Info Sehat

‘Saya Sering Sakit Kepala Berat, Apakah Ini Kanker Otak?’ Kenali Gejalanya di Sini

April 15, 2020 | Bernadette Anya
feature image

Ditulis dan ditinjau oleh : dr. Ghifara Huda

Mendengar kata kanker otak, kamu mungkin akan ngeri membayangkannya. Penyakit ini memang berdampak pada kematian, namun pengobatan sedini mungkin adalah kunci keberhasilan penyembuhan.

Penelitian yang dilakukan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat menyebutkan, kematian anak akibat kanker otak mengalami peningkatan, yakni dari 516 anak di tahun 1999 menjadi 534 pada 2014.

Kenali apa itu kanker otak dan bagaimana penyebarannya

Penyebaran kanker otak yang harus kamu ketahui. Sumber foto: https://www.shutterstock.com

Kanker otak adalah  pertumbuhan abnormal dari sel otak yang sudah menyebar atau meluas. Penyebaran kanker otak ini dibedakan menjadi dua.

  1. Primer

Penyebarannya dimulai dari sel otak yang tumbuh tidak normal kemudian menyebar ke organ tubuh lain.

  1. Sekunder

Penyebarannya dimulai dari sel organ lain yang tumbuh secara abnormal dan menyebar sampai ke otak.

Namun, baik primer maupun sekunder memiliki dampak yang sama sama mematikan.

Bagaimana mengenali gejala kanker otak?

Sakit kepala adalah salah satu gejala umum yang dialami seseorang yang menderita kanker otak. Sumber foto: https://www.shutterstock.com

Penanganan sejak dini penyakit kanker otak adalah kunci keberhasilan penyembuhan. Karenanya mengenali gejala kanker sejak dini merupakan hal yang penting untuk dipahami.

Lalu apa saja gejala yang muncul hingga seseorang patut dicurigai terkena kanker otak? Simak penjelasan berikut.

1. Sakit kepala

Sakit kepala merupakan gejala yang umum dirasakan oleh seseorang yang menderita kanker otak. Umumnya nyeri kepala yang dialami makin lama makin memberat. Jika terdapat kelumpuhan pada anggota badan dan dibarengi dengan nyeri kepala patut dicurigai bahwa seseorang terkena kanker otak, meski untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan medis lengkap.

2. Gangguan keseimbangan

Jika sebelumnya seseorang itu tidak mengalami masalah saat berjalan namun tiba-tiba mengalami kesulitan untuk berdiri ataupun berjalan dan mudah terjatuh tanpa penyebab yang jelas, patut dicurigai orang itu kemungkinan menderita kanker otak.

Gangguan keseimbangan disebabkan karena terjadinya gangguan pusat keseimbangan di otak akibat penyebaran sel otak yang abnormal.

3. Gangguan Berbicara

Penyebaran sel otak yang abnormal akan mengganggu fungsi otak yang mengatur seseorang untuk berbicara. Keluhan ini muncul juga secara bertahap dan makin lama makin memberat. Seseorang dapat mengalami kesulitan berbicara dengan baik bahkan sulit memahami isi pembicaraan orang lain.

4. Gangguan ingatan

Penderita kanker otak akan mengalami gangguan untuk mengingat sesuatu meskipun sebelumnya adalah seseorang yang tergolong memiliki ingatan yang tajam. Kerusakan pada bagian otak pengatur memori adalah penyebab mengapa hal ini terjadi.

5. Gangguan penglihatan

Penglihatan semakin lama semakin turun, baik salah satu mata maupun keduanya. Selain itu dapat pula terjadi penglihatan ganda yang sulit dihilangkan tergantung lokasi bagian otak yang mengalami kerusakan akibat sel kanker.

Gangguan ini tidak dapat dikoreksi dengan menggunakan kacamata, jika kanker makin parah maka akan terjadi kebutaan.

6. Kesulitan menelan makanan

Gangguan ini timbul akibat kerusakan pada batang otak sehingga secara bertahap penderita kanker otak mengalami kesulitan  menelan makanan.

7. Kelumpuhan

Kerusakan bagian otak pengatur fungsi motorik dan sensorik menyebabkan kelumpuhan. Tidak dapat merasakan panas, dingin, rabaan dan kesulitan menggerakkan anggota badan. Gejala kelumpuhan ini berjalan bertahap dan kecepatannya tergantung jumlah dan derajat kerusakan yang diakibatkan oleh sel otak yang abnormal.

Pengobatan sedini mungkin adalah kunci keberhasilan penyembuhan

Konsultasikan sedini mungkin kepada dokter apabila mengalami gejala-gejala kanker otak. Sumber foto: https://www.shutterstock.com

Keberhasilan pengobatan seseorang yang mengidap kanker otak tentunya bergantung pada beberapa hal, salah satunya penanganan sedini. Sebaliknya, semakin lama pengobatan diberikan maka semakin buruk pula angka keberhasilan dalam pengobatan ataupun kemampuan seseorang bertahan hidup dengan kanker otak.

Karenanya jika kamu atau mungkin orang yang kamu kenal mengalami gejala- gejala yang dijelaskan di atas, segeralah berkonsultasi dengan dokter dan menceritakan semua keluhan yang kamu alami. Dokter tentu akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan lebih mendalam.

Namun penting juga  kamu tidak langsung berprasangka jika memiliki gejala-gejala tersebut pastilah terkena kanker otak. Ingat, diagnosa kanker otak hanya dapat ditegakkan oleh dokter dengan prosedur pemeriksaan yang rumit, detail dan sistematis.  


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Referensi:

Brain tumor symptomps. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/brain-tumor/symptoms-causes/syc-20350084. Diakses 18 Oktober 2019

Meningioma Brain Tumor. https:// Neurosurgery.ucla.edu. Diakses 18 Oktober 2019

Brain cancer symptoms. https://www.cancercouncil.com.au/brain-cancer/symptoms/. Diakses 18 Oktober 2019.

What are the first signs of Brain cancer. https://www.emedicinehealth.com/ask_what_are_the_first_signs_of_brain_cancer/article_em.htm. Accessed 18 October 2019.

register-docotr