Diet dan Nutrisi

Wortel hingga Brokoli, Ini 7 Jenis Sayuran yang Paling Baik Dijadikan Jus!

April 30, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Sayuran terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan. Di sisi lain, sayuran tak hanya dapat diolah sebagai hidangan makanan saja, melainkan juga dapat diolah menjadi jus. Ternyata ada beberapa jenis sayur yang paling baik dibuat untuk menjadi jus lho, apa saja? Yuk, ketahui di sini.

Baca juga: Tak Sekadar Legit, Ini 5 Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

Apa saja jenis sayuran yang paling baik dibuat jus?

Nah, berikut ini adalah daftar jenis sayuran yang baik untuk dibuat jus beserta dengan kandungan nutrisi serta manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

1. Kale

Sayuran berdaun hijau ini memiliki kandungan nutrisi yang berlimpah, seperti vitamin A, K dan C. Sebagai tambahan, kale juga mengandung antioksidan, termasuk beta karoten. Ini menjadikan kale sebagai sayuran yang baik untuk dibuat jus.

Perlu kamu ketahui bahwa antioksidan dapat menetralkan molekul berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas, sehingga dapat membantu mencegah kondisi tertentu, seperti penyakit jantung.

Akan tetapi, kale memiliki rasa yang agak pahit. Namun tak perlu khawatir, karena kamu bisa membuat jus kale dengan mencampurkannya bersama buah-buahan lainnya untuk mengurangi rasa pahit tersebut.

2. Wortel

Selain digunakan pada masakan, wortel merupakan sayuran yang paling banyak dijadikan sebagai jus. Wortel memiliki kandungan kalori yang rendah namun sayuran yang identik dengan warna oranye ini mengemas nutrisi lain dalan jumlah yang tinggi.

Bahkan dalam satu cangkir atau sekitar 240 mL jus wortel mengandung 2 gram protein, 2 gram serat, 96 kalori, vitamin A, C, K dan potasium atau kalium.

Tak ketinggalan, wortel juga mengandung karotenoid, yakni pigmen tumbuhan yang berperan sebagai antioksidan yang kuat dalam tubuh.

Bahkan, satu studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan karotenoid dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit mata degeneratif, penyakit jantung, serta jenis kanker tertentu.  

Di samping itu, jus wortel juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh lho, termasuk meningkatkan kesehatan mata, tingkatkan kekebalan tubuh, hingga menjaga kesehatan jantung.

3. Bayam

Memiliki kandungan vitamin A, C, dan mengandung antioksidan seperti quercetin, kaempferol, dan lutein menjadikan bayam sayuran lainnya yang baik untuk dijadikan sebagai jus. Jika dijadikan sebagai jus bayam memiliki rasa yang menyegarkan.

Mengontrol tekanan darah, menjaga kesehatan kulit dan rambut, serta menjaga kesehatan mata adalah beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh jika mengonsumsi jus bayam.

Baca juga: Apakah Sayuran yang Digoreng Sehat bagi Tubuh? Ini Jawabannya!

4. Brokoli

Brokoli merupakan sumber mikronutrien utama yang sangat baik, seperti kalium, vitamin A, vitamin B6, serta vitamin C.

Dikutip dari laman Healthline, brokoli juga mengandung kaempferol, yakni senyawa kuat yang telah terbukti dapat membantu menetralkan radikal bebas, mengurangi peradangan, hingga mengurangi pertumbuhan sel kanker dalam studi pada tabung reaksi.

5. Kubis

Kubis mungkin saja sayuran yang tidak sepopuler wortel untuk dijadikan sebagai jus. Namun siapa sangka, ternyata kubis adalah sayuran bergizi dan lezat yang juga cocok untuk dijadikan jus.

Kubis memiliki kandungan vitamin K, C, serta B6. Selain itu, kubis juga mengandung folat dan mangan.

Memiliki kandungan nutrisi yang penting, menjadikan manfaat jus kubis sangat berlimpah, di antaranya adalah membantu melawan radikal bebas, mendetoksifikasi kulit, meningkatkan fungsi hati, dan membangun sistem kekebalan.  

6. Timun

Timun memiliki kandungan air yang tinggi. Tak hanya itu, timun juga termasuk sayuran dengan kandungan kalori yang rendah, tetapi memiliki kandungan potasium, mangan, vitamin K dan C yang tinggi.

Jus mentimun dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Hidrasi tubuh yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan, fungsi ginjal, serta kinerja fisik.

Bahkan, penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa ekstrak timun dapat membantu mengurangi peradangan pada sel kulit.

7. Tomat

Tomat juga baik untuk dijadikan sebagai jus. Tomat merupakan sumber vitamin C, potasium, dan folat yang baik. Selain itu, kandungan kalori dalam tomat juga dikatakan rendah.

Sebagai tambahan, tomat juga mengandung likopen, yakni senyawa yang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker prostat, serangan jantung dan stroke. Mengonsumsi jus tomat juga dapat membantu mengurangi peradangan serta meningkatkan metabolisme.

Tak hanya dapat diolah sendiri, kamu juga dapat mencampurkan tomat dengan bahan lainnya, seperti seledri atau mentimun untuk mendapatkan jus yang menyegarkan sekaligus menyehatkan.

Nah, itulah beberapa jenis sayuran yang baik untuk dibuat jus. Bagaimana, tertarik membuat jus sayuran di atas?

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr