Info Sehat

7 Manfaat Jeruk Kasturi untuk Kesehatan, Salah Satunya Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh!

March 13, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Jeruk kasturi adalah salah satu jenis jeruk yang tak boleh kamu lewatkan manfaatnya. Jeruk kasturi memiliki rasa yang asam dan menyegarkan. Eitss tetapi jangan salah, jeruk ini juga memiliki kandungan nutrisi penting lho!

Mau tahu apa saja manfaat jeruk kasturi untuk kesehatah tubuh? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Ragam Manfaat Buah Ciplukan: Cegah Peradangan hingga Jaga Kesehatan Tulang!

Mengenal jeruk kasturi dan kandungan nutrisinya

Jeruk kasturi atau yang juga dikenal sebagai jeruk kalamansi atau limau kasturi adalah jeruk yang berasal dari Tiongkok yang juga dibudidayakan secara luas di kawasan Asia Tenggara, khususnya Filipina.

Buah yang memiliki nama latin citrofortunella microcarpa ini tumbuh di pohon kecil yang mirip dengan semak.

Buahnya berukuran kecil yakni berdiameter sekitar 2-4,5 cm dan memiliki rasa yang asam. Pada awalnya, kulit buah jeruk kasturi berwarna hijau dan dapat berubah menjadi kuning, kuning jingga, atau jingga tua pada saat matang.

Sama seperti jenis jeruk pada umumnya, jeruk kasturi juga kaya akan kandungan nutrisi penting untuk tubuh. Melansir dari laman Aggie Horticulture, berikut ini adalah kandungan nutrisi dari satu buah jeruk kasturi.

  • Kalori: 12 kalori
  • Serat: 1,2 g
  • Kalium: 37 mg
  • Vitamin C: 7,3 mg
  • Vitamin A: 57,4 mg IU
  • Kalsium: 8,4 mg
  • Air: 15,5 g
  • Karbohidrat: 3,1 g

Pada dasarnya, jeruk kasturi dapat dikonsumsi secara langsung, namun jeruk ini lebih sering dikonsumsi dalam bentuk jus, diolah dalam bentuk selai, serta sebagai bahan campuran makanan atau minuman.

Manfaat jeruk kasturi bagi kesehatan

Meskipun memiliki rasa yang asam dan berukuran kecil, manfaat jeruk kasturi bagi kesehatan sangat banyak, lho! Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat jeruk kasturi yang perlu diketahui.

1. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat yang paling terkenal dari jeruk kasturi adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Sebab, jeruk kasturi tidak hanya memiliki kemampuan untuk meningkatkan metabolisme saja, tetapi juga dapat membantu proses detoksifikasi tubuh.

Dengan meningkatkan laju metabolisme, jeruk kasturi dapat membantu dalam proses pembakaran lemak. Sementara itu, proses detoksifikasi tubuh dapat membantu semua sistem organ dalam tubuh berfungsi dengan baik. Pada gilirannya, ini berkontribusi pada proses pembakaran kalori.

Meskipun demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian mengenai efektivitas jeruk kasturi dalam penurunan berat badan.

2. Mengontrol kadar kolesterol

Beberapa penelitian menemukan bahwa jus jeruk kasturi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, yang mana hal tersebut merupakan langkah penting untuk mendapatkan berat badan yang sehat serta mencegah sindrom metabolik.

Tak hanya itu, manfaat lainnya dari buah ini juga dapat menurunkan risiko beberapa kondisi tertentu, seperti aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain manfaat yang sudah disebutkan di atas, manfaat jeruk kasturi lainnya adalah dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat ini berkat kandungan vitamin C dan nutrisi lain yang dimiliki jeruk kasturi.

Berkat sifat antioksidan dan antibakteri yang dimilikinya, jeruk kasturi dapat membantu produksi sel darah putih serta melawan efek negatif dari radikal bebas.

Baca juga: Khasiat Buah Markisa bagi Kesehatan: Jaga Jantung Sehat & Antioksidan Tinggi

4. Mendorong produksi kolagen

Vitamin C memegang peranan penting dalam produksi kolagen, yakni senyawa yang dibutuhkan untuk membangun setiap jaringan, serat otot, dan sel dalam tubuh.

Jus jeruk kasturi dapat memasok asam askorbat yang mana dapat meningkatkan kemampuan tubuh dan memperbaiki kerusakan akibat cedera ataupun kondisi tertentu.

5. Mengontrol diabetes

Dikutip dari Healthbenefitstime.com, beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengetahui efek moderasi gula darah dari jus jeruk kasturi. Penelitian menemukan bahwa jeruk kasturi dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dan insulin ke dalam darah.

6. Membantu proses detoksifikasi

Manfaat lain dari jeruk kasturi adalah dapat membantu dalam proses detoksifikasi, memperkuat fungsi hati, ginjal, dan kantung empedu untuk menghilangkan racun di dalam tubuh.

7. Manfaat jeruk kasturi untuk kulit

Selain manfaat untuk kesehatan, tenyata jeruk kasuti juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Jus jeruk kasturi dipercaya dapat membantu mencerahkan kulit serta menghilangkan noda pada wajah.

Tak hanya itu, sifat antioksidan yang dimiliki oleh jeruk kasturi juga dapat membantu mencegah keriput dan mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan lainnya.

Nah, itulah beberapa manfaat jeruk kasturi untuk kesehatan, banyak sekali bukan? Manfaat jeruk kasturi memang banyak, namun jangan berlebihan dalam mengonsumsinya, ya.

Jika kamu memiliki kondisi medis tertentu, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum mengonsumsi jeruk kasturi.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthbenefitstimes.com. Diakses pada 04 Maret 2021. Calamondin facts

Aggie Horticulture. Diakses pada 04 Maret 2021. Calamondin – The Most Versatile Citrus 

Organic Facts (2020). Diakses pada 04 Maret 2021. Calamansi Juice: Benefits, Recipe, And Side Effects 

    register-docotr