Diet dan Nutrisi

Jangan Sampai Kurang, Ini Manfaat Vitamin B12 yang Penting bagi Tubuh

June 8, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr.Raja Friska Yulanda
no-image

Tak banyak yang tahu jika salah satu penyebab mood menjadi tertekan adalah kekurangan vitamin B12. Ya, selain membentuk DNA, salah satu manfaat vitamin B12 adalah memperbaiki suasana hati yang buruk agar kembali bahagia.

Manfaat vitamin B12 memang banyak sekali untuk tubuh. Oleh karena itu kamu harus menjaga asupannya agar tercukupi setiap saat.

Lalu apa saja ya, manfaat vitamin B12 lainnya bagi kesehatan? Simak ulasannya berikut ini, yuk!

Tentang vitamin B12

Disebut juga sebagai cobalamin, vitamin ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi beberapa makanan yang mengandung protein hewani. Seperti unggas, daging merah, ikan, dan susu. Meski begitu vitamin ini juga tersedia dalam bentuk suplemen, dan cairan injeksi.

Secara umum kekurangan vitamin B12 terbilang jarang terjadi. Ini karena manfaat vitamin B12 bisa tersimpan selama bertahun-tahun di dalam tubuh.

Namun jika kamu menjalani pola makan vegetarian, maka kamu perlu memerhatikan asupan vitamin ini karena sayuran dan buah-buahan tidak banyak mengandung vitamin B12 di dalamnya.

Manfaat vitamin B-12

Kekurangan vitamin B12 akan menimbulkan beberapa gangguan kesehatan serius seperti kerusakan otak dan sistem saraf. Oleh karena itu disarankan untuk menjaga asupannya tercukupi, agar bisa memperoleh berbagai manfaat sebagai berikut:

Membantu pembentukan sel darah merah

Manfaat vitamin B12 yang paling utama adalah membentuk sel-sel darah merah di dalam tubuh, dan menjaga mereka agar berkembang dengan baik.

Seperti yang kita tahu sel darah merah yang sehat berukuran kecil dan berbentuk bulat. Jika di dalam tubuh ditemukan sel darah merah yang besar dan lonjong, ini bisa menjadi salah satu pertanda kekurangan vitamin B12.

Bentuk dan ukuran yang tidak wajar membuat sel darah merah kesulitan bergerak dari sumsum tulang ke dalam aliran darah. Hal ini secara lebih jauh akan menimbulkan penyakit yang disebut megaloblastic anemia.

Saat kamu mengalami anemia, tubuh tidak memiliki jumlah sel darah merah yang cukup untuk mengalirkan oksigen ke organ-organ tubuh yang penting seperti jantung. Hal ini akan menyebabkan rasa lelah yang berkepanjangan.

Menjaga janin dari risiko cacat lahir

Dilansir Healthline, sebuah penelitian menunjukkan bahwa otak dan sistem saraf janin selama dalam kandungan sangat memerlukan vitamin B12 dari sang ibu agar bisa berkembang dengan sempurna.

Jika di awal masa kehamilan kamu kekurangan vitamin ini, ada risiko cacat lahir seperti cacat tabung saraf pada janin. Efek lebih panjangnya bisa mengarah ke kelahiran prematur bahkan keguguran.

Menunjang kesehatan tulang

Dilansir Healthline, sebuah penelitian yang melibatkan 2500 orang dewasa menunjukkan bahwa orang yang mengalami kekurangan vitamin ini memiliki kepadatan mineral yang rendah pada tulangnya.

Hal ini dapat terjadi tanpa disadari dan akan semakin parah seiring dengan berjalannya waktu. Efek jangka panjangnya adalah terjadi penyakit osteoporosis.

Mengurangi risiko kerusakan makula

Makula adalah bagian kecil berbentuk bulat yang terdapat di belakang retina. Gangguan kesehatan pada organ ini dapat menyebabkan kerusakan penglihatan yang serius.

Konsumsi suplemen vitamin B12 juga dapat menurunkan asam amino di dalam aliran darah yang disebut homosistein yang membuat fungsi makula terganggu.

Memperbaiki suasana hati

Percaya atau tidak, vitamin B12 juga dapat mengubah suasana hati yang buruk menjadi lebih baik. Ini dikarenakan fungsinya dalam mengatur metabolisme serotonin, senyawa kimia yang berfungsi mengatur suasana hati.

Dilansir Healthline, suplemen vitamin B12 juga dapat membantu pemulihan penyakit major depressive disorder (MDD).

Manfaat vitamin B12 untuk menjaga otak dari kerusakan saraf

Kekurangan vitamin B12 juga dikaitkan dengan penurunan kemampuan mengingat pada orang lanjut usia.

Ini dikarenakan vitamin ini memegang peran penting dalam mencegah terjadinya atrofi otak, yakni sebuah kondisi di mana otak mengalami kehilangan saraf-saraf yang berkaitan dengan fungsi ingatan.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

9 Health Benefits of Vitamin B12, Based on Science, https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-b12-benefits diakses pada 7 Juni 2020

Vitamin B-12, https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements-vitamin-b12/art-20363663 diakses pada 7 Juni 2020

    Berita Terkait
    register-docotr