Info Sehat

Manfaat Daun Saga bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

June 12, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Manfaat daun saga bagi kesehatan tidak diragukan lagi karena kandungan yang terdapat di dalamnya. Perlu diketahui, saga merupakan tanaman merambat dengan segudang manfaat yang dimiliki.

Karena itu, daun saga sudah banyak digunakan sebagai tanaman herbal yang ampuh menyembuhkan berbagai kondisi kesehatan. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat daun saga bagi kesehatan tubuh yuk simak penjelasannya berikut. 

Baca juga: Perbedaan Sariawan dan Herpes di Mulut yang Perlu Diketahui

Apa itu daun saga?

Saga rambat atau dikenal dengan nama ilmiah Abrus precatorius merupakan tanaman melilit dengan daun berbulu yang panjang menyirip. Tanaman ini memiliki bunga berwarna ungu yang biasanya tumbuh di ujung tangkai.

Di sisi lain, tanaman ini juga menghasilkan buah yakni polong pendek berisi biji keras, mengkilap, serta berwarna merah dan hitam. Berasal dari Indonesia, tanaman ini banyak ditemukan di daerah tropis dan subtropis di dunia. 

Beberapa manfaat daun saga bagi tubuh

Dilansir dari Emedicinehealth.com, akar, daun, dan buah dari tanaman saga telah digunakan sebagai obat-obatan. Beberapa manfaat daun saga yang mungkin bisa tubuh dapatkan dari penggunaannya, antara lain sebagai berikut:

Cegah diabetes dan kanker

Manfaat daun saga salah satunya adalah dapat mencegah penyakit diabetes dan kanker. Perlu diketahui, daun saga juga mengandung antioksidan di mana sejak lama dikenal mampu menangkal radikal bebas yang umumnya menyebabkan kanker.

Perlu diingat, penggunaan daun saga bersamaan dengan obat diabetes harus diawasi dengan baik. Hal ini dikarenakan, mengambil daun saga bersama dengan obat diabetes dapat menyebabkan gula darah menjadi terlalu rendah.

Untuk itu, kamu mungkin perlu mengubah dosis obat diabetes jika diperlukan. Pastikan juga untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi daun saga apabila kamu menderita penyakit diabetes.

Obat batuk dan flu

Daun tanaman saga bertindak sebagai antitusif dan dapat menenangkan tenggorokan. Karena itu, daun saga ini telah banyak diketahui memiliki manfaat dalam pengobatan batuk dan sakit pada tenggorokan.

Salah satu cara untuk mengonsumsi daun saga adalah dengan membuatnya menjadi teh. Teh daun saga dapat diminum secara rutin untuk membantu meringankan masalah demam, batuk, dan pilek atau flu.

Obati tetanus dan cegah rabies

Manfaat daun saga selanjutnya adalah dapat membantu mengobati penyakit tetanus dan mencegah rabies. Tanaman ini telah digunakan dalam beberapa pengobatan tradisional untuk mengatasi goresan atau luka yang disebabkan oleh anjing, kucing, maupun tikus.

Tetanus dan rabies dapat diobati dengan menggunakan daun saga karena kandungan senyawa di dalamnya yang mendukung. Beberapa senyawa tersebut, seperti abrine, trigonelline, abruslactone, hemiphloin, choline, hypaphorine, montanyl alkohol, inositol, serta pinitol.

Dapat atasi herpes zoster

Herpes zoster disebabkan oleh virus yang sama dengan cacar air. Virus penyebab cacar air dapat bergerak ke jaringan saraf di dekat sumsum tulang belakang dan otak di mana terkadang bisa aktif kembali sehingga menyebabkan herpes zoster.

Untuk mengatasi herpes zoster, kamu bisa menggunakan obat herbal tradisional, salah satunya daun saga. Pasta yang terbuat dari daun saga bisa digunakan sebagai aplikasi luar untuk pengobatan penyakit herpes zoster ini.

Bagaimana dosis penggunaan daun saga?

Dosis penggunaan daun saga yang tepat tergantung pada beberapa faktor, seperti usia pengguna, kesehatan, dan kondisi lainnya. Saat ini, tidak ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran dosis tepat untuk pemakaian daun saga sebagai obat herbal.

Perlu diingat, penggunaan produk alami tidak selalu aman dan dosis bisa menjadi sangat penting. Untuk itu, pastikan agar mengikuti petunjuk yang relevan dan konsultasikan dengan apoteker atau dokter profesional sebelum menggunakannya.

Baca juga: Mengenal Sistem Ekskresi pada Manusia: Cara Kerja dan Fungsinya

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Emedicinehealth.com, diakses 8 Juni 2021. Jequirity
  2. NCBI (2014), diakses 8 Juni 2021. Ethno botanical and Phytophrmacological potential of Abrus precatorius L.: A review
  3. Iloveindia.com, diakses 8 Juni 2021. Rosary Pea
  4. Ayurtimes.com (2017), diakses 8 Juni 2021. Rosary Pea (Abrus Precatorius)
  5. Webmd (2019), diakses 8 Juni 2021. Shingles
    register-docotr