menghindari kebotakan dengan tetap mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi agar sel rambut tetap mampu menjaga kesehatannya.

Itulah beberapa cara mengatasi kebotakan, baik pada pria maupun wanita. Sebelum kebotakan terjadi, sebaiknya lakukan perawatan rambut dengan  baik mulai saat ini.

Tanyakan masalah seputar kesehatan kepada dokter terpercaya di Good Doctor, yuk langsung tanya sekarang!

Reference

 

Medscape (2017). Diakses 5 Oktober 2019. Hair Transplantation

NEJM. Diakses 5 Oktober 2019. A 57-Year-Old Woman with Hair Loss and Deepening Voice

Medscape (2019). Diakses 5 Oktober 2019. Hair Disorders: Finding the Root of the Problem

WebMD (2017). Diakses 5 Oktober 2019. Why Am I Losing My Hair?

    Berita Terkait
    register-docotr