Diet dan Nutrisi

Tips Sehat Konsumsi 5 Makanan Khas Imlek, Yuk Perhatikan Jumlah Kalorinya

February 11, 2021 | Anisya Fitrianti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Berkumpul dengan keluarga sambil menyantap berbagai hidangan tentu menjadi kegiatan yang ditunggu-tunggu dalam setiap perayaan hari besar. Termasuk dalam perayaan Tahun Baru Imlek. 

Beragam hidangan dan camilan khas Imlek spesial pun kerap disajikan di setiap rumah. Namun tahukah kamu di balik kelezatan makanan khas imlek, ada jumlah kalori yang besar?

Baca juga: Vacuum Frying, Benarkah Jadi Teknik Menggoreng yang Lebih Sehat? 

Jumlah kalori pada makanan khas Imlek

Sebelum kamu makan banyak makanan khas Imlek, cek dulu kandungan kalorinya di bawah ini.

Kue keranjang

Kue keranjang atau dalam bahasa Mandarin disebut nian gao adalah makanan yang tidak pernah absen dalam perayaan Tahun Baru Imlek. Dilansir dari China Highlights, kue keranjang punya makna agar rezeki dan kemakmuran semakin tinggi dari tahun ke tahun.

Namun kamu perlu berhati-hati saat menyantapnya. Kue ini terbuat dari campuran tepung beras, tepung ketan, tepung sagu serta gula yang cukup tinggi. Menurut Mount Elizabeth Singapore, setiap sajian kue keranjang mengandung 482 kalori. 

Bak kwa 

Bak kwa adalah daging kering yang mirip dengan dendeng berwarna coklat kemerahan. Bak kwa bisa dibuat dari daging sapi, babi atau kambing yang kemudian direndam dengan gula, kecap asin serta madu.

Makanan ini dapat menyumbangkan 301 kalori di setiap potongnya. Bak kwa mengandung 4.1 gr lemak jenuh, 32 gr gula, dan 732 mg natrium. Penting diingat, jumlah natrium tersebut lebih dari sepertiga asupan natrium harian. 

Kue lapis legit

Kue lapis legit menjadi sajian yang sering dikirimkan sebagai hantaran untuk sanak saudara. Kue ini terbuat dari tepung, gula, telur, margarin. Kue dengan rasa manis ini dianggap sebagai doa agar orang yang memakannya dapat menjalani hidup yang manis daripada tahun-tahun sebelumnya.

Sepotong kue lapis ini dapat menyumbangkan 237 kalori pada tubuhmu. Setiap potong kue lapis mengandung 10.5 gr lemak jenuh, 12.1 gr gula, dan 160 mg sodium.

Nastar

Selain populer sebagai sajian Lebaran, kue nastar juga menjadi makanan khas saat Imlek. Kue nastar ini terbuat dari campuran tepung terigu, mentega, telur dan selai nastar yang manis. 

Karena bentuknya yang mungil, orang cenderung makan kue nastar dalam jumlah banyak. Padahal kue ini memiliki jumlah kalori yang cukup tinggi. Satu buah kue nastar mengandung 93 kalori, 2,3g lemak jenuh, 6,2g gula, dan 58 mg sodium. 

Lumpia goreng

Lumpia goreng adalah hidangan udang dan campuran sayuran yang digulung dengan pembungkus adonan tipis dan digoreng hingga berwarna emas kecoklatan. 

Sepotong lumpia goreng dapat menyumbang 23 kalori pada tubuhmu. Di samping itu, kandungan lemak jenuh, gula dan natriumnya masing-masing adalah 1gr, 0,2gr dan 41,2 mg. 

Lumpia goreng juga sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah banyak. Cobalah berhenti saat kamu sudah makan satu atau dua potong. Mengonsumsi banyak lumpia goreng dapat menyumbat arteri karena asupan kalori dan lemak jenuh sulit terbakar dalam tubuh. 

Baca juga: Mudah Dilakukan, Ini 7 Manfaat Jalan Sehat untuk Kesehatan 

Tips makan sehat selama perayaan Imlek

Bila kamu memiliki agenda untuk makan besar dan merayakan Imlek bersama keluarga, ada baiknya kamu memerhatikan tips makan di bawah ini.

Banyak minum air putih

Air merupakan pilihan minuman yang ideal saat haus. Di samping itu air putih tidak mengandung kalori sehingga dapat menjaga berat badan tetap terkendali. 

Sangat penting juga untuk minum banyak air setelah seharian makan. Minum banyak air setelah makan dapat membantu pencernaan. Hindari juga minuman soda atau minuman beralkohol karena dapat mengandung 80-150 kalori yang setara dengan setengah mangkuk nasi

Jangan mulai dengan perut kosong

Sebelum kamu pergi ke acara perayaan Imlek, pastikan kamu sudah makan dengan benar dan tidak datang dengan perut kosong. Makan makanan berkalori tinggi dengan perut kosong hanya akan membuatmu makan lebih banyak. 

Di samping itu, ketika datang dengan perut kosong, kamu berarti sudah mempersiapkan diri untuk menyantap banyak makanan. Termasuk camilan dengan kalori tinggi. 

Tetap aktif bergerak

Di hari perayaan Tahun Baru Imlek, kamu juga tetap harus berolahraga. Bukan hanya untuk menjaga berat badan, tapi olahraga juga penting untuk kesehatanmu secara keseluruhan. 

Cobalah untuk buat jadwal olahraga dan pastikan kamu memenuhinya dengan baik. Bahkan kamu bisa melakukan olahraga bersama keluarga dengan cara jalan kaki bersama. Jalan kaki selama 30 menit sangat membantu tubuh agar tetap aktif bergerak. 

Kamu juga bisa menyiasati kegiatan olahraga dengan bermain bersama anak-anak saat berkumpul dalam acara keluarga. 

Tidur dan istirahat cukup

Perayaan Tahun Baru Imlek juga erat dengan tradisi untuk bermain kartu hingga larut malam. Sebisa mungkin, hindarilah kegiatan tersebut. 

Begadang hanya akan membuat kamu kekurangan tidur dan cenderung makan lebih banyak. Di samping itu, begadang juga sering jadi penyebab seseorang susah olahraga di pagi hari. 

Selama periode liburan dalam perayaan tahun baru Imlek, penuhilah kebutuhan istirahatmu dengan baik.

Siapkan makan malam sehat

Makan malam buatan sendiri selalu menjadi pilihan yang lebih sehat karena kamu bisa memilih menu dan bahan masakan sendiri. Daripada makan malam di restoran, cobalah untuk menyiapkan makan malam sendiri di rumah.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    register-docotr