Kesehatan Mental

5 Langkah yang Harus Dilakukan Ketika Menyaksikan Pelecehan Seksual di Tempat Umum

June 11, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Belakangan ini ramai sebuah pemberitaan mengenai seorang public figure yang dituduh melakukan pelecehan seksual. Bahkan, pemberitaan ini sempat trending di media sosial Twitter. Tindakan pelecehan seksual yang dilakukan oleh public figure tersebut membuat korban trauma.

Pemberitaan tersebut tentu saja menghebohkan publik. Pasalnya, tindakan tersebut dituding dilakukan di tempat umum.

Lantas, apa yang harus dilakukan saat kita menyaksikan kasus pelecehan seksual di tempat umum? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Jenis-Jenis Pelecehan Seksual dan Cara Menghadapinya

Apa itu pelecehan seksual?

Pelecehan seksual adalah perilaku yang tidak menyenangkan pada orang lain terkait dengan hal-hal yang berbau seksual, yang membuat seseorang merasa tersinggung, dipermalukan, atau diintimidasi.

Dikutip dari publikasi yang diterbitkan oleh International Labour Organization (ILO) pelecehan seksual bisa bermacam-macam bentuknya, ini dapat melibatkan perilaku:

  • Menyentuh bagian tubuh tertentu, memeluk, atau mencium tanpa seizing korban
  • Memberikan komentar sugestif atau candaan pada hal-hal yang berbau seksual
  • Memaksa untuk berhubungan seksual atau ajakan untuk pergi berkencan meskipun korban telah menolak
  • Mengajukan pertanyaan tidak pantas mengenai orang lain terkait dengan kehidupan pribadi atau bagian tubuh tertentu
  • Menghina atau mengejek seseorang yang bersifat seksual
  • Mengirimkan gambar, foto, atau video terkait hal-hal yang berbau seksual tanpa seizin ataupun tanpa diminta
  • Menguntit korban
  • Memberikan komentar tidak pantas yang mengarah pada hal-hal yang berbau seksual

Pelecehan seksual dapat memberikan dampak pada kehidupan korban. Korban dapat mengalami efek psikologis yang signifikan, ini termasuk depresi, mengalami post-traumatic stress disorder (PTSD), kecemasan, gangguan tidur, atau bahkan bunuh diri.

Apa yang harus dilakukan saat kita menyaksikan kasus pelecehan seksual di tempat umum?

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa pelecehan seksual dapat memberikan dampak pada kehidupan korban. Pelecehan seksual sendiri bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk orang terkenal atau yang memiliki kuasa.

Baik pelecehan seksual yang dilakukan oleh orang biasa ataupun orang terkenal, jika kamu melihat seseorang dilecehkan di tempat umum ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk membantu korban, di antaranya adalah:

1. Memantau situasi sekitar

Sebelum melakukan sesuatu, kamu perlu untuk mencari tahu terlebih dahulu mengenai situasi yang terjadi dan bagaimana caranya kamu bisa menghentikan tindakan pelecehan seksual tersebut.

2. Menegur pelaku

Setelah kamu memantau situasi dan kamu merasa aman untuk ikut campur, hal pertama yang harus dilakukan adalah menegur langsung si pelaku.

Katakan pada pelaku untuk menghentikan tindakan yang tidak pantas tersebut dengan tegas. Jelaskan juga secara spesifik mengenai perilaku yang membuat korban merasa tidak nyaman.

2. Alihkan perhatian

Apabila situasi akan lebih buruk jika kamu ikut campur, misalnya saja dengan menegur secara langung, mengalihkan perhatian korban dan pelaku juga dapat membantu untuk menghentikan insiden tersebut.

Misalnya saja kamu bisa berpura-pura tersesat, berpura-pura kenal dengan korban, menanyakan waktu, atau menanyakan hal-hal lain yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan pelecehan seksual.

Tindakan ini juga dapat membantu menghalangi tindakan lain yang mungkin saja akan dilakukan oleh pelaku.

Baca juga: Kekerasan pada Anak dan Dampak Trauma yang Berisiko Dialaminya

3. Meminta bantuan pada orang lain

Apabila situasi sekitar dirasa tidak aman atau kamu tidak berani menghadapi pelaku secara sendirian, kamu dapat meminta bantuan pada orang lain di sekitar.

4. Memeriksa keadaan korban

Selain langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas, kamu juga perlu memeriksa keadaan korban dan menenangkan korban. Sebab, pelecehan seksual dapat menyebabkan korban merasa shock ataupun takut.

Tanyakanlah kepada korban apakah ia baik-baik saja. Selain itu, kamu juga dapat menawarkan bantuan lain kepada korban, misalnya saja melaporkan pelaku.

5. Kumpulkan barang bukti

Ketika kamu menyaksikan tindakan pelecehan seksual, termasuk jika itu dilakukan oleh orang terkenal, penting juga bagi kamu untuk mengumpulkan barang bukti.

Misalnya saja kamu dapat mencatat atau mengingat tanggal, waktu serta lokasi pelecehan, dan apa yang terjadi. Kamu juga dapat merekam tindakan tersebut dengan menggunakan ponsel secara diam-diam.

Dokumentasi menjadi barang bukti penting jika seseorang yang dilecehkan ingin melaporkan pelaku kepada pihak berwenang. Di sisi lain, barang  bukti juga dapat membantu pihak berwenang menindaklanjuti insiden tersebut.

Itulah beberapa informasi mengenai tindakan apa yang harus dilakukan ketika kita menyaksikan pelecehan seksual di tempat umum.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Global Citizen (2018). Diakses pada 10 Juni 2021. What You Should Do if You See Someone Being Sexually Harassed 

International Labour Organization. Diakses pada 10 Juni 2021. FREQUENTLY ASKED QUESTIONS Sexual Harassment at the Workplace 

Live Science (2011). Diakses pada 10 Juni 2021. 6 Ways Sexual Harassment Damages Women’s Health 

The New York Times. Diakses pada 10 Juni 2021. What to Do If You’re Being Sexually Harassed

    register-docotr