Diet dan Nutrisi

Hipnoterapi untuk Diet Menurunkan Berat Badan, Apakah Ampuh?

June 20, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Sudah mencoba berbagai metode diet tapi belum berhasil menurunkan berat badan? Kamu mungkin perlu mencoba hipnoterapi untuk diet. Ini adalah metode yang diyakini dapat membantu program penurunan berat berjalan dengan maksimal.

Hipnoterapi sendiri sebenarnya bukan hal yang baru. Namun saat ini, ternyata banyak yang memanfaatkan hipnoterapi untuk diet. Berikut proses dan penjelasannya berdasarkan penelitian ilmiah. 

Baca Juga: Benarkah Cheat Day Saat Weekend Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

Hipnoterapi untuk diet

Hipnoterapi digunakan untuk membantu individu mencapai keadaan relaksasi total. Selama sesi hipnoterapi, terapis akan membuat orang lebih fokus di bawah alam sadarnya. 

Kondisi tersebut membuat si orang lebih berkonsentrasi pada pengulangan verbal dan citra. Akibatnya, pikiran orang tersebut menjadi lebih terbuka terhadap sugesti dan perubahan yang terkait perilaku, emosi dan kebiasaan.

Bentuk terapi ini adalah salah satu metode yang sudah lama digunakan, sejak tahun 1700-an. Dulunya metode terapi ini digunakan untuk membantu orang mengatasi kebiasaan menggigit kuku, mengompol hingga untuk membantu berhenti merokok. 

Bagaimana cara kerja hipnoterapi untuk diet menurunkan berat badan

Inti dari penggunaan hipnoterapi untuk diet adalah memengaruhi pikiran untuk mengubah kebiasaan makan seseorang. Sebuah penelitian berusaha untuk mencari tahu seberapa efektif cara ini. 

Penelitian ini dilakukan pada 60 peserta yang butuh menurunkan berat badan mereka terkait masalah tidur yang disebut apnea tidur obstruktif. Hasilnya, semua peserta berhasil menurunkan berat badannya 2 sampai 3 persen dalam 3 bulan. 

Pada hipnoterapi jangka panjang selama 18 bulan, orang yang melakukannya mengalami penurunan berat badan rata-rata 8 pon atau lebih dari 3.5 kilogram. 

Walaupun terlihat adanya penurunan, tetapi peneliti beranggapan belum banyak bukti kuat. Namun bisa menjadi lebih efektif hasilnya jika dikombinasikan dengan diet dan olahraga atau konseling.

Manfaat yang dapat diambil dari hipnoterapi

Dari sedikit penelitian yang ada, berikut manfaat yang bisa diambil dari hipnoterapi untuk diet. 

Dapat membantu menyelesaikan konflik emosional bawah sadar

Seorang konselor klinis profesional berlisensi dari klinik Cleveland, Kathy Barringer, LPCC, berkomentar tentang manfaat hipnoterapi untuk penurunan berat badan.

Katanya, hipnoterapi dapat menargetkan masalah emosional yang belum terselesaikan. Di mana masalah itu membuat seseorang tidak bisa menurunkan berat badannya. 

“Jika saya memiliki informasi yang saya butuhkan untuk menurunkan berat badan tetapi saya masih makan karena masalah emosi dan bukan karena kelaparan, saya perlu melihat emosi yang mendasari tersebut,” katanya, seperti dikutip dari Healthline

Masalah emosional itu bisa berupa trauma, pelecehan atau kekacauan di masa lalu. Mereka mungkin tidak menyadarinya, tetapi itu semua dapat memengaruhi pola makan atau kebiasaan makan mereka. 

“Hipnoterapi dapat menyembuhkan trauma tersebut, sehingga orang itu dapat melanjutkan program penurunan berat badannya.”

Meluruskan pemikiran yang salah

Kesalahpahaman tentang berat badan yang sehat juga dapat diluruskan dengan hipnoterapi. Banyak orang diet hanya karena stereotip. Tubuh seharusnya terlihat kurus. 

Padahal menjaga berat badan ideal lebih dari itu, karena menunjang kesehatan. Di sini lah peran hipnoterapi dibutuhkan.

Belajar untuk menghargai bentuk tubuh dapat membuat orang melepaskan tujuan dan pola pikir yang salah. Dengan pemahaman dan tujuan yang tepat, akan membantu proses penurunan berat badan itu sendiri. 

Mengurangi keinginan makan yang tak perlu

Ngidam atau ingin makan padahal tidak lapar adalah salah satu masalah orang-orang yang kelebihan berat badan. Hipnoterapi dapat membantu mengatasinya. 

Dalam program yang dijalani Barringer, hipnoterapi digunakan untuk mengurangi hal-hal yang mengganggu proses diet. Salah satunya menghilangkan kebiasaan ngidam tersebut. 

Baca Juga: Mengenal Roti Sourdough, soal Nutrisi Apa Bedanya dengan Roti Biasa?

Berapa biaya untuk hipnoterapi? 

Biaya bisa beragam, tergantung dari tempat dan juga waktu yang dibutuhkan. Namun salah satu figur publik, Dewi Hughes, pernah menjalani hipnoterapi untuk diet. 

Setelah sukses menerapkan hipnoterapi, Dewi Hughes pun menjadi praktisi. Dikutip dari Tempo.co, sejak 2017, Dewi Hughes mengadakan workshop hipnosis untuk diet. Membutuhkan biaya investasi sekitar Rp2 juta, untuk mengikuti sesi hipnoterapi tersebut. 

Jika berminat melakukan diet dengan hipnoterapi, pastikan kamu berkonsultasi dengan para ahli sebelumnya. 

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

register-docotr