Diet dan Nutrisi

Jenis-jenis Makanan Korea Favorit: Saran Penyajian dan Dampaknya bagi Tubuh

April 26, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Makanan Korea masih banyak digandrungi, baik muda maupun tua sampai saat ini. Perlu diketahui, di antara berbagai jenis makanan Korea ini terdapat beberapa yang memiliki manfaat bagi tubuh.

Faktanya, beberapa masakan Korea dianggap lebih sehat dibandingkan jenis masakan Asia lainnya karena menggunakan sedikit minyak. Nah, untuk mengetahui lebih lengkap mengenai jenis-jenis makanan korea serta manfaatnya, yuk, simak penjelasan berikut.

Baca juga: Apa Itu Sorgum? Ini Kandungan Nutrisi dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Jenis-jenis makanan korea beserta saran penyajiannya

Dilansir dari Santorini Chicago, makanan Korea menjadi populer di seluruh dunia karena rasanya yang enak dan berbagai manfaat kesehatan luar biasa. Kebanyakan orang menyukai makanan Korea karena kaya akan  rasa, seperti pedas, manis, asam, asin, dan pahit.

Perlu diketahui, bahan yang digunakan dalam membuat masakan Korea sangat baik untuk kesehatan tubuh dan dapat mengurangi tingkat obesitas. Beberapa jenis makanan Korea beserta saran penyajian yang perlu kamu ketahui, yakni sebagai berikut:

Tteokbokki

Nama tteokbokki secara harfiah mengacu pada kue beras dengan bentuk silinder panjang yang digunakan sebagai bahan utama masakan ini.

Menariknya, tteokbokki awalnya dimaksudkan sebagai hidangan kerajaan pada zaman kuno. Namun, sekarang sudah menjadi makanan yang umum di Korea.

Bahan-bahan utama yang digunakan untuk membuat tteokbokki adalah kue beras Korea, kue ikan Korea, kaldu ikan teri dan rumput laut, bawang bombai, biji wijen sangrai, minyak wijen, dan daun bawang. Dari berbagai bahan ini, jumlah kalori yang kamu dapatkan adalah 378 per porsi.

Perlu diketahui, tteokbokki mengandung potasium yang dapat mengobati tekanan darah tinggi dan mencegah stroke dengan jumlah yang relatif tinggi, yaitu 182 mg per porsi. Selain itu, tteokbokki juga tinggi kalori yakni 381 kkal yang dibutuhkan tubuh untuk penyimpanan energi.

Samgyetang

Samgyetang adalah sup ayam panas dengan isian nasi yang dilengkapi dengan kaldu aromatik. Tak hanya sebagai makanan, samgyetang juga menjadi obat karena dapat membantu menyeimbangkan kembali energi karena bahan-bahan rempah yang digunakan dalam masakan.

Bahan-bahan yang mengisi rongga setiap ayam sebagian besar memberikan ciri khas dari sup ini. Beberapa di antaranya adalah nasi ketan di dalam ayam serta tambahan lain berupa chestnut lembut, jujube manis, ginseng, serta bawang putih.

Makanan sehat yang dapat menghangatkan tubuh ini mengandung 918 kkal dalam satu porsi dengan kaldu ayam sebanyak 1.000 gram. Dengan porsi dan penyajian yang tepat, manfaat dari mengonsumsi samgyetang bisa kamu dapatkan.

Bibimbap

Bibimbap adalah sajian menyehatkan karena dibuat dengan berbagai macam jenis sayuran. Perlu diketahui, bibimbap mungkin memiliki kandungan kalori yang sedikit lebih tinggi yaitu 560 kalori untuk satu porsi.

Dibandingkan jenis makanan Korea lainnya, manfaat kesehatan dari mengonsumsi bibimbap tetap ada. Hal ini berkat sayuran berbumbu, tahu, telur, daging, atau makanan laut yang memiliki manfaat kesehatan tersendiri.

Makanan Korea satu ini secara alami bisa memberikan serat untuk tubuh sehingga dapat membantu meningkatkan energi. Namun, pastikan mengonsumsinya dalam jumlah porsi dan penyajian yang tepat agar manfaat kesehatan dapat dirasakan.

Adakah dampak mengonsumsi makanan Korea untuk tubuh?

Makanan Korea menggunakan lebih sedikit minyak sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan serta memberikan dampak bagi kesehatan kulit. Selain itu, beberapa dampak kesehatan mengonsumsi makanan Korea untuk tubuh yakni:

Nutrisi tinggi

Makanan Korea dikenal menggunakan banyak sayuran hijau yang mengandung nutrisi dan vitamin. Perlu dipahami, makanan tinggi protein dan vitamin dapat membantu menjaga berat badan dan menghilangkan risiko pengembangan masalah kardiovaskular atau jantung.

Rendah lemak

Beberapa makanan Korea tidak terlalu menggunakan daging merah, yang mengandung lemak jenuh dalam jumlah tinggi di mana dapat meningkatkan kadar kolesterol. Sementara itu, masakan Korea memiliki kadar lemak lebih sedikit dan membantu orang dengan kolesterol tinggi.

Setiap makanan yang dikonsumsi dengan tepat pasti memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Karena itu, jika kamu mengonsumsi makanan Korea dengan porsi dan mengikuti saran penyajian maka tidak akan menyebabkan efek negatif pada tubuh.

Baca juga: Penting! Ini Ragam Vitamin dan Mineral untuk Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Drhealthbenefits.com, diakses 23 April 2021. Tteokbokki Health Benefits – Korea’s Most Popular Street Food
  2. Very Well Fit (2020), diakses 23 April 2021. Healthy Korean Food Choices
  3. Seriouseat.com (2019), diakses 23 April 2021. Samgyetang: Korean Ginseng Chicken Soup for the Soul
  4. The Korean Herald (2011), diakses 23 April 2021. Samgyetang highest-calorie restaurant dish
  5. Easykoreanfood.com, diakses 23 April 2021. Healthy Korean Food
  6. Santorini Chicago, diakses 23 April 2021. Amazing Health Benefits of Traditional Korean Food
  7. Eating Well (2010), diakses 23 April 2021. Discover the Health Benefits of Korean Cooking
    register-docotr