Diet dan Nutrisi

Tak Sekadar Legit, Ini 5 Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

April 2, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Rambutan menjadi salah satu buah yang terkenal di Indonesia. Di balik rasanya yang manis dan menyegarkan, rambutan punya kandungan nutrisi penting untuk kesehatan, lho. Apa saja manfaat buah rambutan?

Buah rambutan berasal dari Asia Tenggara. Buah yang memiliki nama latin Nephelium lappaceum ini memiliki ciri khas kulit berwarna merah dan dikelilingi oleh bulu. Daging buah rambutan memiliki tampilan yang hampir serupa dengan leci.

Baca juga: 7 Manfaat Jeruk Kasturi untuk Kesehatan, Salah Satunya Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh!

Kandungan nutrisi buah rambutan

Buah rambutan kaya akan kandungan nutrisi penting, salah satunya vitamin B5. Vitamin ini berperan penting dalam proses mengubah makanan menjadi energi.

Perlu kamu tahu bahwa vitamin B5 hanya tersedia pada makanan dan tidak diproduksi oleh tubuh. Oleh karena itu, penting untuk mencukupi asupan vitamin B5 dalam tubuh.

Buah rambutan juga memiliki kandungan vitamin lainnya, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B, potasium atau kalium, kalsium, folat, serta kolin. Dilansir laman Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram buah rambutan mengandung:

  • Air: 80,5 gram
  • Energi: 69 Kal
  • Protein: 0,9 gram
  • Lemak: 0,1 gram
  • Karbohidrat: 18,1 gram
  • Serat: 0,8 gram
  • Kalsium: 16 mg
  • Fosfor: 16 mg
  • Zat besi: 0,5 mg

Manfaat buah rambutan untuk kesehatan tubuh

Manfaat buah rambutan tidak lepas dari kandungan nutrisi yang dimilikinya. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat buah rambutan untuk kesehatan yang tak boleh kamu lewatkan:

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Rambutan dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan karena kandungan serat yang terdapat di dalamnya. Sekitar setengah dari serat yang terdapat dalam dagingnya merupakan serat tidak larut, yang dapat melewati usus tanpa dicerna.

Serat tidak larut dapat membantu mempercepat proses pencernaan makanan dalam usus, sehingga mengurangi risiko sembelit. Sementara itu, sebagian lainnya merupakan serat larut. Serat larut menyediakan makanan untuk bakteri usus yang menguntungkan.

Bakteri baik tersebut akan menghasilkan asam lemak rantai pendek seperti asetat, propionat, dan butirat. Asam lemak tersebut dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan gejala gangguan pada usus, seperti irritable bowel syndrome (IBS) atau penyakit Crohn.

2. Menurunkan berat badan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga berat badan sehat, salah satunya adalah mengonsumsi makanan bergizi, seperti buah-buahan, termasuk rambutan.

Per 3,5 ons (100 gram) rambutan menyediakan sekitar 75 kalori dan 1,3-2 gram serat. Buah rambutan relatif rendah kalori untuk jumlah serat yang disediakannya. Ini dapat membantumu untuk merasa kenyang lebih lama serta mencegah makan secara berlebihan.

Baca juga: Garcinia Cambogia Diklaim Bisa Turunkan Berat Badan, Benarkah Demikian?

3. Meningkatkan sistem kekebalan, manfaat lain buah rambutan

Manfaat buah rambutan juga dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan dengan beberapa cara. Vitamin C merupakan salah satu kandungan pada buah rambutan. Nah, vitamin C ini terkait dengan fungsi kekebalan dan kesehatan tubuh.

Mencukupi asupan vitamin C dapat membantu mendukung sistem kekebalan dalam jangka panjang.

4. Melawan infeksi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa manfaat buah rambutan dapat memperkuat sistem kekebalan. Kandungan vitamin C ternyata juga dapat mendukung produksi sel darah putih yang mana berperan untuk melawan infeksi.

Kurang asupan vitamin C dapat menurunkan sistem kekebalan, sehingga membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi.

5. Menurunkan risiko kanker

Manfaat buah rambutan ini juga tidak lepas dari kandungan Vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan yang kuat.

Dikutip Web MD, antioksidan dapat membantu melawan radikal bebas, yang dapat merusak sel. Antioksidan telah terbukti dapat mengurangi kerusakan sel dan berpotensi menurunkan risiko kanker.

Tak hanya itu, beberapa penelitian terhadap sel dan hewan menemukan bahwa senyawa yang terdapat dalam rambutan dapat membantu mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

Meskipun demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut. Sebab, senyawa terkait tersebut ditemukan pada kulit atau biji, bukan daging buah rambutan yang bisa dikonsumsi. Tak hanya itu, masih diperlukan juga lebih banyak penelitian pada manusia.

Nah, itulah beberapa manfaat mengenai manfaat buah rambutan, banyak sekali bukan? Bagaimana, tertarik menjadikan rambutan sebagai buah favoritmu?

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar diet dan nutrisi? Silakan chat mitra dokter kami melalui Aplikasi Good Doctor. Mitra dokter kami siap membantumu dengan akses layanan 24/7. Jangan ragu untuk berkonsultasi, ya!

Reference

Data Komposisi Pangan Indonesia. Diakses pada 26 Maret 2021. Rambutan, segar (Rambutan) 

Healthline (2018). Diakses pada 26 Maret 2021. Rambutan: A Tasty Fruit With Health Benefits 

NIH (2015). Diakses pada 26 Maret 2021. A trypsin inhibitor from rambutan seeds with antitumor, anti-HIV-1 reverse transcriptase, and nitric oxide-inducing properties 

Webmd (2020). Diakses pada 26 Maret 2021. Health Benefits of Rambutan

    register-docotr