Diet dan Nutrisi

Ini Dia Ragam Manfaat Hati Sapi sebagai Sumber Protein

May 10, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Hati sapi merupakan makanan yang seringkali diolah menjadi hidangan pada saat lebaran. Namun di samping itu, hati sapi ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh, apa saja? Dan bagaimana cara mengolahnya dengan tepat?

Baca juga: Jenis-jenis Makanan Korea Favorit: Saran Penyajian dan Dampaknya bagi Tubuh

Kandungan nutrisi dari hati sapi

Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik. Tak kalah dari sayur dan buah, hati sapi memiliki kandungan nutrisi yang juga penting bagi tubuh. Bahkan dalam 100 gram hati sapi memiliki kandungan:

  • Vitamin B12: 3,460% dari Recommended Dietary Intake (RDI)
  • Vitamin A: 860-1,100% dari RDI
  • Riboflavin (B2): 210-260% dari RDI
  • Folat (B9): 65% dari RDI
  • Zat besi: 80% dari RDI
  • Kolin

Tak hanya itu, hati sapi juga mengandung serat, karbohidrat, potasium, serta fosfor. Kandungan tersebut membuat hati sapi sebagai makanan yang padat akan nutrisi.

Ragam manfaat hati sapi untuk tubuh

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat hati sapi yang perlu kamu ketahui.

1. Menurunkan risiko anemia

Kurangnya zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan jenis anemia tertentu. Anemia sendiri bisa menimbulkan beberapa gejala, seperti kelelahan, otot melemah, hingga kurang konsentrasi. Hati sapi merupakan sumber zat besi dan vitamin B12 yang baik.

Kandungan tersebut dapat membantu sel-sel darah bekerja dengan baik. Menambahkan beberapa zat besi yang terkandung dalam makanan dapat membantu meredakan atau mencegah anemia.

2. Menyediakan protein berkualitas tinggi

Protein memiliki peranan penting, yakni memperbaiki sel atau jaringan yang rusak dan menjaga massa otot. Lebih dari seperempat hati sapi terdiri dari protein. Protein yang dimilikinya pun berkualitas tinggi, sebab menyediakan semua asam amino esensial yang diperlukan.

Penting untuk diketahui bahwa, asam amino adalah bahan penyusun protein. Beberapa asam amino dibuat di dalam tubuh, namun asam amino esensial hanya bisa diperoleh dari makanan. Asupan protein yang baik dalam tubuh dapat membantu meningkatkan laju metabolisme.

Sebagai tambahan, asupan protein yang baik juga dapat membantu membangun otot.

3. Menjaga kesehatan tulang

Selain kandungan nutrisi yang sudah disebukan di atas, hati sapi juga mengandung vitamin K, yang mana kandungan tersebut sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang. Vitamin K ini dapat membantu tubuh memproses kalsium dan menambahkannya pada tulang.

Alhasil, ini dapat membantu menjaga tulang agar tetap kuat. Di sisi lain, asupan vitamin K yang mencukupi juga dapat membantu menurunkan risiko osteoporosis.

4. Meredakan stres

Manfaat hati sapi lainnya dapat membantu menurunkan tingkat stres. Ini berkat kandungan vitamin B yang terdapat di dalamnya. Baik vitamin B12 ataupun vitamin B lainnya berperan dalam memproduksi  zat kimia di dalam otak yang memengaruhi mood dan fungsi otak lainnya.

5. Menjaga kesehatan otak

Mineral tembaga yang juga terdapat di dalam hati sapi memiliki peranan yang penting untuk mengaktifkan sejumlah enzim, yang pada gilirannya membantu mengatur produksi energi, metabolisme zat besi, serta fungsi otak yang baik.

Tak hanya itu, kandungan kolin yang terdapat pada hati sapi juga penting untuk perkembangan otak dan fungsi hati.

Baca juga: Kaya Kalium dan Kalsium Berikut 8 Manfaat Genjer untuk Kesehatan Tubuh

Meskipun memiliki banyak manfaat, hati sapi tidak boleh dikonsumsi berlebihan

Hati sapi tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Sebab, hati sapi memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Mengonsumsi terlalu banyak kolesterol dapat meningkakan risiko penyakit jantung.

Tak hanya itu, hati sapi juga sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita asam urat. Sebab, hati memiliki kandungan purin yang tinggi.

Bagaimana cara mengolah hati sapi agar bisa mendapatkan manfaatnya?

Untuk mendapatkan manfaat dari hati sapi, kamu bisa mengolahnya dengan cara direbus, dipanggang atau digoreng.

Agar hati sapi menjadi empuk dan mengurangi rasa serta aromanya yang kuat, kamu dapat merendam hati sapi terlebih dahulu, misalnya saja dengan susu atau air garam.

Kamu juga bisa menambahkan sayuran ke dalam olahannya. Berbagai olahan lainnya yang bisa kamu buat dengan hati sapi adalah menumisnya dengan irisan bawang bombai.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai manfaat hati sapi dan cara mengolahnya. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai manfaat lainnya dari hati sapi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter ya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2017). Diakses pada 07 Mei 2021. Are Organ Meats Healthy? 

Healthline (2017). Diakses pada 07 Mei 2021. Why Liver Is a Nutrient-Dense Superfood 

Livestrong.com (2020). Diakses pada 07 Mei 2021. What Different Ways Can You Cook Liver for It to Taste Good? 

Mayo Clinic (2018). Diakses pada 07 Mei 2021. Vitamin B-12 and depression: Are they related? 

Webmd (2020). Diakses pada 07 Mei 2021. Liver: Is It Good for You? 

    register-docotr