Kamus Obat

Catat! Ini Pilihan Obat Radang Tenggorokan yang Bisa Kamu Coba

January 8, 2021 | Putri Prima Soraya | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Pastikan untuk mengecek kesehatanmu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Periksa kesehatan telinga, hidung, dan tenggorokan dengan mitra dokter spesialis kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Saat terasa mengganggu, obat radang tenggorokan menjadi solusi untuk mengatasi penyakit yang terjadi pada saluran pernapasan tersebut.

Biasanya, radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi, bakteri, dan virus sehingga diperlukan obat radang tenggorokan untuk membunuh bakteri atau virus tersebut.

Apa itu radang tenggorokan?

Radang tenggorokan atau dalam istilah medis dikenal dengan faringitis adalah kondisi di mana tenggorokan terasa sakit, gatal atau kering.

Ada beberapa faktor yang membuat kita mengalami radang tenggorokan, seperti infeksi, kondisi lingkungan, dan lain lain. 

Sebenarnya, meskipun terasa sangat tidak nyaman, radang tenggorokan dapat sembuh dengan mudah.

Tapi tetap kita tidak boleh meremehkan sakit yang satu ini, karena pada orang-orang yang mengidap penyakit kekebalan tubuh seperti HIV/AIDS, radang tenggorokan dapat menyebabkan komplikasi penyakit lainnya.

Penyebab radang tenggorokan

Terdapat beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya radang tenggorokan, yaitu:

1. Infeksi bakteri dan virus

Bakteri dan virus umumnya menjadi penyebab utama munculnya radang tenggorokan. Jika penyebab radang tenggorokan adalah bakteri, maka kamu perlu mengonsumsi antibiotik yang diresepkan oleh dokter.

2. Alergi 

Alergi bisa berupa terhadap bulu hewan peliharaan atau juga karena alergi terhadap debu.

Ketika tubuh mendapatkan rangsangan dari pemicu alergi, sistem imun akan memproduksi bahan kimia yang menyebabkan kita menjadi bersin, mengalami hidung tersumbat, hidung dan tenggorokan berlendir, dan sebagainya.

Kelebihan lendir inilah yang menyebabkan tenggorokan dapat teriritasi.

3. Dehidrasi

Dehidrasi dapat menyebabkan tenggorokan kehilangan kelembaban sehingga menyebabkan iritasi dan peradangan.

4. Merokok dan mengonsumsi alkohol

Tembakau dan alkohol merupakan contoh zat kimia yang dapat mengiritasi tenggorokan dan menyebabkan terjadinya peradangan. Untuk itu, kedua zat ini harus kita hindari jika tidak ingin memperparah kondisi radang tenggorokan.

Selain sakit tenggorokan, kedua zat ini juga tidak baik untuk kesehatan dan dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis lainnya. Jadi mulai kurangi konsumsinya, ya!

5. GERD atau gangguan pada lambung

GERD merupakan kondisi di mana asam lambung naik kembali ke kerongkongan. Keadaan ini jugalah yang dapat memicu terjadinya iritasi pada tenggorokan.

6. Makanan pedas dan berminyak

Makanan pedas dan berminyak merupakan makanan yang digemari banyak masyarakat Indonesia. Tentu saja bagi sebagian orang, makanan pedas dapat menggugah selera makan.

Namun sebaiknya jika kamu tidak ingin mengalami radang tenggorokan, kurangi mengonsumsi makanan yang pedas dan berminyak.

7. Kondisi imun yang lemah

Jika radang disebabkan oleh adanya virus dan bakteri maka tubuh akan memproduksi sistem imun untuk melawan virus dan bakteri tersebut. Untuk itulah kondisi imun sangat berpengaruh terhadap bagaimana tubuh dapat sembuh dari radang tenggorokan.

Gejala radang tenggorokan

Saat seseorang menderita radang tenggorokan biasanya akan muncul gejala-gejala seperti berikut ini:

  1. Sakit, gatal dan kering pada tenggorokan
  2. Kelenjar bengkak pada leher
  3. Suara serak
  4. Sakit kepala
  5. Kesulitan menelan
  6. Demam
  7. Panas dingin
  8. Batuk
  9. Flu dan hidung tersumbat
  10. Kehilangan nafsu makan

Pilihan obat radang tenggorokan alami

Radang tenggorokan membuat kita tidak nyaman dalam menjalani kegiatan. Kalau sudah begini, tentu kamu harus segera mengobatinya. Ada beberapa obat baik itu alami maupun kimia yang dapat mengatasi radang tenggorokan. 

Beberapa jenis obat alami yang disarankan untuk dikonsumsi saat kita mengalami radang tenggorokan berasal dari jenis tumbuh-tumbuhan yang mudah kita temui.

Bahan obat alami untuk mengobati radang tenggorokan diambil dari resep turun temurun. Obat alami juga dapat dipilih karena dianggap cukup berpengaruh dan memiliki efek samping yang kecil.

Berikut obat alami yang dapat menyembuhkan penyakit radang tenggorokan di antaranya:

1. Jahe untuk obat radang tenggorokan

Seperti yang kita tahu, jahe punya efek menghangatkan. Bagian jahe yang umum digunakan untuk mengobati radang tenggorokan adalah rimpangnya.

Kandungan minyak atsiri yang banyak terdapat pada rimpang jahe dapat mengobati radang tenggorokan.

Salah satu cara yang paling mudah mengolah jahe untuk obat radang adalah dengan memarkan rimpang jahe lalu diisap.

Selain itu dapat pula diolah dengan cara satu inci potong jahe kemudian ditumbuk dan direbus selama kurang lebih dua sampai tiga menit, lalu campur dengan teh yang telah dibuat.

2. Jeruk nipis

Pasti kamu juga sudah tidak asing lagi, kalau jeruk nipis bisa digunakan untuk mengobati masalah tenggorokan. Bagian tanaman jeruk nipis yang umumnya digunakan oleh masyarakat untuk mengobati radang tenggorokan adalah buahnya.

Cara pengolahan jeruk nipis sebagai obat tenggorokan dapat dilakukan dengan berbagai cara, kamu bisa menggunakan perasan jeruk nipis ditambahkan dengan satu buah kuning telur dan gula pasir sesuai selera kemudian dicampur dan diminum.

Atau kamu juga bisa mengolahnya dengan cara mencampurkan perasan satu buah jeruk nipis dan tambahkan dengan satu sendok makan kecap dicampur kemudian diminum.

3. Belimbing wuluh

Punya rasa yang asam, belimbing wuluh dipercaya bisa menyembuhkan radang. Cara pengolahannya belimbing wuluh sendiri juga cukup mudah yaitu dengan bunga belimbing segar yang diambil satu genggam dan ditambahkan air dan gula batu secukupnya kemudian diminum.

4. Kunyit

Bagian rimpang kunyit juga banyak digunakan oleh banyak orang untuk mengobati radang tenggorokan.

Kandungan minyak atsiri yang terdapat pada rimpang kunyit dipercaya dapat digunakan sebagai anti bakteri dan anti peradangan.

Cara pengolahannya dapat dilakukan dengan mencampurkan satu sendok garam dan sejumput kunyit dengan 200 ml air hangat, lalu campuran tersebut dapat digunakan untuk  berkumur.

5. Sirih

Daun sirih banyak dipercaya juga oleh masyarakat sebagai obat alami untuk radang tenggorokan.

Caranya untuk mengolah daun sirih sebagai obat radang adalah dengan dengan menyeduh tiga lembar daun sirih dalam satu gelas air panas kemudian didinginkan lalu gunakan air tersebut untuk kumur-kumur. 

6. Madu sebagai obat radang tenggorokan

Madu merupakan bahan alami yang banyak terdapat di rumah dan dipercaya sebagai penyembuh luka. Mengingat fakta tersebut maka madu dapat digunakan sebagai obat alami untuk radang tenggorokan.

Madu baik dikonsumsi secara langsung maupun dikonsumsi bersama minuman lain seperti teh.

7. Air garam

Garam sebagai bahan dapur yang umum ditemui di rumah dapat dijadikan alternatif pengobatan radang tenggorokan.

Pengolahan garam sebagai pengobatan radang tenggorokan juga mudah kamu cuma perlu melarutkan garam dengan air hangat dan dikumur.

Air garam dapat berfungsi sebagai antibakteri, memecah sekresi liur dan membantu meringankan pembengkakan.

Pilihan obat radang tenggorokan di apotik

Selain obat alami untuk radang tenggorokan, ada juga obat radang tenggorokan di apotik yang bisa membantu kita untuk pulih dari radang. Tapi tetap pemakaiannya harus kamu perhatikan dan tidak boleh sembarangan. 

Kamu juga harus perhatikan sesuai kondisi ya, apakah bisa dijadikan obat radang tenggorokan untuk anak dan obat radang tenggorokan untuk ibu hamil.

Jika ternyata tidak tercantum dalam aturan pakai sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter jika membutuhkan obat radang tenggorokan untuk anak atau obat radang tenggorokan untuk ibu hamil.

Berikut daftar obat radang tenggorokan yang bisa kamu dapatkan di apotik.

1. Parasetamol atau asetaminofen, dan aspirin 

Obat ini termasuk kedalam golongan obat bebas yang dapat diperoleh tanpa resep dokter di apotek dan dapat berkhasiat untuk meringankan rasa sakit akibat radang tenggorokan.

Parasetamol atau asetaminofen, dan aspirin termasuk golongan anti nyeri dan anti demam yang dapat digunakan untuk meringankan sakit pada tenggorokan dan demam yang kamu rasakan ketika mengalami radang tenggorokan.

2. Ibuprofen untuk obat radang tenggorokan

Selain parasetamol atau asetaminofen, dan aspirin, ibuprofen dapat dipilih karena dapat berfungsi sebagai anti peradangan dan anti nyeri. Namun ibuprofen tidak cocok untuk semua orang sehingga harus berhati-hati jika memilih mengonsumsi ibuprofen.

Ibuprofen juga sebaiknya tidak dijadikan obat radang tenggorokan untuk ibu hamil. Karena ibu hamil disarankan menghindari ibuprofen, terutama saat usia kehamilan sudah 30 minggu atau lebih.

Sementara itu ibuprofen dapat digunakan sebagai obat radang tenggorokan untuk anak. Tetapi sebaiknya cermati obat yang kamu pilih ya. Biasanya ibuprofen tersedia dalam bentuk sirup cair untuk anak usia 3 bulan hingga 12 tahun.

Baik parasetamol atau asetaminofen, aspirin, dan ibuprofen, sebaiknya tidak dikonsumsi dalam waktu yang lama, jika nyeri yang dirasakan sudah hilang obat ini harus segera dihentikan untuk menghindari terjadinya efek samping akibat penggunaan jangka panjang.

3.  Tablet hisap (lozenges) 

Kandungan bahan aktif dapat digunakan sebagai bahan aktif pereda sakit tenggorokan. Umumnya tablet hisap mengandung bahan aktif anti radang, anestetik, atau antiseptik.

Tablet hisap juga akan membantu memproduksi air ludah guna menghindari dehidrasi pada tenggorokan.

4. Obat semprot mulut

Obat ini mengandung Phenol crystal 1.4% yang dapat membunuh kuman penyebab sakit tenggorokan, meredakan sakit tenggorokan akibat iritasi ringan.

5. Antibiotik

Jika radang tenggorokan kamu disebabkan oleh virus, biasanya untuk menyembuhkannya kamu perlu minum antibiotik.

Antibiotik jenis tertentu mungkin akan kamu dapatkan dari resep dokter jika radang tenggorokan telah dipastikan disebabkan oleh bakteri.

Meski antibiotik adalah salah satu obat radang tenggorokan di apotik yang bisa kamu dapatkan, tapi pembeliannya hanya dapat dilakukan dengan resep dokter dan harus dihabiskan sesuai anjuran untuk menghindari terjadinya resistensi bakteri (kebalnya bakteri terhadap antibiotik).

Hal-hal perlu diperhatikan jika terkena radang tenggorokan

Selain dengan obat-obat alami dan kimia, terdapat beberapa hal yang perlu kita perhatikan untuk membantu kesembuhan saat kita terkena radang tenggorokan.

1. Hindari menghirup udara lewat mulut 

Saat terjadi radang tenggorokan disertai pilek, kita biasanya kita menggunakan mulut untuk menghirup udara karena hidung yang tersumbat.

Hal itu sebaiknya dihindari, karena jika kita menghirup udara melalui mulut udara akan masuk tanpa adanya penyaringan seperti saat kita menghirup udara melalui hidup.

Udara dan bakteri ataupun virus dapat mudah masuk begitu saja dan memperparah kondisi radang tenggorokan yang sedang kita alami.

2. Perbanyak minum air putih

Air putih dapat membantu menghindari tenggorokan kita yang disebabkan karena dehidrasi. Sebaiknya, minum air putih sesuai anjuran  yaitu 8 gelas sehari.

3. Makan makanan yang mudah ditelan

Untuk menghindari kondisi peradangan semakin parah, sebaiknya untuk sementara hindari makan makanan keras dan perbanyak konsumsi makanan mudah ditelan seperti sup dan bubur.

4. Istirahat yang cukup

Beristirahat selama 6-8 jam per hari atau sesuai kebutuhan tidurmu, dapat memperkuat sistem imun untuk melawan virus dan bakteri penyebab radang tenggorokan.

Itulah hal-hal terkait radang tenggorokan serta pengobatan baik secara alami maupun kimiawi, yang perlu kamu tahu jika mengalami gejala dan tanda radang tenggorokan.

Meskipun tidak dikategorikan sebagai infeksi yang serius tetap saja menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu.

Jika kamu mengalami gejala radang tenggorokan, dan gejala tersebut tidak kunjung membaik, segera konsultasikan kepada dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

Apalagi jika disertai dengan demam diatas 38 °C, kedinginan, kesulitan menelan, atau tidak dapat minum cairan sebaiknya segera jadwalkan janji temu dengan dokter karena dikhawatirkan merupakan tanpa penyakit yang serius.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Mayo Clinic (2020). Diakses pada 27 April 2020. Sore throat

Healthline (2017). Diakses pada 27 April 2020. Sore Throat 101: Symptoms, Causes, and Treatment

Healthline (2017). Diakses pada 27 April 2020. 12 Natural Remedies for Sore Throat

Peen Medicine (2018). Diakses pada 27 April 2020. 6 At-Home Remedies to Ease Your Sore Throat

Electronic Theses and Dissertations Universitas Muhammadiyah Surakarta (2011). Diakses pada 27 April. Uji Efek Tonikum Infusa Rimpang 

STMIK Sinar Nusantara Surakarta (2017). Diakses pada 27 April 2020. Diagnosis Penyakit Pernafasan pada Anak dengan Metode Naive Bayes (Doctoral Dissertation)

Serambi Acedemica (2015). Diakses pada 27 April 2020. IDENTIFIKASI JENIS TUMBUHAN OBAT TRADISIONAL YANG DIGUNAKAN SEBAGAI OBAT RADANG TENGGOROKAN DI DESA REUHAT TUHA KECAMATAN SUKAMAKMUR ACEH BESAR

 

    register-docotr