Info Parenting

Rambut Bayi Tidak Kunjung Lebat, Terapkan Perawatan dengan 7 Bahan Alami Ini Mom’s

April 20, 2020 | Bernadette Anya
feature image

Ditulis oleh: Haekal

Ditinjau oleh: dr. Heru Tri Purwanto

Good Doctor – Saat baru lahir, bayi bisa memiliki rambut yang tebal atau tidak memiliki rambut sama sekali. Bahkan bagi bayi yang lahir dengan rambut lebat, dalam beberapa bulan bisa kehilangan rambutnya, dan itu merupakan kondisi alami.

Berikut ini menjadi alasan BET untuk bisa Inboasi kedepannya baik-baik saja.

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan kerontokan rambut bayi 

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan kerontokan rambut pada bayi. Sumber foto: https://www.todaysparent.com

Pada kehamilan, terjadi peningkatan hormon estrogen yang akan mempengaruhi berbagai metabolisme di dalam tubuh termasuk pertumbuhan rambut bayi. Setelah lahir, hormon ini akan menurun yang menyebabkan rambut bayi dan rambut ibu akan mengalami  kerontokan.

Ini disebabkan karena suatu kondisi medis yang dinamakan telogen effluvium, dimana terjadi kerontokan rambut bayi pada 6 bulan pertama usia bayi. Setelah melalui fase kerontokan, rambut bayi akan segera mulai tumbuh kembali. 

Jika setelah menanti selama beberapa bulan kepala bayi belum ditumbuhi rambut atau pertumbuhannya lambat, Anda bisa mencoba cara melebatkan rambut bayi secara alami.

Cara melebatkan rambut bayi

1. Lidah Buaya

Lidah buaya dapat membantu pertumbuhan rambut bayi. Sumber foto: https://www.medicalnewstoday.com

Lidah buaya tidak hanya bermanfaat bagi kulit tapi juga bagi rambut. Oleskan lidah buaya ke kulit kepala atau campurkan dengan sampo dan kondisioner untuk mendapatkan hasil terbaik. Diterapkan dengan tepat dan rutin, rambut sang buah hati akan segera tumbuh.

2. Gelatin

Kandungan gelatin dapat membantu pertumbuhan rambut pada bayi. Sumber foto: https://www.anappleaday.net.au

Gelatin mengandung asam amino yang penting bagi pertumbuhan rambut bayi. Karena asam amino sulit didapat dari asupan makanan bayi, sehingga gelatin dapat menjadi solusi. 

Oleskan campuran serbuk gelatin dengan satu sendok teh air dingin, air panas, cuka apel, dan madu ke kepalanya sebelum mandi lalu pijat-pijat.

3. Berikan Nutrisi yang Tepat

Nutrisi yang tepat dapat mendukung pertumbuhan rambut bayi. Sumber foto: https://www.kaodim.com

Nutrisi seperti vitamin E, vitamin D, zat besi, asam amino, dan lain-lain dapat bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan rambut bayi kamu. Nutrisi tersebut telah terkandung dalam ASI yang menjadi sumber makanan utama pada bayi. 

Jika bayi telah berumur 6 bulan, kita dapat menambahkan MPASI dalam sumber makanannya. Kita dapat menambahkan makanan yang mengandung nutrisi-nutrisi yang tepat yang tentunya aman untuk dikonsumsi sang buah hati.

4. Kulit Kepala yang Terhidrasi

Kondisi kulit kepala bayi yang sehat dapat mendukung pertumbuhan rambutnya. Sumber foto: https://parenting.firstcry.com

Kulit kepala yang terhidrasi dan sehat dapat membuat rambut bayi cepat tumbuh. Gunakan sampo dan kondisioner ketika mencucinya dan jangan mengeringkan rambut bayi dengan handuk yang kasar agar tidak merusak folikel rambut. 

Sebaliknya, gunakan handuk yang lembut dan keringkan secara halus dan perlahan. Gunakan air hangat-hangat kuku ketika mencuci rambutnya.

5. Minyak kelapa atau minyak alami

Minyak kelapa dapat membantu kulit kepala bayi agar terhidrasi. Sumber foto: https://www.healthline.com

Minyak alami seperti minyak argan, minyak kelapa, maupun minyak kastor dapat membantu kepala tetap terhidrasi. Oleskan dan pijatkan ke kepala bayi secara perlahan dan lembut untuk mendapatkan manfaat dari minyak tersebut.

6. Menggunakan sampo berkualitas

Gunakan sampo bayi yang berkualitas untuk menjaga kesehatan kulit kepala bayi. Sumber foto: https://www.everymum.ie

Sampo bayi yang berkualitas sebaiknya mengandung hingga 100% bahan alami tanpa bahan kimia. Dengan demikian, kulit kepala bayi kamu dapat terhindar dari efek bahan kimia yang dapat menghambat pertumbuhan rambut. 

Keramas dengan sampo khusus bayi dapat memastikan kulit kepala tetap bersih dan terhidrasi.

7. Vitamin E

Kandungan vitamin E dapat mendukung pertumbuhan rambut bayi. Sumber foto: https://www.smartparents.sg

Vitamin E banyak terkandung dalam produk perawatan rambut. Kandungan antioksidan pada vitamin E dapat mengurangi stres oksidatif pada kulit kepala sehingga mencegah kerontokan dan justru mendorong pertumbuhan rambut.

Kebotakan pada bayi bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti faktor genetik. Kebanyakan bayi mulai mengalami pertumbuhan rambut setelah berusia 1 tahun. 

Jika si kecil masih botak menjelang ulang tahun ke dua, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui kemungkinan penyebabnya. Apakah ada faktor kesehatan yang mempengaruhi atau menghambat pertumbuhan rambut. Selamat mencoba mom’s.

Pertumbuhan rambut bayi 

Rambut adalah salah satu hal paling penting dalam masa pertumbuhan bayi. Hingga kini banyak sekali yang sudah berumur 1 tahun tetapi rambut yang tumbuh tidak merata.

Namun setiap bayi tentu memiliki masa , jika ada tambahan mohon bantuannya untuk trf tumbuhnya berbeda seperti beberapa penjelasan di bawah:

Rambut adalah salah satu hal paling penting dalam masa pertumbuhan bayi. Hingga kini banyak sekali yang sudah berumur 1 tahun tetapi rambut yang tumbuh tidak merata. Namun setiap bayi tentu memiliki masa tumbuhnya berbeda seperti beberapa penjelasan di bawah:

Bayi bisa botak? 

Tak hanya orang dewasa saja, bayi pun juga bisa mengalami kebotakan. Umumnya, terjadinya botak di bagian belakang dan satu tim sudah tahu kak. Jadinya  kepala bayi karena posisi tidurnya. 

Terakhir, sebaiknya anak ditempatkan yang membuat dia nyaman. Rambut di bagian kepala bayi yang bergesekan dengan bantal kemungkinan besar akan menipis.

Baca juga: Minyak Kemiri untuk Bayi, Tak Cuma Sekedar Penyubur Rambut Lho

Cara menumbuhkan rambut bayi 

Hingga kini banyak orang tua yang melakukan apa saja untuk menjaga penampilan sang anak. Salah satunya dengan memperhatikan pertumbuhan rambut bayi. Rata-rata para ibu sibuk membeli berbagai macam produk penumbuh rambut bayi. Namun apakah hal itu efektif?

Jika tidak yakin dengan cara diatas, kamu juga bisa langsung melakukan beberapa cara alami ini untuk menumbuhkan rambut bayi: 

Alpukat dan madu 

Perlu kamu ketahui bahwa alpukat punya vitamin E alami sedangkan madu, terbukti ampuh menguatkan akar rambut serta mencegah kerontokan.

Kemiri

Moms, kamu juga bisa bisa memberikan minyak kemiri pada area alis jika tipis loh. Selain bermanfaat untuk menumbuhkan rambut bayi secara cepat, kemiri juga ampuh melebatkan beberapa area rambut yang tipis. 

Pisang dan minyak zaitun

Buah pisang mengandung bahan mineral seperti kalium yang bisa membuat rambut tumbuh lebih cepat. Kemudian cara menebalkan rambut bayi dengan minyak zaitun bisa membuat folikel rambut lebih kuat dan tumbuh dengan baik.


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Referensi:

How Vitamin E Can Benefit Your Hair? Diakses pada 7 Desember 2019. Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/vitamin-e-for-hair.

Bald Baby: When Will They Start Growing Hair? Diakses pada 7 Desember 2019. Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/bald-baby

register-docotr