Kulit & Perawatan Tubuh

Telapak Tangan yang Kasar Bikin Enggak Pede, Ini Tips Menghaluskannya

March 2, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Berbagai aktivitas harian bisa membuat telapak tangan menjadi kasar. Telapak tangan yang kasar terkadang bisa menyebabkan ketidaknyamanan serta berkurangnya tingkat kepercayaan diri seseorang.

Dilansir dari Stylecraze, tangan kasar dan kering bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Beberapa individu yang memiliki tangan kasar biasanya diakibatkan karena pekerjaan dan sebagian lain akibat perubahan cuaca. Lalu bagaimana cara menghaluskannya kembali?

Baca juga: Pakai Sheet Mask Setiap Hari, Boleh atau Tidak?

Bagaimana tips menghaluskan telapak tangan yang kasar?

Tangan yang kasar dan kering bukanlah masalah yang tidak dapat diatasi. Terdapat cara mudah dan aman untuk menghaluskan kembali tangan yang kasar. Beberapa tips yang bisa diterapkan, yakni sebagai berikut:

Petroleum jelly

Petroleum jelly memiliki sifat pelembap yang kuat. Karena itu, dengan menerapkannya secara teratur maka dapat membuat telapak tangan menjadi lembut. Cara menerapkannya adalah dengan mengoleskan tipis-tipis petroleum jelly pada telapak tangan sebelum tidur. 

Minyak kelapa

Sifat emolien minyak kelapa dapat membantu menghidrasi kulit dan meningkatkan kadar lipid pada permukaan kulit. Dengan demikian, mengaplikasikan minyak kelapa secara topikal dapat membantu membuat tangan menjadi lebih lembut.

Bahan yang dibutuhkan adalah 1 sampai 2 sendok teh minyak kelapa extra virgin dan sepasang sarung tangan. Oleskan minyak kelapa di kedua tangan, kenakan sarung tangan, dan biarkan beberapa jam. Lakukan cara ini 1 sampai 2 kali dalam sehari untuk hasil maksimal.

Lidah buaya

Ekstrak lidah buaya kaya akan polisakarida yang dapat membantu melembapkan kulit. Bahan yang diperlukan adalah 1 sendok makan gel lidah buaya. Oleskan gel pada tangan dan biarkan selama 15 hingga 20 menit kemudian bilas. Lakukan cara ini 1 sampai 2 kali dalam sehari.

Lulur gula

Penumpukan sel kulit kering di tangan bisa menyebabkan telapak menjadi kering dan kasar. Penggunaan lulur gula ini dapat membantu mengelupas kulit mati dan membuatnya lebih lembut. Beberapa bahan yang dibutuhkan adalah 1 sendok makan gula pasir dan ½ sendok makan minyak kelapa.

Cara membuat lulur, yakni dengan menghaluskan satu sendok makan gula dengan setengah sendok makan minyak kelapa. Oleskan campuran tersebut ke tangan, gosok dengan lembut, dan bilas dengan air. Lakukan cara ini 1 sampai 2 kali dalam seminggu untuk hasil optimal.

Cara menjaga agar telapak tangan tetap lembut

Selain menggunakan beberapa bahan alami, kamu juga bisa menjaga agar telapak tangan tetap lembut dengan melakukan beberapa cara, yakni:

Lindungi tangan secara fisik

Sarung tangan dapat melindungi telapak tangan dan membuatnya tetap lembut. Saat kamu berada di luar ruangan pada hari yang dingin biasanya tangan akan menjadi kering dan pecah-pecah.

Dengan menggunakan sarung tangan hangat, kamu bisa mengurangi hilangnya kelembapan dan menyimpan minyak alami di kulit.

Pertimbangkan juga untuk mengenakan sarung tangan karet untuk pekerjaan rumah tangga, seperti membersihkan kamar mandi dan mencuci piring. Sarung tangan ini tidak hanya akan membantu menjaga cengkeraman dengan baik namun juga melindungi kulit dari bahan kimia.

Gunakan tabir surya di tangan

Kulit di tangan sama rentannya terhadap sinar ultraviolet yang dapat merusak seperti kulit di bagian tubuh lain. Jika terlalu hangat untuk memakai sarung tangan, gunakan tabir surya dengan SPF tinggi untuk melindungi dan membantu menjaga kulit tetap lembut serta kenyal.

Tetap terhidrasi

Air minum tidak hanya dapat membersihkan tubuh, namun bisa juga memperbaiki kulit karena dapat menghidrasi. Untuk hidrasi yang tepat, kamu disarankan untuk setidaknya minum 8 gelas air dalam sehari.

Melembapkan tangan

Pelembap dapat menahan air di lapisan luar kulit sehingga baik untuk diterapkan setiap hari. Mayoritas pelembap adalah lotion berbahan dasar air, gel, krim, dan serum yang mengandung humektan, oklusif, dan emolien.

Baca juga: Cara Pakai Tamanu Oil, Bisa untuk Masker hingga Pelembap Wajah

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline (2020), diakses 1 Maret 2021. How to Get Soft Hands
  2. Firstcry.com (2019), diakses 1 Maret 2021. Simple But Effective Solutions to Get Soft and Younger-Looking Hands Naturally
  3. Medindia.net (2012), diakses 1 Maret 2021. Smoothen Those Rough Palms
  4. Stylecraze (2020), diakses 1 Maret 2021. 8 Home Remedies To Make Your Hands Soft
    register-docotr