Kesehatan Mental

Viral: Influencer Lakukan Body Shaming, Ini Tips agar Percaya Diri pada Bentuk Tubuh!

July 14, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Body shaming tak hanya bisa dilakukan secara langsung, namun bisa juga melalui media sosial. Karena itu, berbagai kalangan bahkan termasuk influencer, dapat melakukan body shaming terhadap orang lain.

Padahal, body shaming merupakan salah satu tindakan yang bisa membuat korbannya merasa buruk. Nah, untuk mengetahui cara terbaik dalam menghadapi body shaming yuk simak penjelasannya berikut.

Baca juga: Dampak Buruk Psikologis pada Anak Saat Orang Tua Kecanduan Narkoba

Ironisnya, body shaming dianggap hal yang wajar

Body shaming adalah perilaku menjelek-jelekkan bentuk tubuh orang lain, baik karena kelebihan berat badan atau tubuh yang terlalu kurus. Dilansir dari Psychology Today, body shaming dalam masyarakat sudah begitu sering terjadi sehingga sebagian besar orang menganggap hal tersebut wajar.

Nyatanya, body shaming termasuk tindakan tidak pantas karena akan membuat seseorang menjadi semakin tidak percaya diri pada bentuk tubuhnya hingga memicu stres.

Bagaimana tips agar percaya diri pada bentuk tubuh?

Untuk mencegah stres, terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar lebih percaya diri pada bentuk tubuh seperti berikut.

Cintai diri sendiri

Salah satu cara paling dasar dan efektif untuk melatih kepercayaan diri adalah mengucapkan dengan lantang dan sering berbicara pada diri sendiri.

Ini mungkin berarti mengatakan sesuatu yang baik kepada diri sendiri di cermin atau meletakkan catatan tempel untuk memberi dorongan semangat. 

Berpikir lebih sehat

Saat kamu pergi ke gym, jangan buat tujuan kebugaran untuk menurunkan berat badan semata. Olahraga dan diet sehat seharusnya tidak menjadi hukuman.

Namun, tanamkan dalam diri kamu bahwa ini merupakan salah satu cara untuk menunjukkan rasa hormat dan penghargaan terhadap tubuh.

Kelilingi diri dengan hal-hal positif

Pesan negatif mengenai citra tubuh yang didapatkan secara langsung atau dari sosial media akan membuat pikiran menjadi buruk.

Untuk itu, cobalah hindari hal negatif dan kelilingi diri dengan orang-orang positif, orang-orang yang mempraktikkan cinta diri, dan orang yang dapat membantu menjadi diri sendiri.

Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Semua orang di dunia datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Setiap orang akan terlihat cantik dengan caranya sendiri. Karena itu, cara terbaik untuk mencintai diri sendiri adalah berhenti membandingkan bentuk tubuh dengan orang lain dan syukuri ukuran tubuh apapun yang dimiliki.

Cara terbaik dalam menghadapi body shaming

Meski tips agar percaya diri pada bentuk tubuh sudah dilakukan, namun terkadang body shaming masih terus terjadi dan membuat seseorang merasa lebih buruk. Untuk itu, penting mengetahui cara dalam menghadapi body shaming agar pikiran menjadi lebih positif, yakni:

Pilih pesan positif di platform media sosial

Dalam menghadapi body shaming, kamu bisa secara sengaja mengelilingi dengan pesan-pesan yang mendorong penerimaan tubuh dan cinta diri sendiri. Dengan melakukan hal ini, kamu bisa mendapatkan kekuatan secara tidak langsung dan membuat pikiran menjadi lebih positif.

Percaya untuk bisa mencintai tubuh apa adanya

Salah satu faktor terpenting dalam menentukan seberapa jauh bisa melangkah adalah sebanyak apa kamu mencoba terbuka untuk melangkah. Karena itu, untuk bisa menghadapi body shaming maka cobalah percaya pada diri sendiri bahwa kamu bisa mencintai tubuh dengan apa adanya.

Keluar dari zona nyaman

Jika kamu merasa malu dengan bentuk atau ukuran tubuh yang dimiliki, maka mungkin bersembunyi merupakan cara tepat agar terhindar dari body shaming. Padahal, cara terbaik untuk menghadapi body shaming adalah mendorong diri sendiri agar keluar dari zona nyaman sedikit demi sedikit. 

Berlatih untuk berterima kasih pada tubuh

Berterima kasih pada tubuh merupakan tips paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi body shaming. Pikirkan tentang apa yang tubuh kamu telah lakukan selama ini dan selalu luangkan waktu untuk berterima kasih atas semua yang sudah dilakukannya.

Baca juga: High Functioning Anxiety: Penyebab, Gejala, serta Cara Mengatasinya

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Well Being Trust (2019), diakses 13 Juli 2021. 10 Ways to Practice Body Positivity
  2. Very Well Mind (2020), diakses 13 Juli 2021. What Is Body Positivity?
  3. Psychology Today (2017), diakses 13 Juli 2021. How to Overcome Body Shame
  4. Healthline (2019), diakses 13 Juli 2021. The Harmful Effects of Fat Shaming
    register-docotr