Info Sehat

Luka Terasa Gatal Itu Kondisi Normal, Ini Penjelasannya!

April 4, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Luka terasa gatal merupakan kondisi yang umum terjadi. Hal ini juga bisa jadi satu pertanda kalau luka tersebut akan segera sembuh.

Laman kesehatan Healthline bahkan menyebut kalau luka yang terasa gatal sudah banyak dipaparkan dalam berbagai penelitian. Untuk itu, jangan merasa aneh dengan sensasi ini, ya!

Proses penyembuhan luka

Berikut ini adalah proses penyembuhan luka yang kerap menimbulkan rasa gatal:

  • Tahap perdarahan: Di tahap ini, luka atau cedera terjadi dan membuat darah keluar dari tubuh
  • Inflamasi: Tahap ini merupakan mekanisme perbaikan yang dilakukan tubuh secara otomatis di wilayah luka
  • Pertumbuhan jaringan baru: Biasanya terjadi kapan saja dari minggu pertama hingga minggu keempat. Pada proses ini kamu akan melihat tanda kulit sedang memperbaiki diri dan muncul keropeng
  • Tahap bekas luka: Di tahap ini keropeng akan mengupas sambil jaringan yang baru terbentuk menjadi kuat dan lebih fleksibel

Kenapa luka bisa terasa gatal?

Berikut ini adalah penjelasan kenapa luka bisa terasa gatal:

Sel saraf

Pada dasarnya kamu memiliki saraf yang sensitif di bawah kulit. Biasanya mereka akan bereaksi kapanpun iritasi timbul di kulit. 

Saat proses penyembuhan luka, saraf-saraf ini akan mengirimkan sinyal ke sumsum tulang belakang, memberitahu bahwa kulit sedang terangsang. Dalam hal ini otak akan menerjemahkan sinyal tersebut sebagai rasa gatal.

Pengaruh histamine

Histamine merupakan zat kimia yang dilepaskan tubuh saat luka mengalami proses penyembuhan. Saraf yang berada di bawah kulit pun sensitif terhadap zat kimia yang kaya akan bilirubin ini. 

Saat proses penyembuhan luka, histamine akan menopang pertumbuhan ulang sel kulit dan zat ini sangat penting dalam proses tersebut. Zat ini membantu jaringan baru terbentuk dan menutup luka yang ada.

Meskipun demikian, salah satu efek dari histamine adalah membuat area yang terdampak luka menghasilkan reaksi alergi. Itu sebabnya luka menjadi terasa gatal ketika akan sembuh.

Pertumbuhan kulit baru

Kulit baru yang tumbuh bisa menjadi penyebab luka terasa gatal. Hal ini karena sel kolagen yang melebar dan kulit baru yang tumbuh di daerah luka dan menjadi keropeng. 

Ketika keropeng mengering dan menjadi seperti kerak, maka sensai gatal akan terangsang di wilayah luka tersebut.

Kulit yang kering

Ketika kamu luka, kelenjar minyak di kulit pun bisa rusak. Akibatnya kulit akan menjadi kering dan terasa gatal. Itu sebabnya, jika memungkinkan kamu harus memastikan bekas luka tetap bersih, tertutup dan lembap.

Bolehkah menggaruk luka yang terasa gatal?

Luka yang terasa gatal memang sangat menggoda untuk digaruk. Tapi, jangan lakukan hal ini, ya! Supaya tidak menjadi luka baru dan memperlambat proses penyembuhan alaminya.

Pada umumnya, rasa gatal yang kamu rasakan akan hilang dalam empat minggu atau kurang. Tapi ini tergantung dari beberapa faktor, seperti seberapa dalam dan besar luka tersebut.

Jadi bagaimana cara mengatasi luka yang terasa gatal?

Ada beberapa cara untuk membuat rasa gatal yang kamu rasakan berkurang. Meskipun demikian, salah satu kuncinya adalah bersabar dan tidak terpancing untuk menggaruk luka tersebut.

Berikut tips yang bisa kamu ikuti:

  • Pastikan area luka tetap lembap
  • Lindungi atau tutupi area luka dengan penutup yang steril, sehingga kamu tidak mudah menggaruk atau menyentuh area tersebut
  • Kompres luka dengan air dingin tidak lebih dari 20 menit. Hal ini demi mengurangi inflamasi serta rasa gatal yang timbul
  • Gunakan pakaian yang longgar supaya area luka tersebut tidak iritasi karena pakaian
  • Gunakan pakaian yang menyerap keringat serta breathable atau membuat kulit bisa bernapas untuk mengurangi tumpukan keringat di area luka
  • Ada beberapa obat anti gatal yang bisa kamu pakai yang tersedia di pasaran. Obat-obatan ini mengandung cortisone, tapi pastikan bicarakan dengan dokter sebelum kamu memakai obat ini, ya!

Demikianlah berbagai penjelasan tentang luka yang terasa gatal yang bisa kamu alami. Apapun alasannya, hindari menggaruk luka yang akan sembuh ini, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline, diakses 31 Maret 2021. Why Do Scabs Itch? Causes and Treatments
  2. MedicalNewsToday, diakses 31 Maret 2021. Why do bruises itch? Causes, treatments, and when to see a doctor
  3. Advancetissue.com, diakses 31 Maret 2021. Why Do Healing Wounds Start to Itch?
  4. Clinical Advisor, diakses 31 Maret 2021. Does itching indicate healing?
    register-docotr