Kehamilan

Tahukah Moms? Perkembangan Organ Bayi Mulai Terbentuk Sempurna saat Usia Janin 3 Bulan!

June 11, 2021 | Fitri Chaeroni | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Masa kehamilan di bulan ketiga boleh jadi adalah momen yang sangat penting. Sebab pada tahap perkembangan janin 3 bulan ini, perkembangan organ sudah hampir sempurna.

Lalu seperti apa detail perkembangan janin di usia kehamilan 3 bulan? Mari kita simak satu per satu.

Baca Juga: Cegah Berkembang hingga Parah, Ini 6 Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Perkembangan janin 3 bulan: minggu ke 9-10

Embrio berkembang menjadi janin setelah 10 minggu. Panjangnya sekitar 1 sampai 1,5 inci (21–40 mm). Bagian ekor embrio juga menghilang pada usia ini.

Pada masa ini jari dan kaki tumbuh lebih panjang. Tali pusat menghubungkan perut janin ke plasenta. Plasenta melekat pada dinding rahim dan menyerap nutrisi dari aliran darah. Tali pusat membawa nutrisi dan oksigen ke janin dan membuang kotoran dari janin.

Perkembangan janin 3 bulan: minggu ke 11-12

perkembangan janin 3 bulan
Melihat perkembangan janin yang masuk usia 12 minggu. Foto:Babycentre

Mulai pada usia ini janin akan mulai diukur panjangnya dari bagian atas kepala hingga bokong, istilahnya adalah panjang mahkota-rump (CRL).

Berikut perkembangan janin saat menginjak usia 11-12 minggu:

  • Janin memiliki CRL 2–3 inci (6-7,5 cm)
  • Jari tangan dan kaki tidak lagi berselaput
  • Tulang mulai mengeras
  • Kulit dan kuku mulai tumbuh
  • Perubahan yang dipicu oleh hormon mulai membuat organ-organ seks eksternal mulai muncul
  • Janin mulai membuat gerakan spontan
  • Ginjal janin mulai mengeluarkan urine
  • Hati mulai menghasilkan empedu
  • Kelenjar keringat dini muncul
  • Kelopak mata menyatu bersama

Pada akhir bulan ketiga kehamilan, bayi kamu sudah terbentuk sempurna. Bayi kamu memiliki lengan, tangan, jari, kaki, dan jari kaki serta dapat membuka dan menutup tinju dan mulutnya .

Meski organ seks atau kelamin mulai muncul, namun untuk mengetahui ia perempuan atau laki-laki masih sulit diketahui pada usia ini. Karena fase perkembangan bayi yang paling kritis telah terlewati, peluang Moms untuk keguguran menurun setelah tiga bulan kehamilan.

Baca Juga: Serupa tapi Tak Sama: Ini Perbedaan Psikolog dan Psikiater

Apa yang harus dilakukan saat kehamilan 3 bulan?

Untuk memastikan bayi dan Moms tetap sehat pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan sehat dan seimbang. Jika perlu Moms bisa mengonsumsi suplemen selama hamil.

Salah satu suplemen yang penting saat kehamilan adalah asam folat yang bermanfaat untuk menghindari cacat lahir. Pastikan konsultasi dulu dengan dokter sebelum konsumsi suplemen ya.

Pastikan Moms beristirahat cukup, olahraga teratur, dan terus mempelajari berbagai macam hal soal kehamilan.

Hal yang mungkin terjadi saat hamil 3 bulan

Banyak hal yang mungkin akan dirasakan dan terjadi saat hamil 3 bulan. Beberapa hal-hal yang dapat terjadi saat wanita saat kehamilan sudah mencapai 3 bulan, antara lain sebagai berikut:

Gejala hamil 3 bulan

Beberapa wanita mungkin merasa baik-baik saja selama kehamilan 3 bulan. Namun, beberapa akan merasakan mual di pagi menjadi sedikit tidak pasti yakni sekitar 8 hingga 10 hari.

Selain mual dan muntah, gejala lain yang dapat dirasakan adalah sembelit, perubahan payudara seperti pembengkakan, gatal, serta penggelapan pada puting, kelelahan, pusing atau sakit kepala, peningkatan nafsu makan, perubahan suasana hati, dan mengidam.

Wanita yang tidak mengalami morning sickness sama sekali sering khawatir bahwa terdapat sesuatu yang salah dengan bayi dalam kandungannya. Namun, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa mual di pagi hari dikaitkan dengan tingkat keguguran lebih rendah.

Perlu dipahami, morning sickness bisa terjadi, tetapi tidak menyerang semua orang. Untuk itu, jika kamu tidak mengalami gejala ini maka tidak perlu khawatir dan seharusnya merasa beruntung.

Selain morning sickness, bintik-bintik merah muda atau coklat yang keluar bisa menandakan kehamilan. Bintik atau bercak selama awal kehamilan ini terjadi pada sebanyak 25 persen kehamilan yang sehat.

Gerakan bayi dalam perut

Apabila ini merupakan kehamilan pertama, kamu mungkin belum merasakan adanya gerakan bayi dalam perut yang muncul di usia 3 bulan. Banyak wanita, terutama jika memiliki otot inti yang kuat biasanya gerakan tidak akan terlihat sampai usia kehamilan 4 atau bahkan 5 bulan.

Namun, ukuran perut bisa berbeda-beda setiap wanita sehingga gejala yang dialami tidak akan sama. Beberapa wanita mungkin akan merasakan lebih cepat seperti 7 atau 8 minggu pada kehamilan berikutnya.

Kembar saat hamil 3 bulan

Di awal kehamilan ini, pertumbuhan kembar dibandingkan dengan pertumbuhan tunggal tidak jauh berbeda. Si kembar mungkin akan sedikit lebih kecil daripada bayi tunggal pada usia 12 minggu namun harus memiliki panjang sekitar 2 atau 3 inci dan berat ½ ons.

Perlu diketahui, adanya perbedaan ukuran antara masing-masing bayi kembar pada tahap ini adalah normal. Selama perbedaan yang terjadi tidak terlalu besar maka biasanya dokter tidak akan mempermasalahkannya.

Makanan yang bisa dikonsumsi saat hamil 3 bulan

Agar pertumbuhan janin usia 3 bulan dapat berjalan dengan baik, terdapat makanan yang perlu dikonsumsi untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan. Beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi selama masa kehamilan ini, yaitu:

Makanan kaya vitamin B6

Pada bulan ketiga, mual di pagi hari mungkin memuncak pada minggu ke-9 dan berkurang pada akhir minggu ke-12. Karena itu, untuk mengatasi dan mengurangi rasa mual ini kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B6.

Beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi, seperti daging tanpa lemak, unggas, telur, buah jeruk, kacang-kacangan, kedelai, biji-bijian, serta alpukat. Pastikan untuk mengonsumsi makanan ini secara teratur aga mual bisa teratasi dengan tepat.

Makanan kaya folat

Folat atau asam folat sangat penting untuk perkembangan otak dan sumsum tulang bekalang bayi. Bahkan, jika kamu mengonsumsi suplemen asam folat, ada baiknya untuk memasukkan sumber alami ke dalam makanan.

Beberapa contoh makanan kaya folat adalah brokoli, buah jeruk, kacang polong, lentil, kubis, asparagus, serta sayuran berdaun hijau tua seperti bayam dan kangkung. Jika masih bingung mengenai makanan yang harus dikonsumsi, maka bisa tanyakan segera bersama dokter.

Makanan kaya omega-3

Asam lemak omega-3 merupakan nutrisi yang penting untuk perkembangan kesehatan mata dan otak bayi. Makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, di antaranya kedelai, minyak canola, kenari, biji chia, biji rami, salmon, mackerel, dan sarden.

Buah segar

Buah-buahan mengandung berbagai macam nutrisi dan antioksidan yang penting untuk pertumbuhan serta perkembangan bayi. Buah-buahan segar adalah sumber nutrisi yang lebih baik daripada jus buah dan buah kalengan atau beku.

Beberapa jenis buah-buahan segar yang bisa dikonsumsi, yakni melon, alpukat, delima, pisang, jambu biji, jeruk, limau manis, stroberi, dan apel. Masukkan buah-buahan segar ini dalam menu diet agar bayi dapat berkembang dengan baik.

Sayuran

Makanan sehat untuk wanita hamil 3 bulan harus mencakup setidaknya 3 cangkir sayuran per hari. Pilih sayuran berwarna berbeda dan campur untuk memastikan kamu mendapatkan berbagai nutrisinya.

Sayuran ini bisa kamu masukkan ke dalam menu diet sehat selama masa kehamilan. Beberapa jenis sayurannya, seperti kangkung, bayam, brokoli, ubi jalar, tomat, wortel, labu kuning, paprika, jagung, terong, dan kubis.

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi yang berperan penting bagi tubuh. Karbohdrat kompleks ditemukan dalam makanan seperti biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran bertepung seperti kentang dan ubi jalar.

Makanan dengan karbohidrat sederhana bisa didapatkan dari sumber alami, seperti buah-buahan dan sayuran kaya serat. Namun, pastikan untuk menghindari karbohidar sederhana, seperti tepung olahan dan makanan seperti kue.

Protein

Protein adalah blok bangunan DNA, jaringan, dan otot. Nutrisi yang bisa didapatkan dari makanan ini juga memainkan peran penting dalam memicu enzim dalam tubuh. Karena itu, protein sangat penting untuk perkembangan janin yang tepat.

Beberapa makanan kaya akan protein yang bisa dikonsumsi selama kehamilan 3 bulan, yakni quinoa, biji-bijian, lentil, ayam, kacang-kacangan, selai, daging, serta kedelai. Pastikan kamu mendapatkan asupan nutrisi dengan tepat dan sesuai kebutuhan.

Susu

Produk susu merupakan sumber kalsium yang sangat baik karena penting untuk perkembangan tulang. Namun, jika kamu memiliki alergi susu maka terdapat alternatif lain untuk mendapatkan kalsium yakni dari kangkung, selada air, dan sarden.

Vitamin D

Vitamin D berperan penting dalam perkembangan sistem kekebalan tubuh, kesehatan gigi, perkembangan tulang, serta pembelahan sel yang sehat pada bayi. Contoh makanan kaya vitamin D adalah salmon, mackerel, tuna, kuning telur, minyak ikan cod, dan susu yang diperkaya vitamin D.

Seng

Seng merupakan mineral yang penting untuk pengembangan sistem kekebalan dan sistem saraf. Makanan kaya seng, termasuk daging sapi, bayam, bibit gandum, jamur, tiram, domba, biji labu, ayam, dan kacang-kacangan.

Makanan yang harus dihindari selama masa kehamilan

Meski terdapat berbagai makanan yang bisa dikonsumsi saat hamil, namun adapula makanan yang harus dihindari. Beberapa makanan yang perlu dihindari saat hamil, antara lain sebagai berikut:

Makanan laut

Makanan laut atau ikan yang mengandung kadar metil-merkuri diketahui dapat menyebabkan gangguan fungsi otak pada janin. Karena itu, hindari makanan laut dan pilihlah ikan air tawar.

Telur mentah dan produk susu yang tidak dipasteurisasi

Telur mentah dapat mengandung bakteri salmonella yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Sementara itu, produk susu yang tidak dipasteurisasi dapat mengandung bakteri listeria di mana bisa juga mengakibatkan keracunan makanan parah.

Vitamin A

Jumlah vitamin A yang berlebihan telah dikaitkan dengan cacat lahir. Namun, vitamin A yang ditemukan dalam makanan alami, seperti buah-buahan, sayuran, telur, dan susu diketahui tidak berbahaya.

Vitamin A yang tinggi terdapat dalam hati ayam, sapi, dan daging sapi muda. Karena itu, sebaiknya hindari konsumsi beberapa makanan ini secara berlebihan dan kurangi dosis penggunaan suplemen vitamin A.

Makanan kalengan

Makanan kaleng mengandung pengawet dalam jumlah tinggi yang bisa membahayakan perkembangan janin. Selain itu, makanan kalengan juga mengandung bahan kimia atau disebut bisphenol-A atau BPA yang telah dikaitkan dengan peningkatan risiko keguguran.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

WebMD. Diakses pada 18 Juni 2020. The First Trimester: Your Baby’s Growth and Development in Early Pregnancy

Planned Parenthood. Diakses pada 18 Juni 2020. What happens in the third month of pregnancy?

Healthline (2020), diakses 11 Juni 2021. What to Expect at 3 Months Pregnant

Firstcry.com (2018), diakses 11 Juni 2021. Third Month of Pregnancy Diet (9-12 Weeks)

    register-docotr