Diet dan Nutrisi

Benarkah Cheat Day Saat Weekend Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

June 12, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Setiap orang memiliki trik dan tips diet untuk membantu menurunkan berat badan dengan cepat, salah satunya dengan cheat day. Biasanya, beberapa orang melakukan cheat day saat diet dengan terencana. 

Ketika waktu cheat day datang, makanan tertentu akan menjadi menu dalam sehari. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cheat day saat diet dan manfaatnya yuk simak penjelasannya berikut.

Baca juga: Cara Mengurangi Nafsu Makan dengan Aman dan Tepat

Studi tentang cheat day dalam diet

Dilansir dari Healthline, sebuah studi dari para peneliti di University of Tasmania menemukan bahwa orang yang berdiet selama dua minggu dan kemudian tidak membatasi kalori di hari tertentu lebih banyak kehilangan berat badan.

Untuk penelitian ini, 51 pria gemuk ditugaskan ke salah satu dari dua kelompok. Kelompok pertama memotong kalori sepertiga selama 16 minggu. Kelompok kedua memotong sepertiga kalori selama dua minggu dan kemudian istirahat selama dua minggu.

Para peserta ini mengulangi istirahat atau cheat day tersebut selama 16 minggu penuh penelitian. Di akhir penelitian, pria yang mengambil istirahat dari diet diketahui kehilangan berat badan sekitar 50 persen lebih banyak daripada peserta dalam kelompok lain. 

Tak hanya itu, para peserta ini juga melepaskan lebih banyak lemak daripada kelompok kontrol. Enam bulan kemudian, para peneliti melakukan tindak lanjut untuk melihat seberapa baik penurunan berat badan dipertahankan. 

Hasilnya, kedua kelompok mendapatkan kembali berat badannya. Namun, pria yang menggunakan istirahat atau cheat day selama diet masih rata-rata 18 pon lebih ringan daripada pria dalam kelompok kontrol.

Benarkah cheat day efektif turunkan berat badan?

Manajemen berat badan dan perubahan komposisi tubuh merupakan proses yang cukup kompleks. Perlu diketahui, tidak semua orang akan merespon dengan cara yang sama terhadap strategi cheat day dalam diet.

Sudah diketahui jika makan lebih sedikit kalori daripada yang dibakar, maka penurunan berat badan kemungkinan akan terjadi. Sementara dengan cheat day dalam diet, maka ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan, yakni

Penurunan berat badan dan perubahan metabolik

Sering diklaim bahwa menggunakan metode cheat day akan menyebabkan perubahan terukur dalam komposisi tubuh dan peningkatan fungsi metabolisme karena fluktuasi hormon lapar leptin. Leptin sendiri merupakan hormon yang bertanggung jawab untuk menekan rasa lapar.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketika seseorang mengalami penurunan berat badan yang signifikan, maka kadar leptin dapat menurun. Namun, hasil ini tidak konsisten dengan penelitian lainnya.

Pendukung strategi cheat day untuk menurunkan berat badan lebih lanjut berteori bahwa periode intermiten makanan berkalori tinggi akan menipu siklus hormon untuk memproduksi lebih banyak leptin.

Karena itu, hal tersebut yang kemudian membantu mencegah keinginan untuk makan berlebih.

Masih belum jelas bagaimana fluktuasi kadar leptin yang terkait dengan penurunan berat badan memengaruhi kemampuan seseorang untuk mengontrol perilaku makan. Akibatnya, diperlukan lebih banyak penelitian terkait hal tersebut.

Pada tahap ini, kemungkinan besar penurunan berat badan terjadi pada beberapa orang yang menerapkan metode cheat day dengan tetap berpegang teguh pada diet terencana dan membatasi makanan berkalori tinggi.

Sebagai motivator untuk tetap diet

Cheat day merupakan strategi dalam diet yang dengan sengaja sesekali membiarkan diri menikmati makanan selain dalam menu diet harian. Cara ini diketahui akan menciptakan motivasi untuk tetap berpegang pada diet yang direncanakan hampir sepanjang waktu.

Dari sinilah strategi mengenai cheat day terkait dengan keberhasilan penurunan berat badan. Beberapa orang dapat secara efektif menahan godaan karena mengetahui bahwa cheat day akan datang.

Namun, mengonsumsi makanan lain di luar menu diet selama cheat day juga perlu direncanakan dengan tepat. Karena itu, bagi sebagian orang cheat day merupakan cara bagus untuk mempertahankan kebiasaan diet yang lebih sehat secara keseluruhan.

Baca juga: Benarkah Makan Malam Membuat Berat Badan Naik? Berikut Penjelasannya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline (2017), diakses 11 Juni 2021. Cheating on Your Diet May Actually Help You Lose Weight
  2. BBC, diakses 11 Juni 2021. Are diet ‘cheat days’ ever a good idea?
  3. Healthline (2018), diakses 11 Juni 2021. Should You Have Cheat Meals or Cheat Days?
    register-docotr