Gizi Anak

5 Manfaat Wortel bagi Si Kecil, Bukan Cuma untuk Kesehatan Mata, Moms!

March 14, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Si Kecil sudah memasuki usia 6 bulan dan siap memulai makanan pendamping ASI (MPASI)? Moms pastinya sudah memilihkan beberapa resep agar makanan anak lebih bervariasi, kan? Jangan lupa untuk memasukkan wortel dalam daftar makanan tersebut, ya Moms. 

Karena wortel adalah salah satu pilihan makanan dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk bayi. Berikut penjelasan kandungan nutrisi wortel dan manfaatnya untuk si Kecil. Sekaligus beberapa tips mengolah wortel untuk MPASI anak.

Kandungan nutrisi wortel

Dalam 100 gram wortel mengandung:

  • Kalori: 41
  • Serat: 2.8 gram
  • Karbohidrat: 9,58 gram
  • Protein: 0,93 miligram
  • Lemak: 0,24 miligram
  • Kalsium: 33 miligram
  • Zat besi: 0,3 milligram
  • Magnesium: 12 milligram
  • Fosfor: 35 milligram
  • Kalium: 320 milligram
  • Sodium: 69 miligram
  • Mangan: 0,143 miligram
  • Zinc: 0.24 miligram
  • Vitamin C: 5,9 miligram
  • Vitamin B1: 0,066 miligram
  • Vitamin B2: 0,058 miligram
  • Vitamin B3: 0,983 miligram
  • Vitamin B5 0,273 miligram
  • Vitamin A: 0,835 miligram

Selain yang sudah disebutkan juga mengandung sebagian kecil vitamin B6, B9, E dan K. Dengan kandungan tersebut, memasukkan wortel menjadi salah satu makanan bayi, dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan anak. 

Manfaat wortel untuk bayi

Moms, saat anak sudah memasuki waktu untuk memakan makanan padat, wortel adalah salah satu makanan yang Moms pilih. Karena di awal-awal bayi mencoba makanan padat, Moms perlu membiasakan si Kecil terbiasa dengan rasa-rasa baru dari makanan selain ASI. 

Wortel secara alami memiliki rasa yang manis dan lembut setelah dimasak. Sehingga cocok untuk anak yang baru belajar mengenal berbagai pilihan rasa. Apalagi kandungan nutrisi wortel dibutuhkan untuk kesehatan bayi, karena dapat memberikan sejumlah manfaat seperti berikut ini. 

1. Mendukung pertumbuhan sel sehat

Wortel mengandung khasiat yang memengaruhi mekanisme pertumbuhan sel. Apabila diperlukan pertumbuhan sel yang lebih cepat, seperti menyembuhkan luka, nutrisi dari wortel dapat membantu penyembuhan tersebut. 

2. Fungsi hati yang lebih baik

Hati adalah organ yang terpengaruh saat ada bahan kimia beracun yang masuk ke dalam tubuh. Wortel bermanfaat untuk melindungi hati dari efek bahan kimia berbahaya tersebut. 

3. Menguatkan kekebalan tubuh

Bayi membutuhkan sistem kekebalan tubuh yang kuat. Limfosit dan trombosit darah adalah dua hal yang menjaga keseimbangan sistem kekebalan tubuh. Wortel membantu meningkatkan jumlah keduanya agar sistem kekebalan tubuh anak semakin kuat. 

4. Mendukung kesehatan jantung

Kandungan flavonoid dapat meningkatkan kesehatan jantung dan ginjal, membuat organ-organ ini berfungsi lebih baik. Sehingga sistem peredaran darah juga lebih lancar. 

5. Baik untuk penglihatan

Wortel baik untuk kesehatan mata, khususnya retina, selaput mata dan kornea. Dilansir dari Healthline, bayi di bawah enam bulan membutuhkan 400 mikrogram vitamin A per hari dan bayi yang berusia di antara 6 bulan hingga satu tahun membutuhkan 500 mikrogram per hari. 

Manfaat wortel lainnya

Kandungan wortel lainnya seperti vitamin K, dapat membantu pembekuan darah dengan baik. Vitamin B6, diperlukan untuk kesehatan kulit, rambut, mata dan hati. 

Sedangkan kandungan serat dari wortel, baik untuk menunjang kesehatan pencernaannya. 

Tips memasak wortel untuk bayi

Bayi baru boleh mengonsumsi wortel setelah berusia 6 bulan. Untuk usia awal, sebaiknya Moms menyajikan wortel yang telah dimasak dan diolah agar lebih mudah untuk dimakan. Berikut beberapa tips pengolahan wortel untuk si Kecil. 

Wortel rebus

Ini adalah cara yang mudah, karena cukup mengupas dan mencuci wortel. Lalu merebusnya dalam air hingga empuk. Setelah matang, hancurkan dan tambahkan air untuk mendapatkan konsistensi yang tepat. 

Wortel panggang

Sayuran yang dipanggang akan mengeluarkan rasa yang lebih kuat. Cara memanggang wortel, adalah dengan mengupas dan mencucinya. Kemudian potong-potong dan tuang satu sendok minyak zaitun dalam wadah. 

Ratakan dan panggang wortel selama 30 menit dalam oven dengan panas sekitar 140 derajat Celcius. Setelah matang, blender wortel panggang dan satu gelas air hingga halus. 

Mencampur wortel dengan ayam

Menyiapkan menu ini cukup mudah. Moms perlu memanaskan minyak zaitun dalam panci untuk menumis setengah bawang bombay sampai lunak. Tambahkan 350 gram irisan wortel dan 250 mililiter kaldu ayam dan didihkan. 

Masukkan satu dada ayam yang sudah dicincang dan masak hingga matang. Setelahnya blender semuanya menjadi hidangan yang memenuhi kebutuhan nutrisi harian bayi yang berusia 7 hingga 12 bulan. 

Moms juga bisa mencampurkan wortel dengan sayuran lain atau membuatnya menjadi bakso wortel untuk melatih kemampuan bayi untuk menggenggam makanannya sendiri. 

Demikian manfaat dan juga sedikit tips untuk Moms yang ingin menggunakan wortel menjadi salah satu bahan makanan pendamping ASI untuk si Kecil. 

Punya pertanyaan lebih lanjut? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 13 Maret 2021
5 Homemade Baby Food Recipes with Carrots
Healthline, diakses 13 Maret 2021
Carrots 101: Nutrition Facts and Health Benefits
Parenting.firstcry, diakses 13 Maret 2021
Carrot for Babies
WebMd, diakses 13 Maret
Carrot

    register-docotr