Diet dan Nutrisi

Kaya Kalium dan Kalsium Berikut 8 Manfaat Genjer untuk Kesehatan Tubuh

April 3, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Sawah lettuce atau Limnocharis flava di Indonesia lebih dikenal sebagai genjer. Di Indonesia manfaat genjer tentunya dijadikan sebagai bahan makanan. Biasanya genjer dimasak dengan cara ditumis.

Namun lebih dari sekedar makanan, ternyata ada kandungan genjer yang memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Berikut penjelasan kandungan nutrisi genjer beserta manfaat genjer untuk kesehatan. 

Kandungan nutrisi genjer

Menurut Panganku.org, dalam 100 gram genjer, terdapat kandungan nutrisi sebagai berikut:

  • Air: 90.0 gram
  • Energy: 35 Kal
  • Protein: 1.7 gram
  • Lemak: 0.2 gram
  • Karbohidrat: 7.7 gram
  • Serat: 2.5 gram
  • Kalsium: 62 miligram
  • Fosfor: 33 miligram
  • Zat besi: 2.1 miligram
  • Natrium: 64 miligram
  • Kalium: 905.8 miligram
  • Karoten: 3,800 mikrogram
  • Thiamin (Vitamin B1): 0.07 miligram
  • Riboflavin (Vitamin B2): 0.10 miligram
  • Niacin (Niacin) : 1.1 miligram
  • Vitamin C : 54 miligram

Manfaat genjer untuk kesehatan

Dari kandungan nutrisi yang sudah disebutkan di atas, berikut adalah sejumlah manfaat yang didapatkan jika mengonsumsi genjer.

1. Untuk kesehatan tulang

Kalsium sangat penting untuk perkembangan, pertumbuhan dan pemeliharaan tulang. Saat anak-anak, kalsium berperan dalam perkembangan tulang.

Setelah pertumbuhan berhenti, kalsium terus membantu menjaga tulang dan memperlambat kehilangan kepadatan tulang, yang terjadi seiring pertambahan usia. 

Sedangkan pada wanita yang sudah menopause, suplemen kalsium dibutuhkan untuk melindungi dari osteoporosis atau hilangnya kepadatan tulang. Manfaat genjer di sini karena memiliki kandungan kalsium yang baik.

Di mana dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium tubuh untuk menunjang kesehatan tulang. Bukan cuma karena kalsium, namun genjer juga kaya akan kandungan fosfor. Fosfor dan kalsium sama-sama berfungsi untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. 

2. Manfaat genjer sebagai antioksidan

Sebuah penelitian menemukan bahwa flavonoid adalah salah satu komponen bioaktif utama yang dihasilkan oleh tanaman genjer. 

Flavonoid diketahui berperan sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas yang dibiarkan dapat menumpuk dan menyebabkan stres oksidatif, yang kemudian dapat menyebabkan berbagai macam penyakit termasuk jantung dan stroke. 

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui aktibitas antioksidan yang terdapat dalam tanaman genjer. 

3. Penambah nafsu makan

Kandungan kardenolin, polifenol, dan flavonoid terdapat di dalam daun dan bunga genjer. Sehingga jika dikonsumsi dapat berkhasiat sebagai penambah nafsu makan.

4. Manfaat genjer untuk menjaga kesehatan jantung

Kalium atau yang juga disebut potasium adalah kandungan yang baik untuk kesehatan jantung, karena menjaga detak jantung teratur. Dan genjer memiliki kandungan kalium yang baik. 

Selain itu, mengonsumsi makanan kaya kalium, menurut Healthline, juga dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan seperti menjaga tekanan darah. 

Tekanan darah yang tinggi dan tidak terkontrol dapat memengaruhi kesehatan jantung. Namun manfaat genjer ini masih perlu dibuktikan melalui penelitian ilmiah. 

5. Mengurangi retensi air

Retensi air adalah kelebihan cairan yang kemudian menumpuk di dalam tubuh. Sebuah studi menunjukkan bahwa asupan kalium yang tinggi dapat mengurangi retensi air dan meningkatkan produksi urine dan mengurangi kadar natrium dalam tubuh. 

6. Mengelola energi

Kandungan fosfor yang tinggi menjadikannya salah satu manfaat genjer untuk kesehatan tubuh. Karena fosfor membantu tubuh membuat energi, membantu tubuh mengelola energi dan juga menggunakannya. 

Selain itu, fosfor juga membantu mengurangi nyeri otot saat berolahraga dan membantu memperbaiki jaringan dan sel yang rusak. 

7. Membantu membentuk sel darah

Manfaat genjer berikutnya adalah berpotensi untuk membantu membentuk sel darah merah. Alasannya karena tanaman genjer memiliki kandungan zat besi yang cukup baik. 

Zat besi adalah mineral penting dalam pembentuk sel darah merah. Dengan asupan zat besi yang cukup akan mencegah terjadinya anemia

Di samping itu, zat besi juga berperan untuk menjaga kesehatan sel, kulit, rambut dan kuku. 

8. Manfaat genjer sebagai sumber vitamin C

Vitamin C adalah nutrisi yang penting untuk kesehatan. Karena vitamin C memiliki banyak peran untuk tubuh, di antaranya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan penyembuhan luka dan sebagai antioksidan. 

Vitamin C juga dibutuhkan tubuh untuk membantu menyerap zat besi. Satu lagi peran penting vitamin C adalah membantu tubuh memproduksi kolagen, yang dapat menjaga kesehatan kulit. 

Demikian beberapa manfaat genjer untuk kesehatan dilihat dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. 

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Panganku.org, diakses 29 Maret 2021
Genjer
Healthline, diakses 29 Maret 2021
Pottasium
Medical News Today, diakses 29 Maret 2021
Vitamin C: Why is it important?
Medical News Today, diakses 29 Maret 2021
Benefits and sources of calcium
Plants for A Future, diakses 29 Maret 2021
Limnocharis Flava

    register-docotr